5 Tips Tenang dan Fokus saat Ujian supaya Lancar Mengerjakan Soal

5 Tips Tenang dan Fokus saat Ujian supaya Lancar Mengerjakan Soal
oleh : Moh. Daffa Nugraha

Menghadapi ujian, seperti Ujian Nasional(UN) pastinya bikin jantung deg-degan dan tidur jadi ga nyenyak ya... tahu kah kamu,bahwa ketidaktenangan kamu itu malah berpengaruh secara psikologis saat mengikuti ujian nanti, lho
Nah, supaya kamu tidak terus-terusan deg-degan dan bisa tidur dengan nyenyak. Kali ini kami  akan memberikan beberapa tips agar bisa tenang dan fokus saat ujian nanti. Apa aja sih? Yuk, simak di bawah ini!
Belajar Efektif Jauh Sebelum Waktu Ujian

Agar kamu bisa tenang dan fokus menghadapi ujian, ada baiknya kamu mempersiapkan diri jauh-jauh hari dengan metode belajar yang efektif.
Ada banyak cara untuk melakukannya. Misalnya,

1. Belajar Bersama
Atau bahkan bisa dengan teman seperjuanganmu atau bisa meminta waktu tambahan belajar bersama guru Mapel di sekolah. Tentunya, belajar efektif ini harus kamu lakukan seacara rutin dan terjadwal. Agar ada lengan waktu yang cukup untuk otakmu memproses segala materi pembelajaran dengan seksama

2. Jangan Belajar dengan Sistem Kebut Semalam.
Ketika kamu akan menghadapi ujian, usahakan untuk tidak melakukan belajar dengan”sistem kebut semalam”. Karena, hal tersebut hanya akan membuatmu kekurangan waktu istirahat yang pastinya juga akan berdampak saat esok harinya kamu mengerjakan soal-soal.
Mulai diganggu rasa kantuk hingga kehilangan fokus akan dirasakan saaat ujian. Terlebih lagi, kurang istirahat akan membuatmu cepat panik saat menghadapi soal-soal.
Hal itu terjadi karena otakmu tidak bekerja secara maksimal. Kurang istirahat mengakibatkan asupan oksigen ke otak berkurang dan kinerja otak pun melambat.

3. Istirahat yang Cukup.
Tips yang selanjutnya adalah istirahatt yang cukup. Saat ujian badan harus senantiasa bugar. oleh karena itu, istirahat yang cukup sangat diperlukan.
Usahakan seminggu sebeleum ujian, kamu sudah memiliki pola tidur yang benar. Cobalah untuk tidur dan bangun tepat waktu. Usahakan unutk tidur lebih awal, yakni pada jam 9 malam sehingga kamu bisa bangun pukul 6 pagi dengan kondisi segar.
Ketika bangun tidur nanti, usahakan kamu nelakukan sedikit pemanasan sebelum mandi. Hal itu sangat diperlukan agar tubuhmu bisa lebih rileks.

4. Persiapkan Segala Keperluan Ujian Jauh-Jauh Hari.
Belajar memang wajib kamu lakukan untuk bisa menghadapi ujian dengan mudah. Namun, ada persiapan lain yang tak kalah penting, yakni segala perlengkapan ujian,mulai dari alat tulis hingga kartu ujian.
Kamu harus sudah mempersiapkan segala keperluan ujianmu agar tidak ada yang tertinggal saat akan berangkat ke tempat ujian. Pastikan segala keperluanmu sudah lengkap dan sudah berada di dalam tasmu.

5. Makan dan Minum yang Cukup Sebelum Ujian.
Sebelum menghadapi ujian, jangan sampai lupa untuk sarapan ya. Dengan asupan makanan dan minuman yang cukup,kamu jadi punya cukup energi untuk mengerjakan soal ujian. Saat perut kenyang dan rasa haus hilang,konsentrasi jadi lebih baik,lho.
Tapi ingat, jangan terlalu berlebihan juga ya. Jika kondisimuu kekenyangan, bukannya konsebtrasi nanti malah ngantuk.

Itulah beberapa tips tenang dan fokus saat ujian dari kami. semoga bermanfaat......

Post a Comment

Previous Post Next Post
iklan-728
iklan-728