Belajar Tetap Asik Walau Harus di Rumah Aja

 

Sudah setengah tahun lebih dunia mengalami sebuah bencana yang sifatnya global. Dampak yang diberikan akibat tersebarnya virus covid-19  juga dirasakan oleh seluruh negara di dunia. Penyebaran virus ini tidak bisa dianggap remeh, kasus terkait virus ini tiap hari kian meningkat. Sebab itu, tidak salah jika pemerintah meminta di hampir seluruh sektor untuk melakukan kegiatannya dari rumah, salah satunya adalah sektor pendidikan.

Menurut kartinians kalau belajar di rumah itu suasananya jadi lebih nyaman kan pastinya? Sampai terlalu nyaman hingga berakhir rebahan doang. Jangan sampai waktu belajar di rumah aja terbuang sia-sia karena terjebak rasa nyaman ya! Gimana sih menyiasati supaya belajar tetap asik walau di rumah aja? Berikut tips dari Majalah Cimed biar tetap asik walau belajar mandiri.

sumber foto : portonews.com

1.    Mengatur Waktu Belajar

Dalam mengatur waktu belajar, kita harus paham mengenai jam produktif belajar kita. Jam produktif yaitu saat-saat dimana kita dalam keadaan siap dalam menerima pembelajaran. Hal tersebut dimaksudkan agar kita lebih mudah dalam menerima materi. Selain itu, kita juga harus bisa menentukan prioritas utama dalam belajar. Kalian bisa mulai dengan hal yang paling penting lalu dilanjut sampai dengan hal yang tidak terlalu penting.

2.    Kenyamanan dan Ketenangan

Tentu dibutuhkan tempat yang nyaman dan tenang dalam belajar mandiri, tapi ingat jangan terjebak dalam rasa nyaman. Cari tempat yang menurut kamu paling nyaman di rumah kamu untuk belajar. Lalu tata tempat tersebut sedemikian rupa hingga kamu merasa benar-benar nyaman untuk belajar, Majalah Cimed sangat merekomendasikan untuk belajar dalam keadaan duduk dan jangan rebahan apalagi di kasur. Selanjutnya, untuk menambah rasa nyaman dan tenang kamu bisa belajar sambil mendengar musik- musik tenang. Kalian biasa cari musik-musik tersebut lewat platform musik dengan kata kunci “study zone”.

3.    Konsentrasi

Setelah menerapkan tips sebelumnya, langkah terakhir yang dapat dilakukan adalah berkonsentrasi. Sebisa mungkin hindari sesuatu yang dapat memecah fokus kita. Percuma kalau kita sudah menerapkan tips sebelumnya tetapi malah gagal berkonsentrasi, kan?!

Itulah beberapa tips yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat ya! Walau pada kenyataannya belajar mandiri seperti sekarang ini kurang efektif, tapi hal tersebut merupakan salah satu upaya yang bisa kita lakukan untuk membantu pemerintah dalam memutus rantai penyebaran virus. Jangan lupa untuk tetap jaga kesehatan dan patuhi protokol kesehatan!

Post a comment

0 Comments

close
SafelinkU | Shorten your link and earn money