Siap Hadapi Bencana dengan PMB


SMA N 1 Pekalongan - Telah berlangsung acara Pelatihan Mitigasi Bencana yang diadakan oleh sekolah yang bekerja sama dengan MDMC RSI PKU Muhammadiyah Kab. Pekalongan. Kegiatan ini berlangsung pada Senin, 30 September 2019 di Sanggar Kegiatan Siswa dan sekitarnya. Mitigasi bencana ini bertujuan untuk melatih siswa guna mengantisipasi adanya bencana dan memberikan pengarahan mengenai cara dalam pengurangan risiko bencana.

Latihan memadamkan api (sumber : doc cimed)
Di dalam acara ini dibahas tiga materi, yaitu pertolongan pertama, transportasi korban, serta prosedur tata cara mitigasi bencana dan orientasi tempat. Ketiga materi tersebut saling berhubungan dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan beserta cara pelaksanaan kepada siswa terkait bagaimana cara menghadapi bencana. Sehingga, siswa diharapkan dapat  selalu tenang  dalam keadaan apapun, tidak panik dan selalu waspada saat terjadi bencana.

Kemudian siswa diajarkan untuk memadamkan api, cara memasang selamat pada tabung gas dan tata cara menggunakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) dan APAT (Alat Pemadam Api Tradisional). Selain itu, siswa juga diajarkan untuk segera menuju ke titik kumpul setelah alarm bencana berbunyi.


Foto bersama selesai acara berlangsung (sumber : doc cimed)
"Semoga dengan adanya pelatihan mitigasi bencana ini, siswa mampu memahami serta memberikan arahan kepada keluarga, teman, maupun masyarakat sekitarnya dalam menangani masalah-masalah yang terjadi terutama berkaitan dengan bencana" harapan dari Pak Sulthon selaku ketua MDMC  RSI PKU Muhammadiyah Kab. Pekalongan.

Kegiatan ini mengundang antusiasme para peserta dalam mengikuti setiap proses pembelajaran serta praktik yang diberikan, sehingga diharapkan siswa menjadi lebih tahu dan paham bagaimana cara menghadapi bencana  yang mungkin saja terjadi di sekolah maupun di lingkungan sekitarnya.

Post a Comment

Previous Post Next Post
iklan-728
iklan-728