SMANSA Berdemokrasi Melalui PILKETOS 2019

Seperti  biasa pada setiap tahunnya, SMA Negeri 1 Pekalongan mengadakan acara pemilihan ketua OSIS. Pada  tahun ini, acara pemilihan ketua OSIS dilaksanakan pada hari jumat Jumat (16/8) di halaman sekolah dengan mngusung tema “Builds A Better Generation By Implementing The Spirit Of Democracy”. Acara ini juga disertai oleh orasi dari calon ketua OSIS masa bakti 2019/2020 yang merupakan penyampaian visi dan misi oleh kandidat-kandidat ketua OSIS di hadapan seluruh warga SMANSA. Nurul Naswaa Kamila, selaku ketua panitia acara menuturkan bahwa tujuan orasi ini adalah supaya warga SMANSA tahu dan yakin untuk memilih calon ketua OSIS sesuai hati nuraninya.

Acara dimulai pukul 13.30, diawali dengan sambutan dari Bapak Drs. H. Riyanto, selaku Wakarus Kesiswaan SMA Negeri 1 Pekalongan, disusul dengan orasi oleh para calon ketua OSIS. Di dalam orasinya, para kandidat menyampaikan visi dan misi  yang persuatif bagi warga SMANSA. 

Visi misi masing-masing kandidat (Sumber : Panitia Pilketos)

Kandidat nomor urut 1 yaitu Zaky Ammar Faruq Hibatullah menyampaikan visinya yaitu mengokohkan OSIS SMA N 1 Pekalongan sebagai organisasi terbaik-percontohan dengan mengutamakan kerja efisien, efektif, dan inovatif dengan berlandaskan imtaq serta budi pekerti. Tiara Indah Pratiwi, kandidat ketua OSIS nomor urut 2 menyampaikan visinya yaitu menjadikan OSIS SMA N 1 Pekalongan sebagai organisasi yang tanggap dan interaktif agar tercipta sinergi-harmoni dalam mewujudkan inovasi-prestasi. Lalu yang terakhir adalah Dewi Afiliyani dengan visi “Menjadikan siswa siswi SMA N 1 Pekalongan unggul dalam spiritual, karakter, serta mewujudkan organisasi yang responsif dan berintegritas. Setelah orasi selesai dilaksanakan, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh warga SMANSA.


wawancara dengan ketua panitia (sumber : doc cimed)
Pemilihan ketua OSIS dilaksanakan secara online pada sela-sela acara orasi dan sesi tanya jawab. Pemilihan dilakukan secara online dikarenakan MPK (Majelis Perwakilan Kelas) selaku panitia dari acara pemilihan ketua OSIS merupakan organisasi yang berbasis teknologi. Setiap calon ketua OSIS memiliki timses tersendiri yang juga dilombakan dan dinilai oleh panitia menurut kehebohan dan keunikan setiap timses itu sendiri.

Acara ini ditutup dengan kompetisi foto bersama satu kelas di photo booth yang telah disiapkan oleh panitia dan pemenangnya adalah foto yang mendapat like paling banyak di Instagram.

Adapun hasil akhir dari pemilihan ketua OSIS 2019-2020 adalah sebagai berikut : 


  • Zaky Ammar Faruq Hibatullah : 45,46% (426 Pemilih)
  • Tiara Indah Pratiwi : 26,89% (252 Pemilih)
  • Dewi Afiliyani : 26,89% (252 Pemilih)


sedangkan yang tidak menggunakan hak pilih adalah 7 siswa dengan jumlah presentase 0,75%
Semoga dengan hasil pemilihan yang sudah berlangsung ini, ketua OSIS terpilih mampu mewujudkan visi misi yang telah disampaikan pada saat orasi  pilketos kemarin

Dilaporkan Oleh:
1. Nabila
2. Abbiya
3. Chika
4. Daffa
5. Dewi
6. Ganesha
7. Gita
8. Lina
9. Mumtaz
10. Arjun
11. Sulthon
12. Nawal

Post a Comment

Previous Post Next Post
iklan-728
iklan-728