Yuk, Kenali 6 Langkah Jitu Untuk Memilih Ekstrakurikulermu!!

Selamat datang, Kartinians Muda! Apakah kamu sudah memilih ekstrakurikuler yang akan kamu ikuti?

Selama berada di lingkungan sekolah, terlibat dalam kegiatan ekstrakurikuler adalah cara yang tepat untuk mengembangkan minat, bakat, dan keterampilan di luar ruang kelas. Ekstrakurikuler menawarkan peluang untuk belajar hal-hal baru, berinteraksi dengan rekan-rekan dan kakak kelas, serta meningkatkan pengalaman sosial dan kepemimpinan. Namun, dengan begitu banyak pilihan yang tersedia, memilih ekstrakurikuler yang tepat bisa menjadi tugas yang menantang. Berikut adalah beberapa tips untuk membantumu memilih ekstrakurikuler yang sesuai dengan minat dan kebutuhanmu!

  • Pertama, Identifikasi minat dan bakatmu!

Mulailah kenali minat dan bakat yang kamu miliki. Tanyakan pada dirimu sendiri, hal apa yang benar-benar kamu sukai. Apakah kamu tertarik pada seni, olahraga, musik, debat, atau sains? Identifikasi bidang yang menarik bagi dirimu dan gunakanlah sebagai dasar untuk memilih ekstrakurikuler yang tepat. Apabila kamu memiliki ketertarikan dengan bidang tulis-menulis atau desain, maka bergabung dengan ekstrakurikuler Jurnalistik merupakan pilihan yang sangat tepat!

  • Pertimbangkan jadwal dan ketersediaan waktu

Ketahui jadwalmu dengan baik dan pertimbangkan ketersediaan waktumu untuk berpartisipasi dalam ekstrakurikuler. Pastikan kamu dapat meluangkan waktu yang cukup untuk kegiatan tersebut tanpa mengabaikan tugas sekolah atau kegiatan lainnya. Jika kamu memiliki jadwal yang padat, pilihlah ekstrakurikuler yang memiliki waktu fleksibel atau pilihlah ekstrakurikuler yang dapat disesuaikan dengan jadwalmu.

 

Nah, berikut jadwal ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Pekalongan :

Senin : PASSUSBRA, PMR, Smansazone
Selasa : Jurnalistik, Wanalana, Shinobu, Basket
Rabu : English Club, RaMa, Betadance
Kamis : CC, Voli, MICS, KIR, Badminton
Jumat : Pramuka (wajib)

 

  • Pertimbangkan tujuan dan kebutuhan masa depan

Pikirkan tentang tujuanmu di masa depan dan pertimbangkan bagaimana ekstrakurikuler yang dapat kamu pilih untuk membantumu mencapai tujuan tersebut. Jika kamu bermimpi menjadi atlet profesional, maka terlibat dalam ekstrakurikuler olahraga seperti voli, basket, bulu tangkis, atau taekwondo mungkin menjadi pilihan yang tepat. Namun, jika kamu memiliki minat dan tujuan yang jelas dalam bidang ilmiah, ikut serta dalam ekstrakurikuler KIR dapat membantu mengembangkan pengetahuan dan keterampilan yang relevan dengan tujuanmu.

  • Jelajahilah pilihan ekstrakurikuler yang tersedia di SMA Negeri 1 Pekalongan

Pada tanggal 20 Juli mendatang, SMA Negeri 1 Pekalongan akan mengadakan kegiatan KOD, atau Kartini Organization Day. Dalam kegiatan tersebut, kalian dapat berkeliling untuk memilih ekstrakurikuler yang tepat untukmu! Dalam ajang ini, kamu dapat bertanya langsung dengan kakak-kakak dari masing-masing ekstrakurikuler dan organisasi, yang tentunya akan memantapkan pilihanmu dalam mencari ekstrakurikuler yang tepat.

 

  • Mintalah pendapat dari orang terdekat 

Kamu dapat mendiskusikan pilihan ekstrakurikulermu dengan orang tua, guru, atau kakak kelasmu. Mereka dapat memberikan saran dan panduan berdasarkan pengalaman mereka. Mereka juga dapat membantumu untuk memilih ekstrakurikuler yang sesuai dengan minat dan kebutuhanmu.
  • Tetap terbuka terhadap pengalaman baru
Ingatlah bahwa ekstrakurikuler adalah kesempatan untuk bereksperimen dan belajar hal-hal baru. Jangan takut untuk mencoba sesuatu yang belum pernah kamu coba sebelumnya. Hal ini tentu dapat membantumu untuk menemukan minat dan bakat baru yang belum kamu sadari sebelumnya.


Adapun di bawah ini daftar organisasi dan ekstrakurikuler di SMANSA. Jika kalian ingin bertanya terkait masing-masing organisasi dan ekstrakurikuler, silahkan bisa DM IG mereka.

OSIS : @osis.smansa
MPK : @mpksmansapkl
GAMARAKA : @gamaraka_squad
PASSUSBRA :  @passusbra
PMR : @pmrwira.smansa
KIR : @kirsmansapkl
Smansazone : @smansazoneradio
RaMa : @rama.smansa
Wanalana : @wanalana_jaya
Betadance : @beta.dance.smansa
Futsal : @futsalsmansapkl
Shinobu : @shinobu.smansapkl
MICS : @mics.smansaa
CC : @comclub_smansa
EC : @ecsman1pekalongan
Jurnalistik : @jurnalistiksma1pkl
Basket : +62 858-7891-1106 (Kak Sevila)
Voli Putra : +62 895-0823-2714 (Kak Bagus)
Voli Putri : +62 856-0050-4027 (Kak Cinta)
Taekwondo : +62 822-5203-7833 (Kak Cindy)
Karate : -
Silat : -
Badminton : -

Memilih ekstrakurikuler yang tepat adalah langkah penting dalam pengembangan nilai sosial dalam dirimu. Dengan mempertimbangkan minat, kebutuhan masa depan, dan ketersediaan waktu, kamu dapat menemukan kegiatan yang sesuai dengan keinginanmu. Ingatlah bahwa ekstrakurikuler adalah kesempatan untuk tumbuh, belajar, dan bersenang-senang. Maka, nikmatilah prosesnya!


VIVA SMANSA!


Post a Comment

Previous Post Next Post
iklan-728
iklan-728