Workshop Karya Tulis Ilmiah SMA Negeri 1 Pekalongan: Membangun Kompetensi Siswa dalam Menulis Karya Ilmia

Hallo, Kartinians! Pada hari Jumat, 10 November 2023, anggota KIR dan Jurnalistik menjadi saksi atas keseruan dari penyelenggaraan Workshop Karya Tulis Ilmiah (KTI). Workshop ini diselenggarakan oleh ekstrakurikuler KIR (Karya Ilmiah Remaja) SMA N 1 Pekalongan. 

Acara ini bertujuan untuk memfasilitasi tumbuhnya kemampuan dan potensi siswa, sehingga tidak hanya terbataskan pada kemampuan intelektual saja tetapi juga dalam aspek kreatif dan ilmiah. 

Acara ini diselenggarakan di Aula SMA N 1 Pekalongan, dengan menghadirkan Kak Muhammad Haidar Fikri Kurniali sebagai narasumber. Kak Haidar Fikri Kurniali, atau yang akrab dengan sapaan Kak Dida ini juga merupakan Askarlo 2019, loh! Disini, Kak Dida memberikan wawasan yang sangat menarik dan inspiratif yang dapat memperkaya pemahaman peserta tentang pembuatan artikel ilmiah.





Workshop ini membahas teknik penulisan dalam KTI sebagai hasil dari pengamatan atau penelitian, dengan penekanan pada ciri-ciri seperti akurat, ringkas, jelas, etis, dan logis. Kaidah penulisan KTI yang diperkenalkan juga mencakup logis, objektif, sistematis, andal, desain, dan akumulatif.


Para peserta juga diajak untuk memahami kerangka pengajuan KTI mulai dari tema umum, tema khusus, statement of purpose, topik, hingga daftar pustaka. Tak lupa Kak Dida juga mengajarkan tentang paradigma penelitian, baik positivis (kuantitatif) maupun nonpositivis (kualitatif), yang dijelaskan dengan lugas.


Peserta yang mengikuti workshop memberikan kesan bahwa Workshop KTI ini sangat menyenangkan dan mereka merasa mendapatkan ilmu yang berguna. Pesan yang disampaikan oleh peserta yakni mereka berharap agar pengetahuan yang diperoleh dapat diterapkan, khususnya dalam mekanisme pembuatan karya tulis ilmiah.


Workshop KTI yang telah dilaksanakan dapat menjadi langkah positif dalam membangun kompetensi siswa dalam menulis karya ilmiah. Melalui kegiatan seperti ini, diharapkan generasi muda dapat semakin terampil dalam mengungkapkan ide dan penemuan mereka melalui tulisan ilmiah.


Demikian kegiatan Workshop KTI yang telah diselenggarakan oleh ekstrakurikuler KIR SMA N 1 Pekalongan. Semoga kegiatan ini dapat menjadi langkah awal SMA N 1 Pekalongan untuk terus meningkatkan mutu pendidikan dan melatih generasi muda yang kreatif dan ilmiah. Sampai jumpa lagi, teruslah berkreasi dan menginspirasi!


Salam hangat dari Dhita dan Ilham.

Post a Comment

Previous Post Next Post
iklan-728
iklan-728