Tips & Trik Mengikuti PPDB di SMANSA 2019

Untuk kalian wahai adek-adek kelas IX yang bener-bener ingin menjadi siswa di SMA 1 Pekalongan, kamu harus bener-bener paham semua yang hubungan dengan informasi PPDB 2019 di SMANSA. Nah, kali ini tim eskul Jurnalistik SMANSA mau sedikit memberikan tips dan trik untuk kalian yang serius mau daftar jadi calon siswa SMANSA atau yang lebih dikenal dengan sebutan KARTINIANS.

Pertama, pastikan kamu sudah membaca informasi PPDB di SMANSA yang semuanya itu sudah dishare melalui website (www.sman1pekalongan.sch.id), sosial media (instagram & twitter @sma1pekalongan) dan juga kalian sudah mengaktifkan notifikasi agar tidak ketinggalan kalau sewaktu-waktu ada informasi terbaru yang dishare di sosial media tersebut. Aktifkan juga pemberitahuan (notifikasi) insta story yang ada di instagram, karena menurut sumber yang terpercaya dari admin sosial media SMANSA, bahwa sewaktu-waktu informasi PPDB akan lebih sering diupdate melalui instagram yaitu melalui insta story.

Kedua, sebelum kamu beneran mau jadi murid di SMANSA, kalian harus tahu juga bahwa mulai tahun pelajaran 2019-2020, SMANSA sudah akan menggunakan Sistem Kredit Semester (SKS) yang bisa dibilang itu akan terasa sekolah seperti anak kuliahan. Dimana kamu akan dituntut untuk belajar secara mandiri dan teratur agar kamu bisa lulus dalam waktu yang singkat yaitu 2 tahun. Sedangkan buat kamu yang notabene memiliki kemampuan kurang kamu bisa saja lulus 4 tahun, yang mana kalau di sekolah yang tidak SKS, lulus 4 tahun itu artinya kamu seperti tidak naik kelas 1 tahun.

Nah, oleh sebab itu kamu harus beneran paham dengan sistem yang baru ini agar kamu tidak lulus selama 4 tahun. Lalu, apakah bisa lulus 3 tahun? nah itu bisa juga, itu normal namanya. Jadi bisa dikatakan kamu masuk ke SMANSA bareng tapi kalian lulus tidak bareng dengan teman satu angkatan karena yang lulus 2 tahun itu terasa spesial daripada lulus 3 ataupun bahkan 4 tahun. 
Baca info seputar SKS disini
Ketiga, pahami 3 jalur masuk PPDB SMANSA 2019; zonasi, prestasi dan jalur khusus bagi calon peserta didik yang orang tuanya mendapatkan perpindahan tugas ke kota Pekalongan. 

Jalur zonasi itu daya tampungnya minimal 90 %, dan itu adalah daya tampung yang cukup banyak memberikan kesempatan bagi mereka yang rumahnya termasuk dalam zonasi wilayah SMANSA. Untuk zonasi sendiri terdiridari 4 kecamatan;
  • Semua kelurahan di Kota Pekalongan
  • Sebagian Kecamatan Tirto (Tanjung, Pacar, Samborejo, Karangjompo)
  • Sebagian Kecamatan Buaran (Simbangkulo, Simbang Waten, Coprayan, Watusalam, Kertijayan)
  • Sebagain Kecamatan Batang (Kasepuhan, Kauman, Denasri Wetan, Denasri Kulon, Kalipucang Wetan, Karanganyar, Watesalit)
Nah, berarti kalau kamu masuk kecamatan Tirto namun tidak ada di list di atas itu artinya kamu tidak dalam zonasi SMANSA, karena 3 kecamatan di luar kota Pekalongan tidak semuanya masuk zona.


Ada sedikit tips bagi kalian yang merasa punya prestasi namun jarak rumahnya jauh dari SMANSA maka kamu bisa masuk aja ke jalur prestasi. Namun ketika kamu masuk jalur prestasi maka otomatis saingan kalian adalah mereka-mereka yang berprestasi juga. Jalur prestasi ini mensyaratkan nilai UN sebagai penilain masuk ke SMANSA serta piagam-piagam penghargaan yang kalian miliki. Setiap piagam ada nilainya masing-masing dan minimal adalah piagam dari kejuaran tingkat kota/kabupaten dengan nilai terendah 1,75 untuk piagam juara ke-tiga tingkat kota/kabupaten. 
Yang gak boleh ketinggal juga, kalau kamu mau daftar lewat jalur prestasi maka kamu harus mendaftar ke sekolah di luar zona. Karena kalian tidak akan bisa masuk jalur prestasi di dalam zona. Karena dalam peraturan disebutkan peserta didik hanya berhak mendaftar melalui satu jalur PPDB
diesnat67

Bagi kalian yang berada dalam zonasi maka kamu berkesempatan mendaftarkan diri melalui jalur zonasi, yang mana di jalur ini nilai ujian nasional kalian tidak akan digunakan sebagai persyaratan masuk SMANSA. Jarak zonasi ini dihitung dari jarak kelurahan ke SMANSA, semakin dekat jarak kantor kelurahan kamu ke SMANSA maka kamu semakin besar kesempatannya masuk ke SMANSA.

Nah bagi kamu yang tidak masuk zonasi, kamu masih bisa masuk SMANSA dengan menggunakan jalur prestasi dan perpindahan tugas orang tua dengan jumlah masing-masing 5%.

Untuk nilai piagam penghargaan nanti akan ditambah nilai Ujian Nasional yang mana itu akan menentukan apakah kamu diterima di jalur prestasi atau tidak.

Bagi kalian yang punya prestasi internasional juara 1, 2 dan 3 serta juara 1 nasional maka kamu akan otomatis masuk di SMANSA di posisi teratas jalur prestasi.

Keempat, persiapkan semua dokumen untuk persyaratan pendaftaran PPDB yang dibutuhkan seperti yang ada di juknis PPDB yang sudah diupload di website SMANSA. Yang sering jadi pertanyaan adalah, apakah dokumennya asli atau fotocopy, nah, lebih baik bawa saja semuanya yang asli dan yang fotocopy-an, kalau perlu dilegalisir sekalian biar kamu lebih tenang dan yakin dengan semua persyaratan yang diwajibkan untuk dikumpulkan. Inget, kalau kamu persiapan dengan membawa dokumen asli dan fotocopy yang sudah dilegalisir maka kamu lebih yakin tho dengan persyaratan yang sudah lengkap, jadi tidak perlu lagi tanya-tanya dokumenya apakah harus di fotocopy? apakah harus yang asli? apakah harus ini? apakah harus itu? karena jadi anak SMANSA itu harus dimulai dari hal-hal kecil yang tidak perlu dipertanyakan terus menurus, mulailah untuk kreatif dan persiapan sedari sekarang dimulai dari membawa berkas-berkash persyaratan yang lengkap dan sudah ok semua.

Sedangkan untuk jalur perpindahan tugas orang tua, misal kamu aslinya orang kalimantan, sementar orang tua kamu saat kamu kelas VIII dipindah tugaskan ke Pekalongan oleh perusahaan/kantornya maka kamu berhak masuk melalui jalur perpindahan tugas orang tua, dengan membawa syarat surat tugas perpindahan tugas orang tua saat verifikasi berkas di SMANSA. Untuk jalur ini juga memiliki kuota 5% seperti kuota yang masuk jalur prestasi.

diesnat67 Kelima, karena nanti saat verifikasi kamu harus ke SMANSA, tidak boleh diwakilkan oleh orang tua ataupun nenek kamu. Kalau mau jadi anak SMANSA kamu harus mandiri, gak boleh manja dan cengen, karena sekolah di SMANSA itu berat, gak seenak yang kamu bayangkan, banyak saingan dimana-mana. Belum lagi kegiatan sekolah yang luar biasa padatnya dari awal semester hingga nanti kalian lulus dari SMANSA. Oleh sebab itu pastikan kamu benar-benar siap untuk menjadi Kartinians yang siap mengikuti sistem yang ada di SMANSA. Untuk kegiatan verifikasi sendiri nanti akan menggunakan sistem pendataan nomer antrian, kalian diharuskan mendaftarkan diri kalian agar mendapatkan nomer antrian dan hari untuk mendaftar. Hal ini untuk mencegah terjadinya penumpukan pendaftar di hari-hari pertama kegiatan verifikasi berkas PPDB.

Ke-enam, berpakaian yang rapi saat datang untuk mendaftar/verifikasi ke SMANSA, jangan urakan, karena calon murid di SMANSA harus rapi dan bersih. Seragam yang digunakan adalah biasanya seragam yang sesuai dengan hari sekolah kalian di hari kamu mendaftar, bila hari senin ya kamu harus pakai OSIS saat mendaftar PPDB di SMANSA.

diesnat67 Itu dulu tips dan trik dari kita eskul Jurnalistik SMANSA, nanti kita akan update lagi beberapa tips dan trik untuk mempersiapkan diri kalian menjadi calon siswa di SMA 1 Pekalongan.
Ke-tujuh, saat mendaftar online tanggal 1 s.d 5 Juli 2019 kamu bisa mendaftar di rumah, karena pendaftaran ini bersifat online jadi bisa dilakukan dimana saja tidak harus ke sekolah meskipun biasanya di SMANSA juga memfasilitasi itu.

Ingat, tanggal 24 s.d 28 Juni 2019 adalah jadwal untuk verifikasi berkas dan pengajuan akun, dimana semua berkas pesyaratan pendaftaran disini akan dicek kebenaran dan kevalid-annya serta disini pula kamu akan mendapatkan nomer token yang harus digunakan saat menfatar secara online pada tanggal 1 s.d 5 Juli 2019.

Jadi jangan sampai salah memahami tanggal 24 s.d 28 Juni 2019 dengan tanggal 1 s.d 5 Juli 2019 !!

Post a comment

0 Comments

close
SafelinkU | Shorten your link and earn money