Kriteria Kelulusan Bagi Kelas XII

Pada apel pagi hari senin (10 Februari 2020) Bapak kepala sekolah menghimbau kepada semua siswa SMA 1 Pekalongan, lebih khusus kepada siswa kelas XII agar selalu fokus dan serius dalam mengikuti semua rangkaian kegiatan di sekolah terutama kegiatan yang berhubungan dengan studi lanjutan dan persiapan sukses UNBK 2020 yang akan dilaksanakan pada akhir bulan Maret 2020 nanti.

Hal yang pertama disampaikan oleh bapak kepala sekolah saat menyampaikan sambutan pada apel pagi ini adalah apresiasi dan  terimakasih sebesar-besarnya kepada semua wali murid kelas XII yang telah ikut serta memberikan sumbangan dan dukungan dalam kegiatan sukses Ujian Sekolah, Ujian Nasional 2020 serta kegiatan Studi lanjutan  bagi putra-putri mereka. Semoga keikhlasan yang sudah diberikan menjadikan kemudahan dan kelancaran bagi putra-putri bapak-ibu semuanya dalam menghadapi semua ujian yang akan datang.

Beberapa hal yang perlu mendapatkan perhatian khusus bagi siswa kelas XII adalah kelulusan siswa kelas XII ditentukan dari Ujain sekolah, bukan lagi dari Ujian Nasional Berbasi Komputer yang akan dilaksanakan pada akhir bulan Maret nanti. Oleh sebab itu siswa kelas XII harus memahami bahwa kriteria yang dibutuhkan agar lulus dari SMA 1 Pekalongan adalah sebagai berikut :
  1. Siswa telah mengikuti seluruh program pembelajaran dari semeter 1 (satu) hingga semester 6 (enam).
  2. Memperoleh nilai ujian sekolah minimal 75.
  3. Nilai sekolah diperoleh dari gabungan nilai ujian tulis dan ujain praktik (bagi mapel yang ada ujian praktiknya).
  4. Memperoleh nilai sikap minimal Baik (B).
  5. Mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer.
Itu adalah kriteria kelulusan bagi siswa kelas XII pada tahun pelajaran 2019-2020 ini.

Selain kriteria kelulusan bagi kelas XII, pada apel pagi tadi bapak kepala sekolah yang juga mewanti-wanti kepada semua siswa khususnya siswa kelas XII agar selalu membuayakan kegaitan tutor sebaya yang telah menjadi salah satu ciri khas di SMA 1 Pekalongan sejak dulu. Karena dengan  kegaitan tutor sebaya ini, siswa yang kurang dalam beberapa mata pelajaran dapat belajar secara langsung dari teman sebayanya dengan leluasa dan lebih bebas. Sedangkan bagi mereka yang memiliki pemahaman lebih dalam mata pelajaran tertentu bisa membantu teman yang lain yang kurang dalam memahami materi pelajaran. Hal ini juga memupuk rasa saling tolong menolong dan keperdulian antar sesama siswa kelas XII khususnya dan semua siswa SMANSA secara menyeluruh.

Karena dengan saling membantu melalui tutor sebaya, maka yang akan merasakan kesusesan lulus dari SMA 1 Pekalongan tidak hanya beberapa orang saja, namun satu angkatan kelas XII yang akan merasa bangga sekaligus bahagian karena bisa saling menolong dalam membantu orang lain sukses dan berhasil dalam kegiatan pembelajaran mereka.

Post a comment

0 Comments

close