Kiat-Kiat Menyesuaikan Diri di SMANSA

Hallo, New Kartinias ‼ Welcome to SMANSA!!

Kami ucapkan selamat datang dan selamat bergabung untuk kalian yang sudah berhasil  menjadi siswa baru di SMAN 1 Pekalongan ini. Sudah menjadi siswa SMANSA tentunya kalian juga harus mulai merubah pola pikir dan perilaku kalian untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan SMANSA.

Nah, untuk itu spesial nih kami tuliskan beberapa hal yang bisa dilakukan untuk kamu bisa menyesuaikan diri di SMANSA. Simak baik-baik, yaa.

  • Pahami sistem pembelajarannya

Sudah menjadi rahasia umum bahwa persaingan di SMANSA sangatlah ketat dan hanya orang-orang hebat saja yang dapat bersekolah di SMANSA. Untuk itu, kalian harus bisa menunjukkan bahwa kalian pantas menjadi siswa SMANSA dengan belajar yang giat dan apabila ada materi yang tidak kamu pahami, kamu bisa bertanya pada guru ataupun belajar bersama temanmu yang lebih memahami materi tersebut. Apalagi sekarang SMANSA sudah menerapkan SKS (Sistem Kredit Semester). Dengan adanya sistem tersebut bisa saja kamu lulus SMA lebih cepat atau lebih lama dari teman satu angkatan kamu.

  • Kenali peraturan sekolah

Jangan cuma kenali ya, tapi juga patuhi. Karena dengan mematuhi peraturan sekolah, kehidupan sekolahmu pun akan berjalan dengan lancar. Jangan coba-coba sengaja melanggar peraturan untuk mencari sensasi, yaa.

  • Tradisi 5S

Khusus di SMANSA ada yang namanya tradisi 5S(Senyum, Salam, Sapa, Sopan, dan Santun). Nah, tradisi ini harus diterapkan di semua kegiatan yang ada di sekolah. So, mulai biasakan dari sekarang ya.

  • Akrabkan diri dengan teman

Saat awal masuk sekolah sebagai siswa baru pasti hanya memiliki beberapa teman saja dan masih banyak siswa yang belum kalian kenal. Walau begitu, kamu bisa memanfaatkan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau MPLS untuk berkenalan dan mengobrol bersama dengan siswa yang lainnya karena memiliki koneksi yang luas di SMANSA itu sangat penting.

  • Jaga komunikasi dengan guru dan kakak kelas

Tentunya kalian harus mengenal guru yang akan mengajar kalian agar proses pembelajaran nantinya bisa lancar, tapi perlu diketahui bahwa berkomunikasi dengan guru tidak bisa disamakan dengan berkomunikasi dengan teman, karena bagaimanapun guru adalah orang yang lebih tua dan tentunya harus kita hormati. Begitu pula dengan kakak kelas, walaupun hanya lebih tua satu atau dua tahun kalian tetap harus menghormati mereka dan bersikap sopan pada mereka.

  • Atur waktumu dengan baik

Atur waktumu untuk belajar, beristirahat, bermain dan untuk ekskul/organisasi dengan baik agar tubuhmu terjaga dan tetap sehat. Untuk bisa bersekolah dengan baik dan lancar tentunya kamu harus memiliki tubuh yang sehat bugar, bukan?

  • Memilih ekskul dan organisasi

Di SMANSA ada banyak ekskul dan organisasi yang bisa kamu ikuti, tapi pastikan kamu memilih dan mengikuti ekskul/organisasi yang sesuai dengan minat dan bakatmu, yaa. Kamu bisa melihat di sini untuk tips dan trick memilih ekskul dan organisasi.

Itu beberapa tips dari kami untuk kalian, para siswa baru agar bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan SMANSA yang semoga bisa kalian terapkan dengan baik. Tetap semangat, terus tersenyum dan jangan lupa berdoa. Top of the Top, Best of the Best, YES! VIVA SMANSA!


Post a Comment

0 Comments

close