Dua Hal Yang Harus Dipersiapkan Kelas XI

Wuidih, sekarang sudah kelas XI nih kalian yang kelas XI, kalau kalian baru masuk SMANSA ya pastinya kalian masih kelas X. Nah, jadi tulisan ini kita spesialkan untuk kalian yang kelas XI saja ya, tapi tenang, kalian yang kelas X dan kelas XII masih boleh membaca kok, karena tulisan ini tidak digembok seperti hati kamu. Betewe selamat ya karena sudah naik ke kelas XI, kelas yang bakal menguras tenaga dan pikiran serta waktu. 


Di tulisan kali ini kita akan memberikan dua hal yang harus dilakukan oleh kalian yang sekarang sudah duduk di bangku kelas XI. Kenapa dua, kok tidak tiga ataupun banyak langsung, ya kerana ini adalah salah satu tips agar kalian terus membaca tulisan di web Cimed ini, heheheh. Tulisan ini berdasarkan pengalaman riil yang terjadi di SMANSA, jadi bisa dikatakan tulisan ini sangat penting buat kalian yang kelas XI. Oke, mari kita bahas satu-satu apa saja yang harus kelas XI persiapkan untuk survive di jenjang yang ada di tengah ini. 

Pertama yang harus kalian lakukan dan persiapkan saat resmi jadi kelas XI adalah duit, nah kok baru masuk beberapa hari sudah ngomongin duit. Ya gimana lagi ya, kan memang duit di kelas XI ini cukup banyak yang harus dikeluarkan. Nah salah satunya adalah duit yang akan digunakan untuk kegiatan Study Wisata ke Pulau Dewata (Bali). Kenapa Bali, ya gak tau juga sih kenapa harus Bali, mungkin karena kebanyakan kelas XI yang notabene dulu pernah ke Bali, masih pengen memuaskan hasrat berselfie di Pantai Kuta, hahahha. Nah, duit yang kami maksud disini adalah duit untuk persiapan biaya Study Wisata ke Bali. Untuk dapat kesana kalian harus mempersiapkan diri dengan mulai menabung sedikit-demi-sedikit agar bisa membayar akomodasi perjalan ke Bali di semester kedua besok. Selain duit akomodasi perjalan berangkat-pulang, duit lain yang perlu disiapkan adalah duit jajan selama di Bali dan perjalan. 

Kedua, karena kalian sudah kelas XI, maka ini adalah saatnya kalian untuk memegang tampu kepengurusan organisasi ataupun eskul yang kalian ikuti. Mungkin ada beberapa dari kalian yang sudah mulai diseleksi untuk mengikuti pemilihan ketua organisasi/eskul di SMANSA. Nah, itu adalah salah satu tanggung jawab yang harus diemban oleh siswa kelas XI di SMANSA. Oleh sebab itu kalian harus bisa membagi waktu dan tenaga untuk kegiatan eskul/organisasi dengan kegiatan belajar kalian masing-masing. Jangan sampai kalian terlena dengan kegiatan eskul sampe kalian gak sempat belajar, padahal kewajiban utama kalian adalah belajar, ya meskipun di eskul kalian juga belajar sih, belajar berogranisasi, belajar bersosialisasi, belajar mengatur orang lain dan dirisendiri, belajar sabar, dan belajar banyak hal lainnya. 

Siap tidak siap, kalian yang kelas XI pasti akan jadi ketua dan pengurus harian dari masing-masing eskul, belum lagi kalian harus menularkan ilmu yang sudah kalian dapat selama ikut eskul ke adek kelas kalian.


Post a Comment

Previous Post Next Post
iklan-728
iklan-728