Pelaksanaan Gladi Bersih ANBK

 

Sudah hampir 2 tahun masa pandemi Covid-19 yang melanda diseluruh dunia telah mengubah sistem kehidupan manusia di segala bidang, termasuk dalam bidang pendidikan. Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) menjadi solusi untuk para siswa dan guru untuk tetap belajar meskipun di rumah, tetapi baru kemarin saja SMA N 1 Pekalongan melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pada tanggal 1 September 2021 hingga 14 September 2021 dan tanggal 6 September 2021 SMA N 1 Pekalongan melaksanakan kegiatan gladi bersih ANBK.

ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer) adalah program evaluasi yg diselenggarakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret inp, proses, dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.


Tujuan dari AKM yakni mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) murid. AN perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan, asesmen ini dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas belajar mengajar yang akan meningkatkan hasil belajar murid.

Gladi bersih ANBK dilaksanakan mulai tanggal 27-30 September yang bertempatkan di laboratorium komputer SMA N 1 Pekalongan. Gladi Bersih ANBK tidak diikuti oleh seluruh siswa SMANSA, namun hanya 45 siswa kelas XI. 45 siswa tersebut dipilih secara acak oleh Kementrian. Tidak hanya murid saja yang mengikuti ANBK kepala sekolah dan guru juga mengikuti kegiatan tersebut.

Ada beberapa kendala saat gladi bersih seperti server atau jaringan yang sering error, dikarenakan pelaksanaanya secara serempak seluruh Indonesia dan baru pertama kali ada di tahun ini, dan syukurnya bisa teratasi dengan baik.


Post a Comment

Previous Post Next Post
Hosting Unlimited Indonesia
Cloud Hosting Indonesia