Tips dan Trik Memilih Organisasi dan Ekstrakurikuler

Salah satu karya anggota Jurnalistik
Salah satu karya anggota Jurnalistik

Bagaimana nih, kartinians baru?

Sudah ada gambaran belum mengenai SMANSA?

Cloud Hosting Indonesia

Tenang saja… Kegiatan MPLS 2021 ini pastinya akan membuat kalian mengenal SMANSA lebih jauh. Maka dari itu, kalian jangan sampai menyia-nyiakan kesempatan yang berharga ini untuk mengenal sekolah baru kalian. Semangat, ya!


Selamat untuk kalian siswa-siswi baru kelas 10 tahun pelajaran 2021/2022 yang sudah berhasil masuk di SMANSA. Pada masa pandemi ini, semoga kalian senantiasa dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa. Aamiin…


Disini kami ingin membagikan beberapa tips dan trik dalam memilih organisasi dan ekstrakurikuler. Cekidot!



Hosting Unlimited Indonesia


Kegiatan KOD (Kartini's Organization Day) merupakan sebuah acara yang berisi promosi semua organisasi dan ekstrakurikuler di SMANSA. Mereka--para promotor akan membuat kalian tertarik untuk bergabung dengan organisasi dan ekstrakurikuler masing-masing yang mereka bawakan.


Sebelumnya, kami akan memberikan poin penting mengenai aturan organisasi dan ekstrakurikuler di SMANSA. Sesuai peraturan di SMANSA, kalian harus harus mengikuti minimal 1 ekstrakurikuler atau organisasi selain ekstrakurikuler wajib bagi kelas 10, untuk ekstrakurikuler wajib kelas 10 adalah pramuka, jadi kalin harus punya opsi eskul lain selain pramuka..


Sebenarnya tidak apa-apa kalau kalian hanya memilih Pramuka sebagai satu-satunya ekstrakurikuler, namun karena kalian tidak mengikuti Pramuka lagi di kelas 11, kalian akan diperlakukan sama dengan adik kelas kalian jika kalian tidak mengikuti ekstrakurikuler dan organisasi lain. Nggak seru, 'kan?


Nah, ini nih kartinians, beberapa tips dan trik memilih organisasi dan ekstrakurikuler di SMANSA. Simak bersama-sama yuk!

Hosting Unlimited Indonesia


1. Pilih Sesuai Minat dan Bakat Kalian

Ini merupakan poin penting yang menentukan seberapa besar semangat kalian. Memilih ekskul yang sesuai kesukaan pasti akan membuat kalian termotivasi selama mengikutinya. Tanpa adanya minat dan bakat, kalian tentu tidak bisa aktif berpartisipasi dan bosan dengan ekskul tersebut.


Jadi, sesuaikan minat dan bakat saja ya, kartinians. Misalnya hobi atau ketertarikan kalian itu menulis, memotret, atau menggambar, tentunya kalian cocok bergabung di ekskul Jurnalistik. Atau, kamu salah satu penggemar Jepang yang tertarik dengan bahasa maupun budayanya? Nggak ada salahnya kamu gabung Shinobu.


Bagi yang minat dalam bidang olahraga bisa mengikuti ekskul keolahragaan yang ada banyak pilihan. Bagi yang suka seni, ada ekskul kesenian seperti tari tradisional dan modern, musik serta teater. Bagi yang suka hal-hal keagamaan bisa ikut ekskul keagamaan seperti Rama SMANSA.


Masih ada banyak, kan, ekstrakurikuler lainnya yang mendukung minat dan bakat kamu!


2. Jangan Memilih Ekstrakurikuler Hanya karena Ikut Teman

"Kamu ikut ekskul apa?"

"Aku ikut ekskul ini. Ada si A, B, dan C loh di ekskul ini!"

"Ouh, aku ngikut kamu aja deh."


Sering terjadi nih, kartinians. Dialog di atas perlu kita hindari ya, kartinians!


Bakat dan minat kalian itu kan berbeda-beda. Kalian pasti tidak ingin menyesal di pertengahan jalan, 'kan? Maksudnya, jangan sampai kalian sudah menjalani ekskul sampai tengah semester, di semester selanjutnya kalian malah merasa sungkan untuk mengikuti ekskul tersebut. Itu karena ekskul yang kamu pilih nggak sesuai dengan minat-bakat kamu.


Toh, tujuan lain juga menambah teman dan lingkungan pergaulan kalian. Jadi biar teman-teman kalian nggak itu-itu aja, luaskan relasi pertemananmu.


Perhatian buat kartinians, ekskul yang kalian pilih di kelas 10, nantinya akan kalian urus di kelas 11. Jadi pastikan kalian harus pilih ekskul untuk dua periode, ya!

Cloud Hosting Indonesia


3. Jangan Kebanyakan Ekstrakurikuler

Tidak usah banyak-banyak, kalian cukup pilih satu ekskul saja yang kalian minati selain ekskul Pramuka, dua jika memang kalian bersedia dan siap secara pribadi. Jangan sampai kalian kewalahan dengan ekskul-ekskul yang kalian pilih.


Setiap ekskul mempunyai program kerja yang mengorbankan waktu, biaya, dan tenaga. Sudah menjadi kewajiban bagi anggota ekskul untuk berpartisipasi dalam proker tersebut. Supaya terwujudnya sebuah ekstrakurikuler yang terorganisir dan bermanfaat bagi diri sendiri serta orang lain.


4. Jangan Memilih Ekstrakurikuler yang Bentrok dengan Hari Les dan Ekstrakurikuler Lain.

Kalian tidak diperkenankan memilih ekskul yang jadwalnya sama (dengan ekskul lain atau les). Selain membuat kalian lelah, tentu akan ada salah satu yang dikorbankan.


Pilih 2 ekstrakurikuler boleh, tapi harinya berbeda ya! Misalnya kalian ikut Jurnalistik, maka kalian jangan ikut Shinobu, Wanalana, dan lainnya yang jadwalnya sama-sama hari Selasa.


Pastikan juga kalian tidak ada kegiatan les di luar sekolah pada hari tersebut ya, biar kalian bisa fokus ekskul tanpa mikir les, les, dan les. Intrakurikuler juga penting, kartinians!


Berikut ini kami sampaikan jadwal ekstrakurikuler di SMANSA :

  1. Hari Senin : PASSUSBRA, PMR
  2. Hari Selasa :  Jurnalistik, Shinobu, Wanalana, Badminton, Perisai Diri
  3. Hari Rabu : English Club, RaMA, Betadance
  4. Hari Kamis : Computing Club, Voli, MICS, Smansazone, KIR
  5. Hari Jumat : Pramuka (Wajib)
ads here


5. Banyak Tanya ke Kakak Kelas

Kalian boleh-boleh saja bertanya kepada kakak kelas. Itu juga agar kalian mengenal bagaimana organisasi dan ekstrakurikuler berjalan. Seperti apa rasanya menjalani ekskul, apa yang harus dipersiapkan, dan hal penting lainnya bisa kalian tanyakan kepada kakak kelas kalian.


Info nih kartinians, pada saat acara KOD 2021 berlangsung, kalian ajukan saja pertanyaan-pertanyaan tentang organisasi dan ekskul yang mereka bawakan. Para promotor pasti akan menjawab sampai kalian puas dengan jawaban mereka.


Terlepas dari itu semua, ada yang ingin kami sampaikan, nih. Kalian sudah memilih ekskul yang sesuai minat? Maka jangan sia-siakan kesempatan untuk berprestasi! Kalian bisa mencari informasi mengenai perlombaan di berbagai media. Ada satu aplikasi menarik yang direkomendasikan, yaitu aplikasi Sejuta Cita. Bagaimana menurut kalian? Kalau bisa berprestasi di sekolah dan di luar sekolah, kenapa tidak?


Adapun di bawah ini daftar organisasi dan ekstrakurikuler di SMANSA. Kalau kalian ingin bertanya terkait masing-masing organisasi dan ekstrakurikuler, silahkan bisa DM IG mereka.



OSIS : @osis.smansa

MPK : @mpksmansapkl

GAMARAKA : @gamaraka_squad

PASSUSBRA : @officialgalaksi_sma1 @passusbra

PMR : @pmrwira.smansa

KIR : @kirsmansapkl

Smansazone : @smansazoneradio

RaMa : @rama.smansa

Wanalana : @wana_lana

Betadance : @beta.dance.smansa

Airsoft : @airsoftsmansa

Futsal : @futsalsmansapkl

Shinobu : @shinobu.smansapkl

MICS : @mics_smansa

CC : @comclub_smansa

EC : @ecsman1pekalongan

Jurnalistik : @jurnalistiksma1pkl

Teater : 0896-5286-1900 (Kak Agif)

Basket Putra : 0819-0190-5701 (Kak Raffa)

Basket Putri : 0896-0944-0152 (Kak Naomi)

Voli Putra : 0858-4214-4310 (Kak Fafathaya)

Voli Putri : 0857-4254-2967 (Kak Arum)

Silat : -

Taekwondo : -

Karate : -


Nah, begitulah beberapa tips dan trik memilih organisasi dan ekstrakurikuler. Jangan lupa gabung Jurnalistik ya!


1 Comments

  1. Gabung eskul Jurnalistik itu asik, meskipun pandemi eskul tetap jalan tanpa hambatan

    ReplyDelete

Post a Comment

Previous Post Next Post
Hosting Unlimited Indonesia
Cloud Hosting Indonesia