Pesta Demokrasi, Apa Yang Perlu Ditanggapi?

Sumber: IDN Times

Rabu, 17 April 2019 Semarak pesta demokrasi sudah dimulai, masyarakat tengah berbondong-bondong dalam memberikan hak suara mereka, begitu pula para pemilih muda yang baru pertama kali memberikan hak suaranya, seperti halnya siswa-siswi SMA Negeri 1 Pekalongan, kesempatan mereka dalam mengisi hari libur ini dijadikan sebagai pembelajaran untuk ikut serta memberikan hak pilih.

Demokrasi kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, bukan hanya sekedar memilih calon presiden dan wakil presiden, para pemilih juga akan disuguhkan untuk memilih anggota legislatif. Hal inilah yang menjadikan pesta demokrasi tahun ini kian memanas. 

Lalu apa yang perlu ditanggapi dalam demokrasi kali ini? Tentunya ada banyak hal yang perlu dijadikan pedoman, terutama bagi generasi milenial yang tidak peduli mengenai dunia politik. Demokrasi sangatlah penting bagi kehidupan negara, dengan adanya demokrasi, negara akan mengalami masa pergantian pemimpin baru yang dapat merubah nasib Indonesia menjadi lebih baik.

Untuk itu, para pemilih harus bisa berpikir cerdas dalam memberikan hak suara mereka. Jangan sampai para pemilih terpancing dengan adanya hal-hal buruk dalam demokrasi, seperti halnya politik uang, tindakan yang dilakukan beberapa calon pemimpin saat ini kian memarak, terutama yang menjadikan sasaran empuk mereka adalah para pemilih pemula. 

Tentunya pembelian suara tak berarti bisa dijadikan jaminan dalam merubah nasib suatu negara maupun masyarakat. Oleh karena itu, jadilah generasi muda yang berpikir cerdas dalam hal politik, karena suara anda sangatlah berarti bagi kehidupan masa depan anda.







Post a Comment

Previous Post Next Post
iklan-728
iklan-728