Pemilihan Ketua OSIS Dimasa Pandemi Covid-19

 

Pandemi covid-19 tidak menahan kegiatan pemilihan ketua OSIS SMAN 1 Pekalongan tahap IV periode 2021/2022, kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Rabu 18 Agustus 2021 secara online. Kegiatan ini sangat didukung dan diapresiasi oleh kepala sekolah SMAN 1 Pekalongan, Ibu Budi Hartati S.Pd.


Pemilihan ketua OSIS / Pilketos periode 2021/2022 kali ini dilakukan secara online, berdasarkan hasil musyawarah antara pengurus OSIS dan MPK masa bakti 2020/2021 karena masih dalam masa pandemi covid-19 Pilketos ini merupakan sarana edukasi kepada siswa sebagai calon pemilih, Cara berdemokrasi budaya yang baik dengan menggunakan hak  Pilih secara bertanggung jawab atas terjaganya kegiatan Pilketos.

 


Dalam kegiatan Pilketos secara online kali ini,  dijelaskan tentang persiapan dan kendala yang telah disampaikan oleh salah satu panitia MPK Kak Effia Devona P.G. Tentang persiapan yang  Disiapkan kakak panitia Pilketos dalam pelaksanaan tahap IV yaitu:

  1. Mempersiapkan beberapa ruangan yang akan kami gunakan dimana kami benar-benar ditata sedemikian rupa sesuai dengan kebutuhan sebelum berjalannya acara.
  2. Mempersiapkan panitia beserta penempatan dan joblistnya masing-masing.
  3. Briefing awal untuk mengulas kembali seluruh rangkaian yang akan dilaksanakan.
  4. Mempersiapkan ruang zoom meeting untuk pembina dan beberapa audiens yang hadir melalui daring.
  5. Menyiapkan media instagram untuk berlangsungnya acara melalui live streaming.                                     


Adapun kendala dalam mempersiapkan acara debat Pilketos kemarin yang akan disampaikan oleh  Kak Vona sebagai panitia acara debat Pilketos. “Perihal kendala pastinya di setiap acara ada, alhamdulillah nya pada acara Pilketos tahap IV ini kami sudah berusaha dan berhasil meminimalisir segala kemungkinan kendala yang terjadi dan segera menyelesaikan kendala secara cepat dan tepat”. Ujar Kak Vona.

Ditahapan Pilketos 2021/2022 setelah debat akan ada tahapan lagi yaitu orasi yang dilangsungkan dengan pemilihan melalui website yang telah disediakan. Setelah tahapan-tahapan dilakukan oleh caketos, maka saatnya para siswa SMAN 1 Pekalongan menggunakan hak suaranya untuk memilih salah satu calon ketua OSIS periode 2021/2022 dengan baik. 

“Lalu kesan kakak panitia setelah melihat debat para kandidat calon ketua OSIS periode 2021/2022.” Tanya kami. Ia mengatakan tentunya bangga sekali atas visi dan misi serta program kerja yang mereka sampaikan, sangat menginginkan sekali SMANSA menjadi sekolah unggul dan aktif dari sekolah lain. Mulai dari segi pembelajaran, segi keorganisasian, serta  siswa SMANSA yang berbeda dari yang  Lain. Ujar Kak Vona selaku panitia.

Setelah mewawancarai Kak Vona selaku panitia acara debat Pilketos, kami juga mewawancarai salah satu Kakak yang menjadi panitia acara orasi, yang dilakukan siang tadi. 

Kami menanyakan apa saja kegiatan yang dilakukan saat acara orasi berlangsung.  

“Kalau Orasinya saja meliputi pidato calon ketua OSIS yang menyampaikan visi misi dan Programnya.”  Jawab Kak Zalfa. 

 Pilketos tahap 5 ini meliputi:

      Sambutan Kepala Sekolah

      Sambutan Ketua Acara

      Pidato 3 Calon Ketua OSIS periode 2021/2022

      Tanya jawab Pembina kepada Calon Ketua OSIS

      Tanya jawab Ketua OSIS kepada Calon Ketua OSIS

      Tanya jawab Audiens kepada Calon Ketua OSIS.” Jelasnya.

Lalu persiapan yang telah disiapkan untuk Pilketos 2021/2022 yang disampaikan oleh kak Zalfa selaku panitia acara adalah:

  1. Referensi Pilketos tahun lalu
  2. Rencana
  3. Panitia
  4. Mekanisme
  5. Sarana dan Prasarana yang mendukung Pilketos tahun ini

“Partisipan di acara ini pastinya yang utama yaitu panitia dan calon Ketua OSIS. Partisipan yang lainnya itu seluruh warga SMANSA dan dari eksternal SMANSA juga ada,” Jawab Kak Zalfa.

  


Post a Comment

Previous Post Next Post
Hosting Unlimited Indonesia
Cloud Hosting Indonesia