Pererat Solidaritas, Tiga Organisasi adakan Latihan Gabungan

 


Selasa(16/11/2021), organisasi Gamaraka, Wanalana, dan PMR berhasil mengadakan latihan gabungan dengan tema Unity of the nation's youth to create the solidarity of young souls, yang mengandung makna persatuan antara tiga organisasi siswa untuk menciptakan solidaritas bagi generasi penerusnya.

Tujuan dari latihan gabungan ini sesuai dengan tema kegiatannya, yaitu mempererat solidaritas antar peserta, serta menambah pengetahuan dan pengalaman bagi peserta yang terlibat. Tidak semua anggota dari masing-masing organisasi mengikuti latihan gabungan ini, masing-masing organisasi hanya mengirimkan 15 perwakilannya. Selain perwakilan dari masing-masing organisasinya, hadir pula pembina dari masing-masing organisasi dan kepala sekolah untuk mendampingi kegiatan latihan gabungan yang diadakan mulai pukul 11.40 sampai 17.00 WIB di SKS (Sanggar Kegiatan Siswa) SMA Negeri 1 Pekalongan.




Kegiatan latihan gabungan ini dibuka dengan sambutan dari kepala SMA Negeri 1 Pekalongan, Ibu Budi Hartati, M.Pd dilanjutkan dengan pemberian materi oleh setiap organisasi, yaitu materi kompas dari Wanalana, materi pertolongan pertama dari PMR, dan materi tentang dragbar dari Gamaraka. Setelah itu ada break untuk sholat ashar, kemudian kegiatan dilanjutkan dengan praktik secara langsung oleh peserta yang dibagi menjadi 9 kelompok. Kesembilan kelompok itu nantinya akan mempraktikkan tiga materi yang sudah diajarkan pada pos-pos yang sudah ditentukan. Kegiatan berakhir dengan pengumuman kelompok terbaik serta penutupan dan sesi foto bersama.

"Untuk persiapan kegiatan ini, tentunya sama seperti acara-acara lainnya, ada materi, sarana prasarana, administrasi dan izin, serta konsumsi. Untuk pesertanya juga ada penugasan baik penugasan individu maupun penugasan kelompok,"tutur Kamilah Kusuma, yang menjabat sebagai wakil ketua dari kegiatan latihan gabungan ini.

Pada tahun sebelumnya, kegiatan latihan gabungan ini tidak dapat dilaksanakan karena adanya pandemi Covid-19 yang baru melonjak yang tidak memungkinkan untuk mengumpulkan banyak orang dalam suatu kegiatan. Sehingga, tahun ini ketiga organisasi memutuskan untuk mengaktifkan kembali kegiatan ini agar tidak padam.
Panitia juga berharap agar kegiatan latihan gabungan akan terus berlanjut untuk tahun-tahun kedepannya dengan kuota peserta yang lebih banyak dan kegiatannya yang lebih kreatif dan inovatif dengan menonjolkan ciri khas dari masing-masing organisasi, serta dapat mengemas kegiatan dalam bentuk games agar peserta lebih antusias.


Narasumber :
1. M. Ivan Sofyan (ketua acara Latihan Gabungan)
2. Kamilah Kusuma Maharani (wakil ketua acara Latihan Gabungan)





Post a Comment

Previous Post Next Post
Hosting Unlimited Indonesia
Cloud Hosting Indonesia