Simulasi UNBK Pertama


Untuk mempesipkan siswa dalam menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer di SMA 1 Pekalongan, pada tanggal 6 hingga 7 November 2019 diadakan kegiatan simulasi UNBK bagi kelas XII sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kegiatan simulasi pertama ini hanya dengan dua mata pelajaran yaitu Bahasa Inggris dan Matematika, sedangkan Bahasa Indonesia dijadikan sebagi subtes yang harus siswa kerjakan setelah siswa mengerjakan simulasi mata pelajaran Bahasa Inggris dan Matematika.

Meskipun terdapat beberapa kendalam dalam simulasi pertama ini, seperti soal atau jawaban yang tidak muncul, suara audio dari soal listening yang tidak terdengar dan juga ada beberapa siswa yang tidak bisa mengakses masuk ke halaman simulasi, namun semuanya berjalan lancar dan tertib. Beberapa hal yang mungkin menjadi catatan bagi penanggung jawab pelaksana UNBK ini adalah siswa harus menunggu hingga 2 jam untuk dapat mengklik tombol selesai, serta siswa harus login lagi ketika mau mengerjakan soal bahasa Indonesia yang hanya satu soal dengan waktu 15 menit. 

Siswa tidak diberikan kesempatan untuk menyelesaikan ujian lebih awal meskipun siswa sudah selesai mengerjakan ujian, karena timer di halaman soal UNBK mengunci tombol selesai untuk mengakhiri mengerjakan soal. Hal ini membuat siswa jadi harus menunggu lama meskipun siswa telah selesai mengerjakan semua soal. Mungkin beberapa hal itu bisa menjadi bahan evaluasi bagi penyelenggara UNBK SMA tahun ini agar tidak membuat siswa harus menunggu lama, karena ketika siswa sudah selesai mengerjakan maka siswa dapat belajar untuk materi ujian berikutnya.

Post a Comment

Previous Post Next Post
iklan-728
iklan-728