Suara Generasi Muda Pemilu 2019




SMAN 1 PEKALONGAN- Jumat (1/2) Sosialisasi Pemilihan Umum Legislatif (DPD,DPR,DPRD) serta Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019 bagi pemilih pemula (SMA/SMK/MA) se Kota Pekalongan telah berjalan dengan lancar, di Ruang Multimedia SMAN 1 Pekalongan.


Pada acara ini, ada beberapa narasumber yang telah memberikan informasi terkait pemilih pemula yang akan tergabung di pesta demokrasi pada tanggal 17 April 2019 nantinya.

Acara sosialisasi ini dihadiri oleh beberapa perwakilan dari para murid SMA N 1 Pekalongan, guru, dan lain-lain. Sosialisasi ini menghadirkan narasumber dari ketua DPRD Kota Pekalongan beserta ketua KPU Kota Pekalongan.


Ibu Rahmi Rosyada Thoha, S.H., sebagai Ketua KPU Kota Pekalongan telah memberikan gambaran mengenai PEMILU SERENTAK 2019 yang LUBER dan JURDIL, sedangkan Ibu Hj. Balgis Diab, S.E., S.Ag., M.M., selaku Ketua DPRD Kota Pekalongan menuturkan bahwa Pemilu 2019 berbeda dengan pemilu pada tahun-tahun sebelumnya, dimana pada pemilu kali ini para pemilih akan memilih calon presiden dan wakil presiden periode 2019-2024 serta anggota legislatif secara bersamaan.


Terkait hal tersebut sosialisasi ini bertujuan agar para pemilih pemula dapat menggunakan hak suaranya dengan sebaik mungkin. Berikut kami rangkum beberapa hal yang beliau sampaikan terkait kriteria dalam memilih calon pemimpin beserta wakil rakyat.

1    1. Kenali visi misi dan progam kerja dari para peserta pemilu.

2    2. Kenali riwayat hidup dan partai politik.

3    3. Pastikan anda memberikan suara dengan tahapan yang benar.

4    4. Ketahui manfaat dari pemilu, seperti: 

·        -Sarana perwujudan kedaulatan rakyat.

·        -Sarana pergantian pemimpin secara konstitusional.

·        -Sarana untuk para pemimpin dan wakil rakyat dalam mengatur urusan pemerintahan.

·        -Sarana rakyat untuk mewujudkan suatu demokrasi.


Selain itu, beliau juga memberikan pesan kepada pemilih pemula siswa-siswi SMA N 1 Pekalongan agar mereka dapat mengajak keluarga, teman, tetangga, dan lainnya untuk menyukseskan acara Pemilu 2019 dengan cara mempublikasikan hasil foto sebelum atau sesudah memberikan suaranya ke akun media sosial. Hal ini bertujuan agar seluruh warga maupun netizen dapat tertarik untuk ikut melaksanakan pemilu nantinya. Dimana pada tahun-tahun sebelumnya, hanya berkisar 70% pemilih dari Kota Pekalongan yang memberikan hak suara.


Beliau berharap dengan adanya suara para generasi muda, masyarakat dapat terpancing dalam menunjukan rasa demokrasi mereka demi terwujudnya suatu negara yang lebih maju baik dalam segi politik, ekonomi, maupun lainnya.


“Ayo, sukseskan Pemilu 2019 dengan mendatangi TPS terdekat pada tanggal 17 April 2019 bagi pemilih yang telah memenuhi syarat pemilihan.”

Post a Comment

Previous Post Next Post
iklan-728
iklan-728