Bingung Memilih Kegiatan Organisasi atau Ekstrakurikuler? Berikut Tipsnya!

 Halo Kartinians baru!


Bagaimana nih, sudah mulai mengenal lingkungan SMANSA? Kegiatan MPLS 2022 ini pastinya akan membuat kalian mengenal lingkungan sekolah lebih jauh. Pada hari ketiga MPLS, kalian akan mengikuti kegiatan KOD (Kartini Organization Day). KOD merupakan sebuah acara dimana semua organisasi dan ekstrakurikuler akan mempromosikan kehebatan mereka yang akan membuat kalian tertarik untuk bergabung dengan organisasi atau ekstrakurikuler masing-masing yang mereka bawakan.




Sebelumnya, kalian mungkin sudah tau bahwa salah satu peraturan di SMANSA mewajibkan kalian untuk mengikuti minimal 1 ekstrakurikuler atau organisasi, selain ekstrakurikuler wajib bagi kelas 10. Ekstrakurikuler wajib bagi kelas 10 adalah pramuka. Maka, kalian harus memilih 1 ekstrakurikuler lain selain pramuka.


Di SMANSA, ada lebih dari 15 ekstrakurikuler. Banyak sekali, kan? Mungkin bagi kalian masih banyak yang bingung dalam memilih organisasi atau ekstrakurikuler. Maka dari itu, disini kami akan memberikan beberapa tips memilih ekstrakurikuler atau organisasi. Disimak baik-baik, ya!


1. 1. Pilih sesuai minat, bakat, hobi, dan kemampuan 

Ini merupakan poin penting yang harus kalian cermati. Tanpa adanya minat dan bakat, kalian akan merasa bosan dan tidak bisa aktif berpartisipasi di ekstrakurikuler atau organisasi tersebut. Dan jangan sampai kalian merasa terbebani atau bahkan merasa tersiksa karena harus menjalaninya.


 Sesuaikan juga dengan hobi kalian. Misalnya, hobi kalian menulis, memotret, atau menggambar, kalian akan cocok bergabung di ekskul Jurnalistik. Lalu, bagi kalian yang suka menonton anime dan tertarik pada Bahasa Jepang maupun budayanya, bisa banget bergabung di ekskul Shinobu.


 Bagi yang memiliki minat dan bakat di bidang olahraga bisa mengikuti ekskul keolahragaan, di SMANSA ada banyak ekskul keolahragaan, loh! Dan bagi yang berminat pada bidang keagamaan bisa ikut ekskul keagamaan seperti Rama SMANSA.


2. Jangan memilih banyak ekstrakurikuler!

Setiap ekskul memiliki program kerja yang tentu akan mengorbankan waktu, biaya, dan tenaga. Setiap anggota tentu memiliki kewajiban untuk berpartisipasi aktif dalam ekskul. Kalian cukup memilih satu ekskul saja yang kalian minati selain ekskul Pramuka, jika memang kalian bersedia dan siap mungkin bisa memilih lebih dari satu. Tetapi jangan sampai kalian kewalahan dengan pilihan kalian.


3. Jangan pilih ekstrakurikuler hanya karena ikut teman!

Ini nih, yang harus banget kalian hindari. Bakat minat setiap orang berbeda-beda. Jangan sampai di pertengahan semester, kalian menyesal dengan pilihan kalian karena memilih ekskul yang tidak sesuai dengan bakat dan minat. Seperti pada poin pertama, jika tidak sesuai dengan bakat dan minat, kalian bisa merasa bosan sehingga tidak berpartisipasi aktif dalam ekskul tersebut. Jangan seperti itu, ya!


4. Jangan pilih ekstrakurikuler yang  bentrok dengan aktivitas lain!

Kalian boleh memilih ekstrakurikuler lebih dari satu, tetapi kalian tidak diperkenankan memilih ekskul yang jadwalnya sama. Selain itu, pastikan juga kalian tidak ada kegiatan les di luar sekolah pada hari yang sama. Hal itu pastinya akan membuat kalian lelah dan harus ada salah satu yang dikorbankan.


Nah, itu tadi 4 tips yang perlu dipertimbangkan dalam memilih ekskul. Sekali lagi, pilih sesuai keinginan kalian, ya. Dan jangan lupa gabung Jurnalistik!






 




Post a Comment

Previous Post Next Post
Whats-App-Image-2021-12-09-at-2-11-16-PM
Whats-App-Image-2021-12-09-at-2-11-16-PM-1 ssssffsfsfs