Apa Kabar PERTIKA 2019?



Hai Kartinians!!!

Tepat tanggal 19 Juli 2019 siswa/siswi kelas X tahun ajaran 2019/2020 sedang melaksanakan kegiatan yang pastinya pernah dilakukan oleh kakak – kakak kelas XII ataupun rekan – rekan kelas XI dulu, apa sih kegiatannya? Yup, itu adalah PERTIKA. Lalu apasih perbedaan PERTIKA tahun ini dengan tahun sebelumnya? Mari simak lebih lanjut!

PERTIKA atau Perkemahan Bakti Pramuka adalah salah satu acara di SMA 1 Pekalongan yang diadakan oleh GAMARAKA yang bertujuan untuk memperkenalkan pramuka penegak SMA 1 Pekalongan kepada siswa/siswi tahun ajaran baru kelas X. Kegiatan ini juga merupakan kegiatan yang dilakukan setiap tahun pada awal masuk sekolah tahun ajaran baru.

Lalu berapa jumlah pesertanya ? apakah seluruh siswa/siswi kelas X “Kalau jumlah peserta yang mengikuti PERTIKA itu ya tergantung berapa siswa/siswi kelas X yang masuk ke SMA 1 Pekalongan,” jawab Ketua Panitia PERTIKA tahun 2019 Kane Rizantha Gilang di Bumi Perkemahan Selopajang Timur, Jumat (19/7/2019).

Lalu apasih bedanya PERTIKA tahun ini dan tahun sebelumnya ? Dikutip Ketua Panitia PERTIKA 2019 Kane Rizantha Gilang, perbedaan PERTIKA pada tahun ini dari tahun sebelumnya adalah terletak pada pengusungan temanya. Dapat diketahui bahwa pada tahun ini, para panitia PERTIKA 2019 mengusung “Milenial Beraksi dengan Pramuka sebagai Media Kreasi” sebagai tema pada acara tahun ini. Selain pada pengusungan tema pada PERTIKA tahun ini, juga menghadirkan adanya kode QR pada sebelum dan sesudah pos halang rintang yang bertujuan untuk mengetahui tugas – tugas yang harus dilakukan oleh para peserta.

Lalu bagaimana dengan antusiasme peserta? Menurut Panitia PERTIKA 2019 Kane Rizantha Gilang, dinilai bahwa antusiasme peserta pada kegiatan kali ini sedang – sedang saja. Kadang keluar semangatnya dan kadang juga keluar malasnya.

Agro Wisata Selopajang Timur? Yup! sama seperti tahun lalu, PERTIKA 2019 juga diadakan di Agro Wisata Selopajang Timur yang terletak di Desa Selopajang Timur, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang. Mengapa Agro Wisata Selopajang Timur yang dipilih ? dari Ketua Panitia PERTIKA 2019, tempat itu dipilih karena menurut Pak Sulikin (Kepala Sekolah SMA 1 Pekalongan) Agro Wisata Selopajang Timur adalah tempat yang paling nyaman untuk berkemah. Alasan lain juga karena tempat tersebut tidak terlalu jauh dari SMANSA dan cukup mudah untuk dijangkau.

Dari pengusungan tema pada PERTIKA 2019 ini yaitu “Milenial Beraksi dengan Pramuka sebagai Media Kreasi” diharapkan bahwa setiap generasi milenial dapat menjadikan pramuka bukan hanya sebagai wujud bela negara seperti yang tertuang pada UU No. 12 tahun 2010 tetapi juga dapat menjadikannya sebagai wadah atau media untuk berkreasi mengembangkan potensi diri.

This was made by :
Ika Shafrina Khoirunnisa/@ikashkh_ (wawancara)
M. Arya Naja. F/@aryaaanf (artikel)
Bapak Edi Susilo/@isengrapher (Gambar)

Post a Comment

Previous Post Next Post
iklan-728
iklan-728