SMANSA Berqurban



Hai ! Selamat Idul Adha bagi kartinians yang merayakan. Kemarin, 11 Agustus 2019, tepatnya pada 10 Dzulhijjah 1440 H semua umat muslim merayakan hari raya idul Adha. Pada hari itu, umat muslim  sangat disunnahkan untuk berqurban dimana mereka menyembelih hewan qurban untuk dibagikan kepada umat muslim lainnya. 

Apa sih Qurban itu ?

Qurban adalah menyembelih hewan dengan tujuan beribadah kepada Allah pada Hari Raya Haji atau Idul Adha dan tiga Hari Tasyriq, yaitu tanggal 11, 12, dan 13 bulan Dzulhijjah. 

Kali ini, SMA N 1 Pekalongan melaksanakan pelatihan qurban yang dilaksanakan oleh OSIS SMANSA. Kegiatan ini memiliki tujuan agar mempunyai pandangan dan bekal kedepannya tentang berqurban, untuk belajar bersosialisasi di masyarakat, dan untuk memperdalam ilmu berqurban.


"Yang diqurbankan oleh SMANSA adalah 1 ekor sapi dan dagingnya dibagikan kepada warga sekitar SMANSA, murid SMANSA yang membutuhkan, dan staff/karyawan yang bekerja di SMANSA." Ujar panitia qurban.

Kegiatannya ngapain aja sih ? 

Kegiatan pertama yaitu penyembelihan dan pemotongan  daging sapi di kecamatan Doro. Lalu, daging dibawa ke SMANSA untuk dibagikan.
Selain berqurban,  SMANSA juga mengadakan kegiatan yang bertujuan untuk mempererat tali persaudaraan antar organisator dan antar ekstrakulikuler. Kegiatan ini berupa kegiatan makan bersama yang dilakukan di Sanggar Kegiatan Siswa.

Tentunya, kegiatan ini memberikan pengalaman dan pembelajaran bagi siswa SMANSA. Semoga kegiatan ini dapat dicontoh dan suatu saat nanti kita dapat berqurban dengan hasil  jerih payah sendiri. 

Artikel by Maulida ZD dan Wigi Utami

Post a Comment

Previous Post Next Post
iklan-728
iklan-728