BANYAKNYA MANFAAT BUAH DELIMA UNTUK KESEHATAN

 Siapa yang tidak mengenal buah delima? 



sumber : https://klasika.kompas.id/baca/mengetahui-manfaat-delima/


Buah yang identik dengan warna merah dan memiliki cita rasa manis ini, merupakan buah yang banyak digemari orang. Selain rasanya yang manis, ternyata buah delima juga menyimpan banyak manfaat loh. Untuk lebih memahami tentang manfaat buah delima, simak artikel berikut ini.

Buah delima yang memiliki nama latin Punica granatum, merupakan jenis buah yang masuk ke dalam kelompok berry. Buah yang memiliki diameter sekitar 5-12 cm ini mengandung berbagai nutrisi, seperti protein, karbohidrat, serat, dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh, termasuk vitamin C. Sayangnya, kandungan vitamin C pada buah delima akan hilang dalam bentuk jus. Jadi, sebaiknya kamu mengonsumsi buah ini secara langsung, untuk mempertahankan nilai gizinya. 


Berikut ini adalah beberapa manfaat buah delima:


1. Menurunkan tekanan darah

      Konsumsi buah delima secara teratur mengurangi hipertensi dan mengatur tekanan darah sistolik. Untuk kamu yang mengidap hipertensi, ataupun punya riwayat keluarga dengan gangguan hipertensi, ada baiknya untuk menjadikan buah ini sebagai alternatif diet sehat. 


2. Melindungi Pembuluh Arteri

      Buah delima juga dapat membersihkan plak maupun lemak yang tertimbun di pembuluh arteri. Dengan mengkonsumsi buah delima kamu dapat mencegah diri dari resiko serangan jantung, hipertensi, stroke.


 3. Meningkatkan Daya Ingat

      Penuaan, genetika, pola makan yang buruk, cedera otak, hingga kurang olahraga dapat menurunkan kinerja neuron. Ketika itu terjadi, neuron di area otak yang terlibat dalam pembelajaran dan memori, terutama hippocampus menjadi rusak dan mulai mati. Nah, buah delima memiliki manfaat menurunkan risiko Alzheimer. Sebab, senyawa punicalagin dalam makanan ini terbukti mengurangi peradangan yang terkait dengan rheumatoid arthritis, parkinson, dan Alzheimer


4. Mengurangi Risiko Anemia

      Buah ini juga mengandung zat besi yang penting untuk pembentukan sel darah merah. Sehingga, dapat membantu mencegah anemia dan meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh. 


5. Memiliki Sifat Antiinflamasi 

      Peradangan kronis dapat menyebabkan penyakit jantung dan obesitas. Buah ini dapat menurunkan aktivitas peradangan pada sistem pencernaan, serta pada sel kanker payudara dan kanker usus besar. Kandungan antioksidan punicalagin dalam buah delima memiliki sifat antiinflamasi yang kuat. Hal tersebut dapat membantu mengurangi peradangan pada saluran pencernaan secara spesifik.


Nah jadi itulah beberapa Manfaat yang terkandung dalam buah delima. Dengan begitu banyaknya manfaat yang dimiliki buah delima, tak ada salahnya memasukkan buah ini ke dalam pola makan sehari-hari kita. Bukan hanya lezat tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan kita. Terima kasih telah membaca informasi tentang manfaat buah delima. Semoga artikel ini bermanfaat untuk pengetahuan kesehatan kalian semua.

Post a Comment

Previous Post Next Post
iklan-728
iklan-728