Dari Makan Kudapan Bersama, Smansa Ajarkan Cinta Lingkungan



Satu budaya baru diterapkan di Smansa sejak hari pertama dies natalies tahun 2019. Setelah jalan sehat bersama, seluruh Warga Smansa berkumpul di lapangan depan untuk menyantap kudapan yang telah dibawa oleh masing-masing  dari mereka. Sebelum itu, acara dimulai dengan meminum obat penambah darah bersama bagi siswa perempuan dan ibu guru.

Suasana makan kudapan bersama (sumber : doc cimed)

Berbeda dengan memakan kudapan bersama yang lain, kali ini ada hal yang sangat penting diajarkan dari menyantap kudapan bersama tersebut. Bapak Sulikin, M.pd., lewat pengarahannya menjelaskan bahwa tujuan diadakannya makan kudapan bersama adalah untuk mengurangi sampah plastik di lingkungan sekolah. Hal ini karena Warga Smansa menggunakan kotak makan mereka yang dapat digunakan kembali, sehingga penggunaan sampah plastik diharapkan dapat tereduksi.

Beliau juga menambahkan bahwa pada setiap Jumat Pagi akan dilaksanakan kegiatan-kegiatan dalam rangka penguatan penidikan karakter dengan rincian kegiatan sebagai berikut:


1) Jumat Minggu ke-1 adalah Jumat Sehat dengan agenda senam bersama, makan kudapan bersama dan minum obat tambah darah.

2) Jumat Minggu ke-2 adalah Jumat Bersih dengan agenda membersihkan lingkungan kelas dan makan kudapan bersama.

3) Jumat Minggu ke-3 adalah Jumat Sehat dengan agenda  senam bersama dilanjutkan makan kudapan bersama.

4) Jumat Minggu ke-4 adalah Jumat Lebih Dekat, dengan agenda Pembinaan Wali kelas dilanjutkan makan kudapan bersama.

5) Jumat Minggu ke-5 adalah Jumat Bersama, dengan agenda jalan sehat ke luar sekolah atau membersihkan lingkungan sekitar sekolah.

Bapak ibu guru turut berpartisipasi dalam acara makan kudapan bersama (sumber : doc cimed)

Selain itu, ada dampak positif dari kegiatan ini bagi pedagang makanan kecil di sekitar Smansa. Hal ini karena  cukup banyak Kartinians yang membeli makanan ringan pada mereka untuk dibawa ke sekolah pada pagi harinya.

Sebelum acara dimulai, perwakilan dari Palang Merah Remaja SMA 1 Pekalongan mengajarkan cara mencuci tangan yang baik dan benar bagi Warga Smansa. Mereka mengajarkan langkah-langkahnya, sementara itu seluruh siswa dan bapak-ibu guru menirukannya.

Acara sarapan bersama ini berlangsung rahat dan meriah.  Terdapat siswa yang bercanda, saling bertukar makanan, dan terdapat beberapa kelas yang telah menyiapkan 1 menu dalam porsi banyak untuk dimakan bersama-sama.

Post a Comment

Previous Post Next Post
iklan-728
iklan-728