Apa Sih Bedanya Quick Count, Real Count, dan Exit Poll Dalam Metode Perhitungan Suara ?


sumber : tribunnews.com

Hai Kartinians dan Generasi Milenial!
Masih memanas dengan suasana pemilu? Sampingkan dulu pilihan kita. Nah,kali ini apa kalian sudah tahu bedanya quick count, real count, dan exit poll dalam metode perhitungan jumlah suara dalam pemilu? Atau bahkan masih belum tahu apa itu quick count, apa itu real count, dan apa itu exit poll ? Sebelum menelisik lebih jauh mengenai perbedaan antara quick count, real count, dan exit poll mari sejenak kita bahas mengenai pengertian dari quick count, real count, dan exit poll ini.
Quick count atau bisa kita artikan dengan hitung cepat atau jajak cepat adalah sebuah metode verifikasi hasil pemilihan umum yang dilakukan dengan menghitung presentase hasil pemilu di tempat pemungutan suara (TPS) yang dijadikan sampel, sedangkan real count adalah sebuah metode verifikasi hasil pemilu yang dilakukan dengan cara menghitung  100% jumlah suara dari keseluruhan TPS, dan untuk exit poll sendiri adalah sebuah metode verifikasi hasil pemilu dengan menggambil data yang telah melakukan pemungutan suara.
Nah, untuk perbedaannya sangat gampang untuk dibedakan antara ketiganya. Quick count, hanya menggunakan hasil suara dari beberapa TPS yang digunakan sebagai sampel, untuk hasil dari metode ini pun kurang 100 % kebenarannya. Real count, menggunakan 100 % hasil suara dari keseluruhan TPS, biasanya memakan waktu yang sangat lama. Dan exit poll, biasanya dilakukan jauh sebelum hari pemilihan tiba karena pelaporan data menggunakan hasil wawancara mengenai pilihan caleg atau capres dari masyarakat melalui tempat yang sudah ditentukan, hasil dari metode ini pun  dianggap kurang teliti. Sekedar informasi tambahan, dalam perhitungan di media elektronik atau televisi sendiri menggunakan metode quick count dan exit poll karena tidak memakan banyak waktu.
 Lalu, untuk Komisi Pemilihan Umum atau KPU sendiri menggunakan metode yang mana ya ? Di tahun 2019 ini KPU lebih memilih untuk menggunakan metode manual  yang artinya perhitungan hasil suara dari keseluruhan TPS secara manual. Hal ini merujuk terhadap UU Nomor 7 tahun 2017 tentang pemilu. dan untuk metode bagi pemilih yang berada di luar negeri menggunakan metode pos.

Apakah sudah tahu mengenai perbedaan quick count, real count, dan exit poll? Semoga bermanfaat dan memberi ilmu;)

Post a Comment

Previous Post Next Post
iklan-728
iklan-728