Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW "Rasulullah di Tengah Kita: Mengenal, Mengikuti, Menginspirasi"

 Pekalongan, 29 September 2023 - Hari yang penuh dengan makna tiba, saat siswa-siswi SMAN 1 Pekalongan berkumpul untuk merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW. Di SMAN 1 Pekalongan, perayaan Maulid Nabi ini menjadi momen yang tak hanya untuk merayakan saja, tetapi juga memberikan berbagai pesan dan hikmah yang mendalam. 


Tema dari acara perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW kali ini adalah Rasulullah di Tengah Kita : Mengenal, Mengikuti, Menginspirasi. Dengan tema tersebut, diharapkan kita dapat mengikuti Rasulullah dan belajar dari sifat-sifat, ajaran, dan sunnah-sunnah Rasulullah. 


Acara ini diselenggarakan dengan penuh dedikasi oleh Remaja Masjid Al-'Alim (RaMA). Pada awalnya acara ini akan diselenggarakan pada tanggal 6 Oktober 2023, akan tetapi dimajukan pada tanggal 29 September 2023. Hal ini membuat para panitia hanya memiliki waktu lima hari untuk mempersiapkan acara ini. 


Meskipun terdapat beberapa kendala dan keterbatasan waktu dalam mempersiapkan acara, semangat tim panitia tidak surut agar acara ini dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan harapan. Mereka berhasil mengatasi berbagai kendala, termasuk masalah perizinan penggunaan tempat acara.



Ketua acara, Aleka Syakarna Maulidah, mengungkapkan betapa pentingnya merayakan peristiwa yang sangat bersejarah ini. Menurutnya, perayaan Maulid Nabi sendiri merupakan wujud cinta kepada Nabi Muhammad SAW yang telah menjadi panutan bagi kaum muslim selama berabad-abad. 


Salah satu peserta, Ayu Dyah Pramesti Aji, seorang siswi kelas X Kartini 9 membagikan kesan dan pesan dari acara Maulid Nabi kali ini. 


“Acara ini membawa nilai-nilai mendalam yang tak bisa dipisahkan dari pembentukan karakter. Integrasi nilai keagamaan dengan pendidikan karakter adalah hal penting yang sesuai dengan visi SMAN 1 Pekalongan. Melalui perayaan ini, diharapkan siswa-siswi dapat meneladani kepribadian Rasulullah dan menerapkan nilai-nilai positif dalam kehidupan sehari-hari,” Ungkap Ayu.


Ayu juga menambahkan, "Hal yang paling membuat saya terkesan selama acara Maulid Nabi kali ini adalah sambutan dari Bapak Kepala Sekolah, Drs. Abdur Rozak mengenai tujuan dan fungsi utama dari kegiatan Maulid Nabi ini serta kaitannya dengan visi SMAN 1 Pekalongan yang disampaikan dengan detail namun tetap mudah dipahami".


Dari acara ini, para peserta mendapatkan bekal berharga untuk masa depan, belajar menumbuhkan karakter yang berdasarkan ajaran Rasulullah, cara beristikharah dan tekad untuk meraih cita-cita. Acara ini bukan hanya sekedar peringatan, tetapi modal utama bagi siswa-siswi SMAN 1 Pekalongan untuk membina masa depan yang cerah dan menjadikan generasi muda yang siap memimpin bangsa Indonesia.

Post a Comment

Previous Post Next Post
iklan-728
iklan-728