Aturan Berpakaian dan Seragam Sekolah? Harus Diapain?


Hai New Kartinians!!!
Pasti udah gak sabar dong pakai seragam SMA ? Seperti yang sudah diketahui kalau pemakaian seragam sekolah sesuai dengan aturan berpakaian itu menjadi syarat utama dalam kegiatan belajar mengajar agar kegiatan tersebut menjadi lebih nyaman dan tertib.

Lalu, bagaimana si dengan aturan dan jadwal dalam pemakaian seragam sekolah di SMANSA? Udah pada tau belum? Mari simak lebih lanjut!

Hari senin dan selasa? Udah bisa nebak kan kalau hari senin itu pakai seragam apa? Yup, seragam untuk haru senin adalah seragam OSIS SMA. Untuk atasannya sendiri kalian mengenakan baju putih dengan badge OSIS di bagian saku, badge lokasi sekolah di lengan bagian kanan, badge nama di bagian dada kanan kalian dengan pelengkap berupa pin bendera merah putih di atas saku dengan jarak dari atas saku ke pin adalah 3 jari, lalu kalian diharuskan mengenakan dasi dengan panjang minimal di atas ikat pinggang dan maksimal dibawah ikat pinggang, untuk kalian (perempuan) juga diwajibkan mengenakan jilbab bagi yang muslim, dan untuk bawahannya sendiri kalian harus mengenakan celana panjang berwarna abu kebiruan dan rok panjang untuk perempuan sekaligus mengenakan ikat pinggang SMANSA.

Hari rabu? Apa sih seragam sekolah yang dipakai di hari rabu? Di hari rabu kalian diwajibkan mengenakan seragam kotak - kotak. Untuk perempuan dan laki - laki dibedakan loh readers! Untuk perempuan mengenakan bawahan rok bermotifkan kotak - kotak dengan atasan berupa baju putih dengan motif kotak - kotak di bagian ujung lengan seragam kalian, sebagai pelengkap kalian (perempuan) diharuskan mengenakan jilbab untuk yang muslim, pin bendera dengan aturan pemakaian seperti seragam OSIS, dan juga dasi bermotif kotak - kotak, serta pemasangan badge lambang sekolah di bagian lengan atas kiri. Bagi laki - laki, kalian akan mengenakan atas berupa baju kotak - kotak berlengan pendek dan bawahan berupa celana putih, sebagai pelengkap kalian (laki - laki) diharuskan mengenakan pin bendera merah putih, dasi berwarna putih, dan pemasangan badge lambang sekolah di bagian lengan atas kiri.

Hari Kamis? Apalagi? Di hari kamis kalian laki - laki dan perempuan akan mengenakan seragam sekolah dengan atasan berupa batik,tapi bedanya untuk laki - laki berlengan pendek dan perempuan berlengan panjang. Untuk pelengkapnya gimana ya? Hmm, paling simpel sih. Kalian hanya mengenakan pin bendera dan jilbab bagi kalian (perempuan) yang muslim. Untuk bawhannya sendiri kalian hanya mengenakan celana pramuka bagi laki - laki dan rok pramuka bagi perempuan.

Hari Jumat? Udah pada tau dong ya hari jumat pakaiannya apa? Yup, hari jumat nanti kalian akan mengenakan seragam pramuka berwarna coklat susu berlengan panjang untuk perempuan dan lengan pendek untuk laki - laki. Untuk bawahannya sendiri sama seperti hari kami sebelumnya. Sebagai pelengkap kalian akan memasangkan badge lokasi dan nomor gudep di lengan atas kanan, badge ambalan di lengan atas kiri, badge tanda pelantika di saku kiri,badge nama di atas saku bagian kanan, badge pandu dunia di atas badge nama, pin bendera di atas saku bagian kiri (jika sudah memakai hasduk tidak perlu memakai pin bendera).

Pakaian olahraga? Untuk pakaian olahraga sendiri kalian hanya perlu memakainya saat pelajaran olahraga di kelas kalian atau jika sekolah terdapat acara seperti jumat sehat maka pada pagi harinya kalian diharapkan memakai pakaian olahraga.

Lalu, apa fungsinya Jas Almamater ? Biasanya jika kalian diharuskan memakai jas almamater untuk situasi dan kondisi tertentu dari sekolah ataupun dari ekskul/organisasi yang kalian ikuti, misalkan kalian akan melaksanakan pendanaan maka kalian diwajibkan memakai jas almamater karena kalian juga membawa nama SMANSA. Dan untuk pemakaian sepatu sendiri kalian perempuan ataupun laki - laki diwajibkan memakai sepatu dengan warna dominan hitam. Kaos kaki berwarna putih dipakai untuk hari senin sampai rabu dan kaos kaki berwarna hitam untuk hari kamis dan jumat.

Nah, hal - hal di atas merupakan sedikitnya peraturan dalam berseragam sekolah di SMANSA. Semangat dan semoga membantu !!!

Post a Comment

Previous Post Next Post
iklan-728
iklan-728