Motivasi Sebelum Ujian, CYOF Kembali Diadakan

Tahun ini kembali dilaksanakan acara CYOF atau Create Your Own Future, setelah 2 tahun lalu ditiadakan. Acara CYOF ini dilaksanakan pada tanggal 5-6 Maret 2023 di Gedung Jlamprang, Setda Kota Pekalongan. Penyelenggara acara CYOF ini adalah Ir. H. Heppy Trenggono selaku alumni SMANSA. Acara ini diikuti oleh sekitar 300 siswa kelas XII. Diharapkan dari acara ini kakak-kakak kelas XII dapat lebih memantapkan tujuan dan impiannya ke depan.

 



Acara ini dibawakan oleh presenter yang baru saja meraih Anugerah Penyiaran KPI D Jawa Tengah 2022 kategori presenter televisi wanita terbaik, Kak Farah Farhat yang juga alumni Smansa. Kak Farah juga menceritakan begitu berartinya acara CYOF ini, karena Kak Farah pernah menuliskan dan menyampaikan cita-citanya menjadi presenter di acara ini, dan cita-cita itu kini telah tercapai. Di hari pertama pelaksanaan hadir Bapak Azmi Basyir, S.T., M.Sc. (Ketua DPRD Pekalongan) untuk menyampaikan sambutan, motivasi, dan berbagi cerita semasa mengenyam pendidikan hingga kuliah di luar negeri dengan beasiswa. Bapak Azmi yang merupakan alumni Smansa tahun 2008 menyampaikan kepada adik-adiknya “Jangan pernah sedikitpun merasa ragu dan takut untuk mendaftar ke perguruan tinggi yang diimpikan.” 


Acara kemudian dilanjutkan dengan motivasi dari sang penggagas yaitu Bapak Heppy Trenggono. Beliau mengawali dengan menceritakan sejarah diadakannya CYOF, yaitu pada tahun 2006, ada seorang guru dari SMANSA yang meminta Pak Heppy Trenggono untuk memberikan motivasi kepada para murid kelas XII yang akan melaksanakan Ujian Nasional. Selain itu, masih banyak pula siswa kelas XII yang masih bingung dan ragu utuk menentukan tujuan hidupnya. Beliau juga bercerita bahwa salah satu alumni SMA Negeri 1 Pekalongan yang pernah mengikuti CYOF kini telah menjadi ajudan dari Presiden Republik Indonesia, Bapak Joko Widodo, yaitu Matsony Misturi. Pak Heppy Trenggono juga berharap semoga kelak semua siswa kelas XII yang sekarang mengikuti CYOF kelak bisa sukses dan meraih cita-cita mereka seperti halnya Matsony dan juga alumni CYOF yang telah banyak masuk ke dunia kerja.




Ada beberapa hal yang cukup spesial pada CYOF tahun ini. Baik peserta maupun panitia, tidak cukup banyak mengetahui tentang acara ini. Selain karena acara ini ditiadakan selama 2 tahun lalu karena pandemi Covid-19, Pak Heppy juga menginginkan agar acara ini menjadi kejutan bagi murid-murid kelas XII. Rangkaian acara hari pertama dimulai dengan registrasi sekaligus menempel cita-cita para peserta pada gambar pohon harapan, dilanjutkan dengan flashmob untuk membakar semangat, pembukaan, penampilan tari tradisional, sambutan-sambutan, permainan, dan penyampaian materi-materi oleh Tim Balimuda. 


Penulis : Elfa 

Editor : Pak Umar 

Post a Comment

Previous Post Next Post
iklan-728
iklan-728