Ini Istilah-Istilah Penting UTBK, Kartinians Harus Tahu!


UTBK-SBMPTN 2022 sebentar lagi nih yee! Apakah Kartinians tahu kapan ujian itu dilaksanakan? Berdasarkan informasi yang didapat, UTBK-SBMPTN gelombang pertama akan dimulai pada 17-23 Mei 2022 mendatang. Sementara UTBK SBMPTN 2022 gelombang kedua akan digelar pada 28 Mei - 3 Juni 2022. 


Sesuai yang diajarkan oleh guru BK kalian, Kartinians pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah SNMPTN, SBMPTN, UTBK, dan lainnya. Nah, kali ini kami akan mengajak kalian untuk tahu istilah-istilah penting dalam UTBK. Apa saja ya kira-kira? Mari kita cek yuk!




Sumber: iStockphoto


1. SBMPTN: Kepanjangan SBMPTN adalah Seleksi  Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. SBMPTN adalah program seleksi masuk perguruan tinggi yang dilakukan serentak secara nasional. Pelaksanaan SBMPTN dilakukan setelah pengumuman SNMPTN melalui tes UTBK.

2. UTBK: UTBK adalah singkatan dari Ujian Tulis Berbasis Komputer. Ujian ini wajib diikuti oleh peserta SBMPTN dan menjadi kriteria penilaian utama penentu lolos SBMPTN.

3. TPS: Tes Potensi Skolastik

4. TPA:  Tes  Potensi Akademik, dibagi menjadi saintek, soshum, dan campuran.

5. LTMPT:  Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi. LTMPT merupakan lembaga pemerintahan yang memfasilitasi semua proses penerimaan mahasiswa ke perguruan tinggi mulai dari pendaftaraan hingga pengumuman penerimaan siswa.

6.  Passing grade: passing grade menjadi istilah yang digunakan untuk menggambarkan persentase prediksi batas nilai suatu program studi. Persentase nilai tersebut bisa berubah-ubah setiap tahunnya, tergantung jumlah peminat dan skor peserta yang mendaftar di jurusan tersebut. Selain berupa persentase, passing grade juga sering berbentuk skor minimal UTBK untuk diterima di suatu program studi.

7. Daya tampung: Istilah untuk menggambarkan jumlah kursi yang tersedia pada setiap jurusan. Istilah ini juga sering diartikan sebagai jumlah peserta yang akan diterima di suatu jurusan.

8.  Persaingan: gambaran persaingan masuk suatu perguruan tinggi dan atau program studi. Persaingan bisa dilihat dari banyaknya jumlah pendaftar dan jumlah yang diterima.


Itulah istilah-istilah penting dalam UTBK, Kartinians. Kartinians suka nggak nih dengan pembahasan kuliah kayak gini? Atau, ada yang ingin ditanyakan? Isi di kolom komen ya!


Sampai jumpa, Kartinians!




Sumber: ladiseducation.com




Post a Comment

Previous Post Next Post
Whats-App-Image-2021-12-09-at-2-11-16-PM
Whats-App-Image-2021-12-09-at-2-11-16-PM-1 ssssffsfsfs