Kalian Harus Tahu! Program Didik Baru di UGM Yang Prospek Kerjanya Nggak Main-main

Pasti kalian semua udah tahu kan UGM atau Universitas Gadjah Mada yang termasuk salah satu Universitas unggulan Indonesia. UGM sendiri berlokasi di Bulaksumur, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. UGM memiliki 18 fakultas dan 2 sekolah yang menyelenggarakan program sarjana, pascasarjana, profesi, spesialis, diploma, serta program internasional.


Universitas Gadjah Mada (UGM) membuka jurusan atau program studi (prodi) baru pada yang launching pada Mei 2021. Jurusan baru itu adalah Teknik Infrastruktur Lingkungan (TIL) yang berada di bawah naungan Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan Fakultas Teknik UGM.


Jurusan TIL memiliki beban minimal 144 SKS yang ditempuh dalam delapan semester. Ada 10 bidang kajian dalam kurikulumnya, yakni, sains dasar, nilai ke-UGM-an, teori dasar TIL, perencanaan dan perancangan, sistem sanitasi lingkungan, pemodelan, infrastruktur sipil lingkungan, kearifan lokal dan isu global, keilmuan lintas prodi, dan penelitian.


Kualifikasi lulusan prodi TIL UGM adalah sarjana atau setara dengan bachelor dalam bidang Teknik Infrastruktur Lingkungan. Beberapa bidang yang menjadi kompetensinya adalah pengolahan air minum, air limbah, persampahan, drainase, maupun pengendalian pencemaran udara dan pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan.


Dikutip dari situs Fakultas Teknik UGM, prodi TIL lahir memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia. Misal memenuhi akses 100% akses air minum-0% luas kawasan kumuh perkotaan - 100% akses sanitasi.

"Selain itu, kebutuhan lulusan bidang infrastruktur lingkungan masih sangat tinggi padahal prodinya terbatas. Artinya kebutuhan SDB di bidan ini akan terus meningkat,"


Faisal Fathani mengungkapkan lulusan jurusan ini bisa menjadi tenaga ahli di bidang pengendalian pencemaran lingkungan, konsultan, kontraktor, peneliti, guru atau dosen, pegawai pemerintah, di perusahaan instansi swasta atau pemerintah terutama di Kementerian PUPR dan KLHK, LSM dalam bidang lingkungan, LIPI.

Post a Comment

Previous Post Next Post
Whats-App-Image-2021-12-09-at-2-11-16-PM
Whats-App-Image-2021-12-09-at-2-11-16-PM-1 ssssffsfsfs