Tips Mengikuti MPLS 2019



Hai New Kartinians!!!
Apa kabar ? sudah siap mengikuti MPLS 2019 ? Pasti siap dong!
Sebelumnya apa ada yang belum tahu apa itu MPLS ? Jadi menurut wikipedia, MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) atau MOS (Masa Orientasi Siswa) atau MOPD (Masa Orientasi Peserta Didik Baru) merupakan sebuah kegiatan yang umum dilaksanakan di sekolah setiap awal tahun ajaran guna menyambut kedatangan para peserta didik baru.



Lalu apa saja tips – tips dalam mengikuti MPLS ini ?
  1. Berlatih berbicara di depan umum. Di MPLS nanti kalian diharuskan agar bisa berbicara di depan umum. Karena anak SMANSA itu pandai – pandai dalam berbicara di depan umum, hal itu juga dapat membantu kalian dalam KBM nanti.
  2. Jadilah pribadi yang lebih aktif. Selain poin di nomor satu tadi, kalian juga harus dituntut aktif. Nantinya kalian diwajibkan untuk berargumen di depan kelas bahkan di depan satu angkatan kalian. Karena nantinya  akan membiasakan diri kalian saat masa KBM seperti biasa, karena di Kurikulum  2013 ini siswa dituntut lebih aktif, maka dari itu kalian harus berlatih aktif sedari MPLS ini.
  3. Ubah diri menjadi lebih beretika. Aktif dan pintar ngomong ? Itu nggak cukup, kalian harus merubah diri kalian menjadi pribadi yang lebih baik lagi pastinya. Di MPLS nanti, selain aktif dan pintar ngomong kalian juga harus menjadi pribadi yang baik dan beretika. Ingat ! anak – anak SMANSA dikenal di luar sana sebagai anak yang beretika. Jadi, buat apa aktif dan pinter ngomong tapi tak beretika.
  4. Tinggalkan kebiasaan buruk kalian saat SMP. Ingat sekali lagi, kalian sudah SMA! Jadi tinggalkan kebiasaan buruk kalian saat SMP seperti berangkat sekolah terlambat, dan lain – lain. Di MPLS nanti bahkan SMANSA pun menuntut kalian agar menjadi pribadi yang lebih dewasa, karena di SMANSA juga kalian akan diharuskan untuk disiplin dan berpikiran luas. Jadi, buang jauh – jauh kebiasaan buruk kalian saat SMP.
  5. Mudah Bergaul. Selain poin – poin di atas tadi, kalian juga harus mudah bergaul. Karena nantinya di MPLS kalian akan sering berinteraksi dengan teman dan lingkungan baru kalian di SMANSA.
  6. Biasakan melakukan 5S dan 5 kata ajaib. 5S apa sih itu? 5S itu adalah kependekan dari Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun. Lalu 5 kata ajaib ? apa itu ? di SMANSA juga ada loh 5 kata ajaib yang selalu digunakan saat sedang berbicara 5 kata ajaib itu adalah permisi, izin, tolong, maaf, dan terima kasih. Dari hal tadi kalian harus selalu mengimplementasikan pada kehidupan sehari – hari kalian karena 5S dan 5 kata ajaib sendiri sudah menjadi budaya yang mengakar di SMANSA.
  7. Kreatif. Kreatif di MPLS itu penting bahkan di lingkungan SMANSA, kalian harus menjadi pribadi se-kreatif mungkin karena kreatif juga merupakan ciri khas dari anak – anak SMANSA.
Nah, 7 poin di atas merupakan tips – tips dalam mengikuti MPLS 2019. Semoga bermanfaat, dan semangat dalam mengikuti MPLS tahun ini !

Post a Comment

Previous Post Next Post
iklan-728
iklan-728