Ujian Untuk Belajar Bukan Belajar Untuk Ujian

Tak terasa ternyata kita sudah masuk di pertengahan semester kedua tahun pelajaran 2019-2020 itu artinya saatnya siswa SMA 1 Pekalongan mengikuti kegiatan Penilaian Harian Bersama (PHB) yang dulu lebih dikenal dengan nama Ulangan Tengah Semester (UTS). 

Pada dasarnya kegiatan Ulangan Tengah Semester yang sekarang diganti namanya dengan Penilain Harian Bersama (PHB) adalah salah satu kegiatan yang digunakan untuk mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang telah disampaikan guru selama kegiatan belajar dan mengajar. 


Nah, kartinians sendiri biasanya kalau saat-saat seperti ini (saat PHB) biasanya semakin rajin belajar dan tutor sebaya untuk mempersiapkan diri mengikuti kegaitan PHB semester ini. Tidak jarang kita sering melihat setelah kegiatan PHB selesai biasanya kartinians masih tetap tinggal di sekolah dan melakukan kegiatan belajar bersama (tutor sebaya) dimana beberapa teman  yang memiliki kemampuan dalam materi tertentu memberikan bantuan (mengajari) teman sebayanya agar paham materi tersebut.

Tidak jarang, di setiap sudut sekolah pasti ada beberapa siswa yang sedang melakukan kegiatan tutor sebaya, entah itu di depan kelas, di gazebo, di teras masjid ataupun di kantin setelah sepulang sekolah. 

Jadi bisa dikatakan bahwa setiap akan dilaksanakan ulangan maka siswa jadi semakin rajin belajar dari pada hari biasanya mereka belajar. Bahkan mungkin kalau hari biasanya mereka jarang belajar namun saat tiba waktu ulangan mereka jadi semakin rajin belajar hampir setiap waktu dan setiap hari.

Melihat fenomena belajar yang semakin rajin saat ulangan tiba, penulis jadi merasa bahwa kebanyakan pelajaran belajar lebih giat atau bahkan hanya belajar saat ujian saja, sedangkan saat tidak ujian mereka tidak belajar. 

Sebenarnya itu tidak baik, karena dengan seperti itu sama saja kalian belajar untuk ujian/ulangan, bukan ujian untuk belajar. 

Mungkin ada yang tidak paham dengan maksud dari "Ujian untuk belajar, bukan belajar untuk ujian". Mari saya jelaskan, Ujian untuk belajar artinya adalah ujian itu bagian dari kegiatan belajar mengajar sementara belajar untuk ujian adalah kalian hanya belajar saat tiba saat ujian doang. 

Nah, sekarang pasti kalian sudah paham bahwa kebanyakan dari kalian selama ini belajar hanya untuk ujian saja bukan sebaliknya seharusnya kalian ujian adalah sebagain dari proses belajar itu sendiri.

Jadi, kalian sekarang masih mau belajar hanya pas ujian saja apa jadikan ujian itu sebagi sebagain dari proses pembelajaran itu sendiri, semuanya sekarang terserah kalian semua.

Post a comment

0 Comments

close
SafelinkU | Shorten your link and earn money