Kelana Ruang Rindu Kartini Tempo Dulu


Hallo, sobat SMANSA! Pada hari Kamis, 19 Oktober 2023 SMA N 1 Pekalongan mengadakan kegiatan KCAF guna memperingati HUT SMANSA KE 71. KCAF (Kartini Culture Art Festival) adalah acara besar SMA N 1 Pekalongan untuk memperingati HUT SMA N 1 Pekalongan.

Dengan mengusung tema "Kelana Ruang Rindu Kartini Tempo Dulu", KCAF hadir dengan berbagai rangkaian kegiatan yang menyenangkan seperti Color Fun Walk, Smansa Dolanan, dan kegiatan-kegiatan seru lainnya.

Kegiatan yang pertama kali diikuti warga SMANSA pada KCAF tahun ini yaitu Color Fun Walk. Color Fun Walk yaitu jalan sehat yang berbeda dari jalan sehat biasanya. Seluruh warga SMANSA menggunakan baju putih sebagai dress code.

Rute Color Fun Walk dimulai dari SMANSA sebagai garis start, lalu melewati Jl. Dokter Wahidin, alun - alun Pekalongan, serta berhenti di SMANSA sebagai garis finish. Rasa bahagia tidak bisa terbendung lagi saat finish, siswa-siswi atau guru yang mengikuti akan disiram warna dan mendapatkan medali sebagai apresiasi.

Setelah kegiatan Color Fun Walk terdapat juga permainan Futsal Sarung. Futsal Sarung adalah permainan futsal yang terdiri dari 10 anak sebagai perwakilan setiap angkatannya. Setiap pemainnya wajib memakai sarung yang membuat permainan tersebut lebih seru dan lebih tertantang saat bermain. 

Nah, kegiatan yang ketiga yaitu Balang Banyu. Balang Banyu merupakan permainan lempar air yang lebih menyenangkan, yaitu dengan balon yang berisi air dan dilempar dengan menggunakan sarung. Pemainnya terdiri dari enam anak sebagai perwakilan dari setiap angkatan.

Acara terakhir pada hari pertama KCAF yaitu SMANSA Dolanan. SMANSA Dolanan adalah tempat permainan yang disediakan oleh setiap kelasnya dengan berbagai ide permainan yang dibuat, seperti karambol, spin, lempar gelang, lempar bola, dan lain sebagainya. Dan juga akan disediakan hadiah untuk pemain yang memenangkan permainan tersebut. Tentunya, stand permainan di SMANSA Dolanan tidak menggunakan biaya untuk bermain.

Para peserta mencoba berbagai macam permainan yang ada. SMANSA Dolanan dilengkapi dengan musik sehingga menambah keseruan. Meskipun cuaca sangat panas tetapi tidak mengurangi rasa semangat untuk bermain. 

Acara-acara diatas merupakan seluruh rangkaian kegiatan pada KCAF hari pertama ini. Dari kelas 10 hingga kelas 12 semuanya ikut memeriahkan acara ulang tahun SMANSA ini. KCAF ini juga menjadi ajang seru-seruan untuk seluruh siswa SMANSA dimasa lelah akan banyaknya tugas.

Muhammad Fa’iz dan M. Fairus Fahri Akbar siswa dari X Kartini 9 menyampaikan kesan dan pesan dari acara Colour Fun Walk. 

"Sangat menyenangkan dan tidak menyangka akan semenarik itu. Acara yang begitu luar biasa dan tidak membosankan." Mereka juga menambahkan, "Semoga KCAF berikutnya lebih dapat berkembang sehingga peserta lebih semangat dalam mengikuti acara tersebut dengan moment-moment yang berkesan bagi peserta."

Dari acara ini, para peserta mendapatkan kenangan berharga yang tidak akan terlupakan. Acara ini juga memberikan manfaat yaitu, siswa dapat meningkatkan kesehatan dan kebugaran mereka, serta mempererat hubungan sosial antara siswa dan guru. Terima kasih, see you Kartinians.

Post a Comment

Previous Post Next Post
iklan-728
iklan-728