Cermat Memilih Ekstrakurikuler dan Organisasi


Bagaimana nih siswa baru? kami yakin sudah mulai menyesuaikan diri dengan suasana dan kondisi di SMANSA kan? meskipun masih awal, tapi tidak salah dong buat kami untuk share soal organisasi dan eskul. Apalagi di hari pertama MPLS ini kalian sudah dikenalkan dengan organisasi dan ekstrakurikuler yang ada di SMANSA, oleh sebab itu kali ini kita mau kasih kalian sedikit tips untuk memilih eskul atau organisasi yang bisa kalian ikuti. Yuks disimak artikel di bawah ini, spesial tim Jurnalistik SMANSA tulis untuk kalian siswa baru kelas X tahun pelajaran 2020/2021.

Karya tim eskul Jurnalistik
Kegiatan KOD (Kartini’s Organization Day) yang berisi promosi semua organisasi dan ekstrakurikuler di SMANSA. Semua organisasi dan ekstrakurikuler akan menunjukkan semua kehebatan mereka untuk membuat kalian para kartinians kelas 10 untuk tertarik bergabung.

Peraturan di SMANSA adalah kalian harus mengikuti minimal 1 ekstrakurikuler atau organisasi selain ekstrakurikuler wajib bagi kelas 10—yaitu pramuka. Sebenarnya tidak apa-apa kalau kalian hanya memilih pramuka sebagai satu-satunya ekstrakurikuler, namun karena kalian tidak mengikuti pramuka lagi di kelas 11, kalian akan diperlakukan sama dengan adik kelas kalian jika kalian tidak mengikuti ekstrakurikuler atau organisasi lain. Nggak seru, kan?

Nah, dari kami ada nih, kartinians, tips untuk memilih ekstrakurikuler atau organisasi, disimak, ya!
           
1) Pilih sesuai bakat minat kalian
Ini sangat penting karena jika tidak, kalian tidak bisa aktif berpartisipasi dan bosan dengan ekstrakurikuler atau organisasi tersebut.

2) Jangan pilih ekstrakurikuler yang bentrok dengan hari les
Selain membuat kalian lelah, pasti akan ada salah satu yang dikorbankan. Jangan lupa, penunjang intrakurikuler juga penting!
                    

3) Jangan kebanyakan ekstrakurikuler
Ini juga Kartinians, karena setiap ekstrakurikuler ada proker yang mengorbankan waktu dan segenap jiwa raga, jangan sampai pilihan kalian merepotkan diri kalian sendiri, ya! Apalagi kelas X itu wajib mengikuti pramuka jadi cukup pilih satu saja eskul selain pramuka yang kalian minati. Karena kelak  kalian juga akan melanjutkan eskul tersebut saat kelas XI. Oh iya kelas XI itu nanti tidak ikut pramuka lagi kecuali klasus (siswa yang memilih eskul pramuka dan lolos seleksi).

4) Pilih ekstrakurikuler atau organisasi yang juga akan menjadi pilihan di kelas 11
Supaya jangan gonta-ganti ekstrakurikuler atau organisasi. Ingat, loyalisme juga sangat diperlukan! Jangan cuma ikut eskul pas kelas X terus kelas XI keluar 
ikut eskul itu jadi syarat untuk naik kelas, artinya kalau kamu gak ikut eskul apapun sudah dipastikan kamu gak bakal naik kelas

5) Jangan pilih 2 ekstrakurikuler atau organisasi yang jadwalnya sama
Kalau ini jelas, ya, Kartinians, pilih 2 ekstrakurikuler boleh, tapi yang harinya berbeda, ya! Misal kalau kalian ikut Jurnalistik maka jangan ikut Shinobu ato wanalana ataupun eskul lain yang eskulnya juga di hari selasa. Pastika juga kalian tidak ada kegiatan les di luar sekolah pada hari tersebut ya, biar kalian bisa fokus ikut eskul tanpa mikir les dan les.
        
6) Jangan pilih ekstrakurikuler hanya karena ikut ikutan teman
Ingat ya JANGAN!!. Bakat dan minat kalian dengan teman – teman kalian itu berbeda beda. Selain itu, tujuan lain kegiatan ekstrakurikuler adalah menambah teman dan lingkungan pergaulan kalian

Berikut juga kami sampaikan jadwal esktrakurikuler di SMANSA
         
1) Hari Senin : PASSUSBRA, PMR
2) Hari Selasa :  Jurnalistik, Shinobu, Wanalana, Badminton, Perisai Diri
3) Hari Rabu : English Club, RaMA, Betadance
4) Hari Kamis : Computing Club, Voli, MICS, Smansazone, KIR
5) Hari Jumat : Pramuka (Wajib)

Oh, iya, untuk profil lengkap setiap ekstrakurikuler, bisa kalian baca di Majalah Citra Media yang sudah ada ditangan kalian besok Rabu. Jangan lupa juga ya, gabung di tim kreatif jurnalistik SMANSA! Klik gambar dibawah ya dan datang ke stand eskul Jurnalistik besok rabu di KOD.
           


Follow Sosmed Kami di :

Post a Comment

Previous Post Next Post
iklan-728
iklan-728