Semarak Kartinians Pitulasan Gemakan Kemerdekaan

 Hallo Kartinians! Semarak kemerdekaan masih menggema dalam jiwa. Segala kalangan turut serta ramaikan seruan merdeka, tak terkecuali SMA Negeri 1 Pekalongan. Setelah 2 tahun diharuskan vakum akibat adanya pandemi Covid-19, kini kembali bangkit dengan semangat yang membara. Semarak #KartiniansPitulasan membawa kehangatan bagi seluruh warga SMANSA. Guru dan siswa berpadu dalam lomba-lomba yang diselenggarakan oleh pengurus OSIS SMA Negeri 1 Pekalongan. Nah, berikut kami informasikan lebih lanjut dari narasumber yaitu kak Kristintania Aqila Rahmadani 11 MIPA 5, selaku wakil ketua panitia Kartinian Pitulasan.


Kartinians Pitulasan diselenggarakan dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Indonesia. Kartinians Pitulasan diramaikan dengan kegiatan perlombaan yang ditujukan untuk mempererat hubungan antara siswa dan guru di SMA Negeri 1 Pekalongan. Perlombaan diawali dengan kegiatan volly funmatch, perlombaan antar guru, voli air, kemudian ditutup dengan lomba estafet antara siswa dan guru.




Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 18 Agustus 2022, pukul 09.30 hingga 16.00 WIB. Lomba voli air, voli funmatch, serta estafet dilaksanakan di lapangan upacara SMA N 1 Pekalongan, sedangkan untuk lomba menggambar dan mewarnai dilaksanakan di aula.



Kegiatan Kartinians Pitulasan melibatkan hampir seluruh warga SMANSA, yaitu pengurus OSIS sebagai panitia acara, perwakilan kelas dan para guru sebagai peserta.


Kegiatan diawali dengan permainan voli funmatch yang melagakan guru dan siswa. Selain itu, voli funmatch melagakan pertarungan angkatan dari angkatan KIS'23 hingga KIS'25. Pembukaan berlangsung tanpa kendala sehingga perlombaan dapat dimulai. Dimulainya kegiatan dengan perlombaan guru terlebih dahulu berupa estafet sarung dan estafet tepung. Melagakan 2 kelompok guru wanita dan dua kelompok guru pria. Saat itu suasana terbangun asyik dan Audiens juga terhibur.


Dilanjutnya perlombaan siswa, yaitu voli air dan menggambar yang dilaksanakan secara bersamaan pada tempat yang berbeda. Perlombaan voli air berlangsung di lapangan, sedangkan lomba menggambar berlangsung di aula sekolah. Selanjutnya kegiatan perlombaan diakhiri dengan Estafet. Estafet ini berupa serangkaian perlombaan yang dimulai dengan estafet kelereng, balap unyil, makan kerupuk, dan pentung air. Estafet berlangsung hingga sore hari.






Adapun kendala yang terjadi pada acara Kartinians pitulasan yaitu adanya kesalahan dalam memprediksi waktu yang dibutuhkan pada saat menyusun acara tersebut dan keterlambatan pengumpulan data para peserta lomba. Namun, pada akhirnya acara ini dapat terlaksana dengan lancar dengan kerjasama yang baik diantara para pengurus OSIS.


Meskipun terjadi sedikit kendala, kegiatan masih bisa berlangsung dengan lancar sesuai dengan harapan. Dengan adanya kartinians pitulasan, suasana nan meriah tercipta di tengah-tengah keseruan kemerdekaan. Seluruh anggota keluarga SMA Negeri 1 Pekalongan merasa terhibur. Begitu juga para panitia kegiatan Kartinians Pitulasan ini.


Kesan dan pesan Aqila Ramadhani selaku wakil ketua penyelenggara acara Kartinians Pitulasan sebagai berikut.


"Saya sendiri sangat bahagia dalam acara ini, jujur ini pertama kali saya menjadi BPH, dan saya sudah cukup puas."


Demikian informasi tentang kartinians pitulasan yang diadakan di SMANSA pada tahun ini yang dilaksanakan dengan harapan agar murid-murid dapat menghargai kebersamaan dan belajar untuk bekerjasama.


Narasumber: Aqila Ramadhani


Post a Comment

Previous Post Next Post
Whats-App-Image-2021-12-09-at-2-11-16-PM
Whats-App-Image-2021-12-09-at-2-11-16-PM-1 ssssffsfsfs