Siswa Baru Harus Baca! Cara Adaptasi di SMANSA!!

Hai New kartinians!!! Welcome to SMANSA!!

Selamat datang dan selamat bergabung bagi kalian yang secara resmi telah menjadi siswa baru di SMA Negeri 1 kota Pekalongan. Memasuki era New Normal dan bergulirnya tahun ajaran baru dimulai pada bulan Juli. SMANSA mulai menetapkan sistem Sekolah Penggerak dan full day school. Nah, pasti sebagian dari kalian yang sudah terbiasa dengan pelajaran daring menganggap bahwa sistem pembelajaran tersebut tergolong rumit, bukan? 




Dengan adanya sistem pembelajaran yang baru ini, tentu saja kalian harus bisa beradaptasi dengan merubah pola pikir dan perilaku kalian untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan SMANSA. Berikut adalah poin-poin adaptasi yang perlu diketahui dan dilakukan untuk siswa baru.


Ketahui Sistem Pembelajarannya

Sistem pembelajaran tahun 2022/2023 ini tentu saja berbeda dengan sistem pembelajaran secara daring tahun sebelumnya. Untuk itu, Penting dan perlu kalian perhatikan yaitu mengetahui sistem pembelajaran sekolah. Dengan mengetahui sistem pembelajaran sekolah dapat memudahkan kalian untuk meningkatkan nilai akademik dan mampu menyesuaikan kebiasaan kalian dengan keadaan sekolah.


• Mengenali peraturan sekolah

Setiap sekolah pasti mempunyai peraturan yang  berbeda satu dengan lainnya. Tetapi isinya sama saja mencerminkan nilai-nilai yang positif dan tidak ada nilai negatif di dalamnya. Maka dari itu kalian harus mematuhi setiap peraturan yang berlaku. Jangan coba-coba sengaja melanggar yaa.


• Menerapkan tradisi 5S

Kalian pasti sudah tahu bukan bahwa di SMANSA sendiri menerapkan sistem 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun). Nah, tradisi ini tentu saja harus diterapkan baik disekolah maupun diluar

sekolah.


Komunikasi dengan guru dan kakak kelas

Pada saat Upacara pembukaan masa pengenalan lingkungan sekolah disebutkan lebih dari 30 guru yang mengajar di SMA Negeri 1 Pekalongan agar kalian sebagai siswa baru dapat mengenal guru yang akan mengajarkan kalian supaya proses pembelajaran nantinya bisa lancar. Berkomunikasi dengan guru tidaklah sama dengan berkomunikasi dengan teman karena Guru itu seperti orang tua kita di sekolah sehingga patut untuk dihormati begitupun dengan kakak kelas meskipun selisih beberapa tahun saja dengan kalian, tapi kalian harus tetap menghormati dan sopan kepada mereka.


Mengakrabkan diri dengan teman

Kamu bisa memanfaatkan 3 hari  MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) untuk berkenalan dan mengobrol serta bercanda gurau dengan siswa baru yang lainnya. Karena pastinya saat awal masuk sekolah sebagai siswa baru SMA Negeri 1 Kota Pekalongan kalian hanya memiliki beberapa teman saja entah itu dari teman SMP SD ataupun pendidikan sebelumnya.


•Memilih ekskul dan Organisasi 

Tahukah kalian bahwa kegiatan ekskul dan organisasi disekolah memberikan banyak manfaat penting, yaitu dapat menjadi sarana mengasah bakat dan minat, tempat belajar berorganisasi dan melatih kerja sama. Di SMANSA sendiri ada banyak ekskul dan organisasi yang bisa kalian ikuti.


Nah, Itulah beberapa poin dari kami untuk kalian para siswa baru sebagai modal kalian agar bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan SMANSA. Tetap semangat menjalani aktivitas. Jangan lupa tersenyum dan berdoa. See you!!! 


Post a Comment

Previous Post Next Post
Whats-App-Image-2021-12-09-at-2-11-16-PM
Whats-App-Image-2021-12-09-at-2-11-16-PM-1 ssssffsfsfs