Ramaikan HUT ke-76 RI, Smansa Sajikan Lomba Penuh Inovasi

Dalam situasi pandemi dan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) yang semakin diperpanjang ini, tidak menghalangi OSIS SMA N 1 Pekalongan untuk tetap menyelenggarakan kegiatan lomba dalam memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke- 76. Seperti tahun sebelumnya, tahun ini pun kegiatan lomba tersebut diadakan secara online atau jarak jauh dengan memanfaatkan Instagram, Tiktok, dan juga aplikasi Zoom. Tapi bukan berarti kegiatan-kegiatan yang diadakan sama seperti tahun kemarin. 

Pada tahun ini, OSIS SMA 1 Pekalongan membawakan kegiatan yang penuh inovasi baru dibandingkan tahun sebelumnya. Melalui tema “Pandang Negeriku, Jelajah Bumi Pertiwiku” OSIS SMA N 1 Pekalongan berharap agar kita para pemuda bangsa dapat lebih mengenal dan merawat negeri kita tercinta serta dapat terus mengobarkan semangat nasionalis, dan tak lupa terus menggetarkan jiwa patriotis dalam diri agar Indonesia menjadi lebih maju dan harmonis.

glints.comsumber : glints.com

Beberapa lomba yang diadakan pada tahun ini, antara lain :

Cloud Hosting Indonesia

  1. Hias Masker Kemerdekaan. Lomba ini diikuti oleh satu perwakilan dari setiap kelas di SMA 1 Pekalongan, dalam lomba ini peserta diminta untuk menghias masker dengan tema “Kemerdekaan Indonesia” sekreatif mungkin. Lomba ini dapat berarti bahwa, walaupun dalam situasi pandemi yang mengharuskan kita selalu mengenakan masker, tidak menghalangi para pemuda bangsa untuk terus mengembangkan kekreatifitasan dalam dirinya. 
  2. Cerdas Tangkap. Lomba ini merupakan salah satu bentuk inovasi baru dari panitia acara yang baru ada di tahun 2021 ini. Lomba yang mengasah pengetahuan umum dan sejarah Indonesia para siswa ini dilaksanakan melalui aplikasi zoom dan memiliki beberapa tahapan, yaitu tahan penyisihan, tahap semi final dan tahap final. 
  3. Cosplay Pahlawan Perjuangan. Lomba ini juga diikuti oleh satu perwakilan dari setiap kelas, dalam lomba ini peserta akan berdandan semirip mungkin dengan salah satu pahlawan perjuangan. Tentunya bukan hanya sekedar berdandan, dengan adanya lomba ini para peserta juga dapat mengenal lebih dalam karakter para pahlawan perjuangan yang dulunya berjuang keras dalam mencapai kemerdekaan Indonesia. Diharap para peserta dan siswa lain dapat terus mengenang para pahlawan dan meneladani sifat-sifat kepahlawanan para tokoh tersebut. 
  4. Twibbon Kemerdekaan. Inovasi baru lainnya dari para panitia adalah lomba Twibbon Kemerdekaan ini. Dengan menggunakan internet dan media sosial para peserta diminta untuk mendesain twibbon sekreatif mungkin dan menyebarkannya di media sosial kelas masing masing sehingga rasa nasionalisme dan patriotisme yang terkandung dalam twibbon yang dibuat dapat tersebar ke seluruh penjuru negeri. 

Cloud Hosting Indonesia

Tentunya kegiatan ini tidak berjalan lancar dari awal, ada beberapa kendala yang terjadi pada saat persiapan acara ini, seperti kendala dalam berkomunikasi yang harus dilaksanakan secara online mengingat situasi PPKM saat ini, tapi alhamdulillah kendala tersebut dapat ditangani oleh para panitia dengan baik.

Harapan para panitia untuk acara 17-an tahun ini yaitu semoga acara tahun ini dapat selesai dengan banyaknya antusiasme dari warga SMANSA dan tanpa kendala lainnya, dan juga semoga acara 17-an tahun depan dapat dijalankan adik-adik kami dengan beberapa inovasi yang berbeda dan mungkin dapat dijalankan secara offline.


Post a Comment

Previous Post Next Post
Hosting Unlimited Indonesia
Cloud Hosting Indonesia