SUDAH LAMA TIADA SEKARANG ADA LAGI! PAGELARAN SMANSA HADIR LAGI!

 

  Pagelaran Karya Kartinians atau disingkat PaKarNians adalah sebuah acara yang diselenggarakan oleh SMA Negeri 1 Pekalongan untuk penilaian mata pelajaran seni budaya. Acara ini menampilkan karya seni tari dari seluruh kelas X dan karya seni musik dari kelas XI. Acara yang sudah lama ditiadakan karena adanya pandemi dan baru diadakan lagi tahun ini serta tahun-tahun berikutnya. 


 Acara yang dilaksanakan hari senin, tanggal 8 Mei 2023 ini menjadi salah satu acara besar SMANSA karena seluruh siswa kelas X dan XI ikut berpartisipasi dalam acara ini. Penampilan tari dari macam daerah ditampilkan seperti kelompok 2 X Kartini 1 yang menampilkan tari Jawa dan dilanjutkan tari India membuat terkejut para penonton. Tari topeng dari kelompok 1 X Kartini 1 juga sangat mengagumkan. X Kartini 2 kelompok 1 yang mengangkat tari Sintren juga memukau. Tari Perang Percintaan Majapahit dari kelompok 1 X Kartini 8 juga tari lain yang mengangkat tema kerajaan juga ditampilkan. Selain, tema kerajaan ada tari dengan tema Nasionalis dan Rakyat yang juga ikut dihadirkan.



 Kelas XI yang memakai alat-alat musik sederhana sebagai iringan lagu. Berbagai macam lagu ditampilkan dengan alat-alat yang dibuat sendiri. Acara ini juga menghadirkan Guru-guru MGMP dari sekolah-sekolah lain di Pekalongan. Juga para wali murid SMA Negeri 1 Pekalongan. 

 Pagelaran ini dimulai dari pukul setengah delapan dengan penampilan awal dari empat kelompok seni musik dan dilanjutkan empat kelompok seni tari. Flashmob dari peserta P5 atau Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila kelas X ini juga ditampilkan di tengah-tengah acara pagelaran ini. 

 Tak hanya penampilan tari dan musik. Acara ini juga mengadakan bazar siswa-siswi kelas XI untuk penilaian mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan. Berbagai macam makanan dan minuman disediakan dan dijual oleh siswa-siswi kelas XI. 


 Kendala yang dihadapi acara ini adalah terlalu sempitnya waktu yang diberikan oleh sekolah. Acara yang harus selesai sebelum pukul lima sore sedangkan kelompok penampil yang sangat banyak dan harus tampil hari itu juga. Selain itu, kendala dari acara ini juga berubah-ubahnya waktu yang ditentukan. Tapi, kendala-kendala itu dapat diatasi dan acara berlangsung dengan lancar. 


Narasumber : 
Laksmana Danendra Adinata, selalu Wakil Ketua Acara PaKarNians


Post a Comment

Previous Post Next Post
iklan-728
iklan-728