Kordika 2019 : Tingkatkan Persatuan Hadapi Rintangan


Kegiatan Penjelajahan (sumber : panitia kordika)

Hai Kartinians!!!
Tepat setelah kegiatan Penilaian Akhir Semester selesai, yaitu pada tanggal 6 – 8 Desember 2019 telah diselenggarakan kordika. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan pramuka yang ditujukan kepada siswa kelas XI.

Pada hari pertama, siswa kelas XI berkumpul di sekolah guna mengikuti apel pembukaan kordika. Setelah mengikuti apel pembukaan, dilaksanakan salat jumat di Masjid Al-Alim bagi siswa muslim. Peserta diberangkatkan menuju Bumi Perkemahan Selopajang selepas salat jumat, dan sampai di tempat tujuan pada sore hari. Sesampainya di tempat tujuan peserta langsung dihadapkan dengan sebuah penjelajahan, peserta dituntut untuk mengikuti tali berwarna biru (bagi yang melewati jalan raya), dan mengikuti tali merah (bagi yang melewati jalur bawah). Seusai penjelajahan, dilaksanakan salat maghrib berjamaah lalu dilanjutkan acara makan malam. Kegiatan hari itu belum usai, setelah makan malam peserta dibuat terhibur dengan acara pensi dan sarasehan.

Hari kedua kordika, dimulai dengan salat subuh berjamaah dan disambung dengan bersih-bersih diri. Suasana pagi yang dingin diakali oleh panitia dengan melakukan senam bersama untuk sedikit menghangatkan badan. Tak cukup dengan senam pagi, kegiatan dilanjutkan dengan sarapan bersama. Setelah melakukan pemanasan dan mengisi perut, peserta telah siap mengikuti beberapa rangkaian kegiatan . Kegiatan hari itu diisi dengan pengembaraan yang dilakukan dari Bumi Perkemahan Selopajang menuju Wonobodro dan kembali lagi ke Bumi Perkemahan Selopajang. Tak semudah itu, peserta harus mengambil pita berwarna merah atau biru selama pengembaraan untuk ,mendapat poin tertentu. Kegiatan pengembaraan ini selesai sekitar sore hari, seusai mengikuti pengembaraan peserta dipersilahkan untuk beristirahat sejenak sebelum mengikuti kegiatan api unggun. Namun, karena pada malam itu turun hujan, kegiatan ini dibatalkan dan digantikan dengan pensi dan nobar.

Seperti biasa, keesokan harinya pada tanggal 8 Desember 2019 peserta melaksanakan salat subuh berjamaah, bersih-bersih diri, dan sarapan. Karena hari itu adalah hari terakhir mereka di Bumi Perkemahan Selopajang, maka peserta dengan sadar diri ,membersihkan pendopo yang selama perkemahan mereka gunakan sebagai rumah pengganti. Selesai bersih-bersih pendopo, siswa bergegas untuk pulang. Peserta pulang sekitar pukul 08.00 dari Bumi Perkemahan Selopajang dan sampai di SMANSA sekitar pukul 10.00 pagi


Post a comment

0 Comments

close