Menuju Amerika: Kisah Inspiratif Kak Aisy Zivana Zaneta Mendapatkan Beasiswa KL-YES

Halo Kartinians, pada tulisan kali ini kita kedatangan tulisan spesial dari Amerika khusus untuk kalian nih. Tulisan yang ditulis oleh Kak Aisy Zivana Zaneta ini spesial buat Kartinians yang penasaran dan pengen tahu gimana caranya biar bisa mendapatkan beasiswa KL-YES (Kennedy Lugar Youth Exchange and Study) seperti yang didapatkan oleh Kak Aisy. Ok, tanpa berlama-lama mari kita simak tulisan dari kak Aisy untuk kalian Kartinians semuanya, selamat membaca. 

Konser perspisahan di Jakarta sebelum berangkat ke Amerika

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

SMANSA! Top Of The Top, Best Of The Best, Yes! VIVA SMANSA!

Halo semuanya, perkenalkan saya Aisy Zivana Zaneta biasa dipanggil Aisy atau Zy. Saya adalah salah satu penerima beasiswa Kennedy Lugar Youth Exchange and Study Program ke Amerika Serikat yang dibiayai penuh oleh Departemen Luar Negeri Amerika. Saat ini saya sudah tinggal selama 1 bulan di Kota Speedway State Indianapolis. Saya sebelumnya belajar di kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 1 Pekalongan. Di tahun ini saya menunda kelas XII saya untuk mengikuti program pertukaran pelajar ini. Sedikit sedih rasanya berpisah sama-teman-teman saya. Tapi kesempatan ini tidak akan datang dua kali, jadi saya pasti berharap yang terbaik untuk jalan pilihan teman-teman saya dan diri saya sendiri di tahun ini untuk meraih masa depan.


Kak Aisy di depan Speedway High School tempat Kak Aisy Sekolah selama di Amerika

Pada tulisan ini saya mau membagikan pengalaman saya selama proses seleksi program beasiswa KL-YES dan bagaimana  rasanya menjadi siswa pertukaran pelajar di negeri Paman Sam yang jauhnya 15.000 km dari SMANSA. Selamat menyelami lautan tulisan yang dibalut sejuta suka dan duka nya.


Sebelum bercerita, mengikuti program pertukaran pelajar itu BUKAN liburan. Jadi untuk siapapun kalian yang berminat mengikuti program nya persiapkan diri kalian dengan baik supaya goals-goals kalian sesuai dengan visi dan misi program yang kalian ikuti. Terutama di program KL-YES yang memerlukan waktu 1 tahun masa keseluruhan tahapan seleksi. Kalian akan merasakan roler coaster nya menjalani tahapan seleksi. Kalau ada yang bertanya ke saya bagaimana cara nya lolos semua tahapan itu? caranya adalah “Mendaftar” tidak ada jawaban lain selain itu. Jadi jalani semua tahapan dengan yakin dan jujur. jangan takut mencoba ya!

1. Pra-Pendaftaran

“Jangan cemaskan masa depan, kini, atau nanti
Masih ada kesempatan yang kau temui bila kau cari
Matahari membagi rata sinarnya
Air laut membagi adil asin nya 
Batu gunung keras pada semua
Padi jagung berbuah pada musimnya
Jangan risaukan
Jangan cemaskan”

Saya menempatkan tahap ini supaya buat teman-teman yang masih berusaha meraih kesempatan ini, atau yang baru gagal meraih sesuatu dan tetap yakin masih ada kesempatan lain. Kalimat diatas adalah kalimat yang Ayah saya ucapkan ketika saya gagal meraih sekolah menengah atas impian saya. Kalimat yang membuat saya yakin setiap manusia akan ada masa jatuh dan masa bangkitnya. Terkadang ketika kita terlalu sedih karena sesuatu yang terjadi di dalam hidup kita menganggap “Kenapa semua orang terlihat bahagia? apa cuma aku yang terus-terusan gagal?”. Dibanding terus merenungkan kegagalan itu, saatnya kamu berpikir. Semua orang di dunia ini punya waktu setiap hari nya 24 jam. Di zaman sekarang yang sudah maju. Disaat semua orang bisa menilai sesuatu dengan mudah dari luar nya saja. Terutama berbagai interaksi yang terjadi di sosial media. Apakah ada orang-orang yang akan membagikan cerita hidupnya yang tidak bahagia? 
 
“Dont ever compare your behind the scenes, with someone’s highlights reels”

Semoga dapat apa yang ku maksud dari quotes itu. Yang kamu lihat ketika kamu sedih itu adalah kamarmu yang berantakan, jadi jangan dibandingkan dengan ruang tamu nya seorang selebgram terkenal. Dibanding kamu terlarut dalam perasaanmu ketika gagal saatnya kamu membuat strategi. Kamu boleh menangis seharian tapi jangan biarkan 24 jam yang kamu miliki terbuang sia-sia. Saatnya kamu menciptakan 24 jam di hari lain dengan harapan baru. Karena yang berpacu setiap detik adalah egomu sendiri dan waktu. Orang lain hanya membuat jalan nya dan mengarahkan kamu sendiri yang harus menentukan.

Kak Aisy bersama personil MPK 2022-2023 SMA 1 Pekalongan

Kalau saat itu saya diterima di boarding school yang saya inginkan dan tidak masuk ke SMANSA mungkin saya tidak bertemu Kak Karina Zahra yang memperkenalkan program ini kepada saya. mungkin saya tidak bisa jadi bagian dari MPK SMANSA yang membuat saya belajar banyak hal lebih dari yang ada di kelas, dan saya tidak akan bertemu guru-guru di SMANSA yang mengajarkan saya hal-hal luar biasa. Tanpa kegagalan waktu itu. Mungkin saya sekarang tidak di Amerika. 


Setelah membaca segala hal di paragraf Pra-Pendaftaran ini harapan saya kalian yang mau mendaftar siap dengan segala roler coaster seleksi program ini. Berikan 100% di setiap tahap nya. Karena setiap tahap di seleksi lebih dari hanya sekedar untuk lolos. Setiap tahap nya benar-benar membuatmu mengenali diri sendiri. Itulah KL-YES.


2. Seleksi Berkas

Tahap pertama ini adalah tahap pembuatan CV (Curriculum Vitae) kalian yang akan diseleksi dari ribuan anak di seluruh Indonesia. Pada tahap ini terlalu membuat diri kalian sempurna bukan strategi yang baik. Jadi sampaikan saja apa adanya. Kalian akan mendaftar di website pendaftaran program KL-YES. Akan ada beberapa arahan untuk mengisi dokumen yang harus kalian isi kurang lebih berikut dokumen nya.

Dokumen: 
  1. Sertifikat Prestasi: Akademik, Non Akademik, Organisasi
  2. Identitas diri (Akte, Kartu Pelajar, KK)
  3. Surat rekomendasi guru: Pilih guru yang paling dekat dengan kalian
  4. Surat rekomendasi teman dekat: Biarkan teman kalian bercerita secara jujur
  5. Surat rekomendasi luar sekolah: PIlih orang yang berpengaruh di lingkunganmu
  6. Rapor SMP-SMA

Pada bagian seleksi berkas ini juga kalian akan menjawab beberapa pertanyaan dan membuat essay. Untuk menjawab pertanyaan lagi-lagi harus dengan jujur dan berkaitan satu sama lain. Kemudian untuk essay kalian bisa memakai formula Present-Past-Future
yaitu kalian terangkan apa yang terjadi sekarang, apa yang sudah kalian lakukan, dan apa yang akan kalian lakukan. 

Kak Aisy bersama guru bahasa Spanyol di Speedway High School

3. Seleksi Wawancara

Seleksi pada tahap ini dilakukan dalam bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Pelajari kembali segala hal yang kamu sampaikan di seleksi berkas supaya tersampaikan dengan baik pada tes wawancara. Berlatih juga untuk menyampaikan sesuatu secara jelas, padat, tapi berkesan. Kemudian jangan lupa untuk selalu update dengan isu-isu terkini yang terjadi di dunia ataupun di Amerika Serikat. Yang terakhir adalah harus percaya diri dan jangan tegang! tunjukkan yang terbaik ya!


4. Seleksi Dinamika Kelompok

Pada tahap ini adalah tahap kalian ditentukan menjadi perwakilan chapter untuk mengikuti seleksi nasional atau tidak. Kurang lebih di tahap ini akan dinilai cara kalian berinteraksi dengan orang lain dan menyelesaikan masalah. Jadi lakukan yang terbaik ya!

5. Seleksi Nasional

Jika kamu sudah tahap ini, bersyukurlah dan jangan terlalu memikirkan lolos atau tidak nya.Ini adalah tahap paling seru dari keseluruhan tahap seleksi. Pada tahap ini kamu akan bertemu anak-anak hebat dari seluruh Indonesia. Bertemanlah, bercerita, berbagi. Semua nya yang disana adalah anak-anak hebat yang punya bermacam-macam cerita. Berikan yang terbaik pada seleksi tahap terakhir ini dan tawakkal dengan hasilnya.



Kurang lebih seperti itu tahapan seleksi KL-YES. Biasanya dari setiap tahap membutuhkan waktu 3 bulan tentang lolos atau tidak nya. Jadi banyak hal yang bisa terjadi di setiap transisi tahapan nya dan kalian harus belajar managing expectation karena selama belum duduk di kursi pesawat segala kemungkinan baik dan tidak akan selalu ada. Itulah yang akan selalu disampaikan Kakak-kakak panitia seleksinya.

Kak Aisy bersama teman-teman tim Soccer Girls

Alhamdulilah setelah melewati tahapan seleksi itu, aku berhasil duduk di kursi pesawat. Setelah perjalanan panjang selama hampir 30 Jam di pesawat aku tiba di Indianapolis kota Speedway. Sejauh ini aku sudah menjadi anggota Soccer Girls (Sepak Bola Wanita), dan Key Club (Relawan Sekolah) selain itu aku juga menerbitkan tulisan pertama ku untuk majalah sekolah. Aku menulis tentang permasalahan komunikasi bahasa di sekolahku. Karena sekolahku ini lumayan banyak murid-murid internasional nya yang terkadang tidak bisa bahasa inggris sama sekali dan mereka butuh program khusus untuk membantunya. 

Majalah sekolah di Speedway High School, Kak Aisy ikut menjadi penulis di majalah ini

Sejauh ini aku benar-benar dikelilingi orang-orang baik dan aku bersyukur. Tentang hijabku yang membuatku khawatir akan-kah ada hal yang tidak mengenakan terjadi, malah membuat teman-temanku bertanya dan penasaran kenapa aku bisa tetap memakainya saat berolahraga. Orang-orang disini sangatlah menghargai waktu dan komunikasi. Sebagai muslim aku belajar kalau aku ingin beribadah secara nyaman dan mereka berperilaku dengan cara yang membuat nyaman. Caranya adalah dikomunikasikan. Mereka pun sangat menghargai itu dan sama sekali tidak membuatku merasa ditinggalkan. Aku juga suka cara para guru nya menghargai pendapat murid dan membuat mereka bisa berekspresi. Semua orang disini dihargai dengan skill nya masing-masing. Jadi kamu tidak harus pintar di semua bidang. Di sekolah ku juga ada kelas untuk para siswa yang down syndrome dan mereka berbaur dengan siswa-siswi biasa seperti teman. Mereka menghargai manusia dengan memanusiakan nya. 

“Is not about what you wearing, is about how you carry yourself”

Perjalananku masih panjang disini dan nantinya saat kembali bukan berarti perjalanan nya selesai. Setahun ku ada disini adalah bekal untuk aku menjalani tahun-tahun berikutnya di hidupku.  Aku berharap teman-teman semua bisa mengambil hal baik dari cerita ku. Aku juga masih perlu banyak belajar untuk hal-hal yang aku belum ketahui.

Terima kasih sudah membaca ceritaku.
Billahi Taufiq Wal Hidayah, Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Sampai jumpa lagi. 

Indianapolis, United State.  September 23, 2023.
Aisy Zivana Zaneta

Kak Aisy di depan Monumen Indianapolis, Amerika


Bagaimana guys? sudah mendapatkan pencerahan dan siap untuk ikut seleksi beasiswa KL-YES seperti kak Aisy belum? mungkin kalau sekarang sudah telat, tapi kita yakin pasti ada diantara Kartinians yang sudah mendaftar seleksi beasiswa KL-YES untuk keberangkatan tahun depan. Bagi yang belum masih ada kesempatan untuk mendaftar di tahun depan. 

Nah, next kita tunggu lagi tulisan-tulisan kak Aisy selama di Amerika ya, pasti banyak pengetahuan dan pengalaman baru yang bakal kak Aisy share buat Kartinians semua agar semakin semangat menjelajah dunia dan ilmu pengetahuannnya. Jangan takut keluar (hijrah) dari Pekalongan!

Post a Comment

Previous Post Next Post
iklan-728
iklan-728