Pakarnians 2024: Bukti Nyata Semangat Seni dan Budaya Generasi Muda

Hallo Kartinianss!

Dalam era yang menuntut kreativitas dan inovasi ini, pagelaran karya seni dapat menjadi wadah bagi generasi muda untuk menjelajahi kreativitas, melestarikan budaya, menunjukkan bakat, dan menjembatani tradisi dengan modernitas. Sebagai upaya pelestarian budaya bangsa, SMAN 1 Pekalongan kembali menyelenggarakan Pagelaran Karya Kartinians atau yang biasa dikenal dengan PaKarNians. 


Pakarnians merupakan acara yang menampilkan seni dan pertunjukan dari siswa SMA Negeri 1 Pekalongan dalam bentuk pameran dan pagelaran. Pakarnians 2024 dilaksanakan pada tanggal 6 Mei 2024 dan bertempat di lapangan SMA Negeri 1 Pekalongan. Selain itu, acara ini merupakan bentuk apresiasi terhadap bakat seni para siswa kelas X dan kelas XI dalam bidang tari dan musik loh, Sobat Smansa!


Pada tahun ini, Pakarnians mengusung tema “Lentera Kebudayaan, Menyinari Jalan yang Terabaikan”. Tema ini dipilih sebagai refleksi atas kekayaan budaya Indonesia yang perlu dilestarikan dan digali potensinya, serta untuk melengkapi konsep “Zamrud Khatulistiwa” yang melambangkan keunikan Indonesia dengan ciri khasnya.


Meskipun sempat terhenti akibat pandemi Covid-19, Pakarnians kembali hadir pada tahun 2023 dengan semangat yang baru. Nah tak kalah dari tahun sebelumnya, pada tahun ini Pakarnians hadir dengan euforia yang semakin meriah dengan berbagai penampilan yang memukau dari para siswa. Berbagai sendratari ikonik seperti yang ditampilkan oleh kelompok 2 X Kartini 9 dengan mempertontonkan sendratari “Dewi Kadita” yang membuat para penonton terpukau dan merinding. Tak hanya itu, sendratari “Jaka Tarub” dari kelompok 1 X Kartini 7 juga berhasil membawa penonton larut ke dalam cerita dan tarinya. Dan yang menjadi bintang utama dalam penampilan sendratari Pakarnians tahun ini yaitu X Kartini 8 kelompok 2 yang menampilkan sendratari “Sang Kirana” yang menjadi sendratari terbaik pada acara pagelaran ini. 



Selain penampilan sendratari, terdapat pula penampilan paduan suara yang dibawakan oleh kelas XI, Nih. Salah satunya, terdapat penampilan dari Kelas XI Kartini 2 membawakan lagu “Cintaku” dan Kelas XI Kartini 6 membawakan lagu “Koyo Jogja Istimewa”. Tak hanya itu, kondektur dari XI Kartini 4 yang menampilkan lagu “Anak Sekolah” berhasil menyabet gelar sebagai kondektur terbaik. Kemudian, XI Kartini 1 menampilkan lagu “Ekspresi” berhasil menjadi penampilan kelas XI terbaik.


Pakarnians SMA Negeri 1 Pekalongan merupakan bukti nyata bahwa semangat seni dan budaya masih hidup dan berkembang di kalangan generasi muda. Acara ini patut diapresiasi karena mampu memberikan wadah bagi para siswa untuk mengembangkan bakat dan kreativitas mereka dalam seni tari dan seni musik. 


Dengan demikian, Pakarnians 2024 telah sukses memukau para penonton dengan berbagai pertunjukan seni dan budaya. Mulai dari beragam pertunjukan sendratari yang penuh makna hingga paduan suara yang merdu, telah mengantarkan para penonton dalam perjalanan budaya yang tak terlupakan. Dengan semangat dan antusiasme dari Pakarnians 2024, diharapkan dapat terus menginspirasi para siswa untuk terus berkarya dan melestarikan budaya Indonesia di kalangan generasi muda. Mari kita jaga dan rawat kekayaan budaya bangsa sebagai warisan yang tak ternilai bagi generasi penerus bangsa ya, Kartinians!!


1 Comments

Post a Comment

Previous Post Next Post
iklan-728
iklan-728