PHB Online Majukan Efisiensi Penilaian



Tidak seperti pada tahun-tahun sebelumnya, kali ini SMANSA menerapkan sistem online pada Penilaian Harian Bersama(PHB) untuk angkatan kelas X 2019/2020. PHB dilaksanakan mulai Senin,16 September 2019 sampai dengan Selasa, 24 September 2019 secara serentak oleh seluruh siswa SMANSA Pekalongan. Hanya kelas X yang menggunakan sistem online sedangkan kelas XI dan XII masih menggunakan sistem tertulis. Sistem online ini digunakan dengan tujuan pengenalan teknologi kepada siswa di zaman industri empat nol ini dan juga efisiensi penilaian oleh guru pengampu mata pelajaran khusunya guru mata pelajaran kelas X.

Keputusan pihak SMA N 1 Pekalongan untuk melaksanakan PHB berbasis online menimbulkan problematika dari berbagai pihak. Pihak sekolah merasa bahwa dengan melaksanakan PHB berbasis online dapat menghemat anggaran daripada PHB dengan menggunakan kertas. 

PHB yang diselenggarakan secara online dapat memudahkan para guru untuk mengawasi siswa terutama saat siswa melaksanakan PHB. Guru dapat mengetahui seberapa jauh siswa dalam mengisi setiap soal saat PHB tidak hanya itu guru juga dapat mengetahui soal-soal yang sulit atau mudah bagi siswa agar dapat di evaluasi”. Ujar Pak Henis selaku Panitia PHB.

PHB online di SMA N  1 ini menggunakan smartphone milik sendiri, yang mempunyai kendala pada smartphonenya dapat menggunakan fasilitas yang telah disiapkan, untuk mengurangi kecurangan yang ada sekolah telah menyiapkan aplikasi dimana siswa tidak dapat keluar ataupun menscreenshoot layar smartphone masing-masing. PHB ini memiliki kelebihan yaitu, siswa langsung terpantau oleh guru dan sekolah juga mengurangi penggunanaan kertas yang berlebihan. Namun, PHB online juga membuat kondisi mata siswa kurang fit karena terlalu lama menatap layar Smartphone mereka. Pada awal pelaksanaaan PHB online pun siswa merasa sedikit terganggu karena jaringan yang sulit dan problem pada sistem pusat.

"Walaupun susah sinyal tetapi lebih mudah menggunakan sistem online daripada tertulis" ujar salah satu siswi kelas X saat dihubungi oleh tim Jurnalistik SMANSA.

Diharapkan kedepannya sistem PHB online ini dapat dilaksanakan tidak hanya pada kelas X saja, tetapi dapat dilaksanakan oleh seluruh siswa dari kelas X, XI, dan XII tanpa ada kendala pada jaringan internet pada sekolah.



Di laporkan oleh:

1.Nawal
2.Chika
3.Arjunnaja
4.Nabila
5.Nadhifa
6.Nauroh
7.Mumtaz
8.Sulthon
9.Dewi
10.Septiani
11.Dafa Tiara
12.Hifni

Post a Comment

Previous Post Next Post
iklan-728
iklan-728