Tips Buat Kamu yang Mau ke Pare

Sebentar lagi, SMANSA lewat ekstrakurikuler English Club akan mengadakan English Camp pada tanggal 11-17 Desember 2019 di Kampung Inggris, Pare. Perkampungan yang terletak di Kediri, Jawa Timur ini dijuluki sebagai Kampung Inggris karena banyaknya lembaga kursus Bahasa Inggris di tempat ini, maka tak heran kalau banyak orang bicara bahasa Inggris dimana-mana. Disana Kartinians  bakal belajar bahasa Inggris dari grammar, speaking, vocab, sampai pronoun.
Nah, buat kalian yang akan mengikuti kegiatan ini, cimed bakal ngasih kamu tips untuk mempersiapkan diri selama berada di sana.

English Camp di Kampung Inggris Pare, Kediri 2017

Berikut ini adalah sedikit tips dan panduan untuk Kartinians yang akan mengikuti kegiatan E-Camp di Kampung Inggris Kediri yang berangkat pada selasa malam besok.

  • Bawa Pakaian Secukupnya. Biar tas kalian nggak berat dan penuh waktu berangkat, kalian bawa pakai secukupnya aja, toh kalian hanya seminggu di kampung Inggris. Oleh sebab itu pilihlah pakean yang kalian ingin bawa saja, kemungkinan disana juga lagi musim hujan seperti waktu E-Camp tahun sebelumnya disana juga sedang musim hujan. Kalian bisa membawa pakaian yang sekiranya pas untuk musim hujan, setidaknya yang mudah kering, ya meskipun nanti disana kalian dapat jatah laundry juga sih. Nah kalau pakaian yang kalian bawa tidak banyak, tentu saja koper atau tas kalian masih bisa muat untuk membawa oleh-oleh yang banyak untuk keluarga di rumah. 
  • Bawa Masker. Nah ini penting juga tauk, karena nanti kalian akan naik kereta jadi masker bisa untuk menutupi mulut kamu pas lagi tidur. Kalian gak mau kan pas lagi tidur mulutnya kemasukan laler gara-gara menganga gitu, dan so pasti kalau lagi tidur kan kita gak tau muka kita kayak gimana, jadi mending ditutupi masker aja
  • Obat-Obatan Pribadi. Nah, obat-obatan ini sangat diperlukan agar kamu nggak sakit waktu disana, sayang sekali kalau sudah sampai sana tapi justru jatuh sakit. Apalagi bagi kalian yang memiliki sakit khusus misalnya kalau kena angin dikit langusng masuk angin, atau kena hujan langsung flu, maka wajib buat kalian untuk membawa obat-obatan sendiri meskipun disana disediakan. Jangan lupa jaga kesehatan juga.
  • Uang Secukupnya. Kalau pergi kesuatu tempat tidak afdol rasanya kalau tidak wisata kuliner makanan setempat. Nah disana jajanannya murah-murah dan enak-enak kok. Kalau kamu suka wisata kuliner boleh dicoba untuk mencicipi beberapa makanan di kampung Inggris, satu rekomendasi dari kita yang pernah ke sana adalah pentol (kalau di Pekalongan sih cilok, tapi ini bukan aci, tapi beneran rasa daging gitu) kamu perlu cicip-cicip makanan disana pokoknya dan beli oleh-oleh buat keluargamu dirumah. Untuk oleh-oleh pastikan beli yang tahan lama ya meskipun itu makanan.
  • Bawa Buku & Alat Tulis. Kamu pasti akan dapat banyak materi disana, sangat perlu kita catat agar ilmunya bisa kita bagikan juga ke teman-teman lainnya. Mosok mau belajar kok tidak membawa alat tulis, kalau dicatat di hp memang bisa sih, tapi kan apakah kecapatan nulis dan ngetik kamu sama, pasti tidak kan. Nanti disana biasanya dapat buku juga tapi alangkah lebih baikya bawa buku satu buat mencatat materi yang dikasihkan.  
  • Kelengkapan Gadget. Kalau yang ini pasti tidak akan terlupkan, karena kebanyakan kita seperti tidak bisa hidup tanpa adanya smartphone dan segala kelengkapanya. Charger, kabel data dan paketan penuh adalah beberapa hal yang wajib ada di setiap perjalan kita kan ?
  • Gak Usah Bawa Kamera. Kenapa gak usah bawa kamera? kan nanti gak bisa foto2 selama disana. Selain nanti akan nambah beban barang yang dibawa, kan kalian disana tugasnya belajar, bukan berwisata. Toh nanti selama disana kalian didampingi oleh fotografer handalnya SMANSA yang siap mengabadikan semua aib dan kekonyolan kalian selama di kampung Inggris. So, gak usah bawa kamera, biar itu urusanya pendamping kalian nanti. 
  • Solat Boleh Dijamak atau di Qoshor. Iya karena kalian akan melakukan perjalan safari yang jaraknya lebih dari 90km dan pada saat kalian berangkat bertepatan dengan waktu mahrib mepet isya, maka sebelum kalian berangkat nanti, kalian boleh kok menjamak sekaligus mengqoshor sholat mahrib dan isyaknya. Oleh sebab itu kalian yang muslim harusnya sudah tau gimana tata cara sholat jamak dan qoshor serta niatnya. Tapi selama di Pare ya gak sudah jamak dan qoshor juga karena kalian akan menetap di sana lebih dari 4 hari lamanya. Bagi yang lupa tata cara dan niatnya bisa dibaca disini
Terakhir, sebelum kalian berangkat pastikan kalian sudah tidak punya tanggung jawab atas apa yang ada di sekolah, misalnya tugas sekolah yang belum dikumpulkan, remidi yang harus diikuti juga harus sudah selesai semua. Pastikan ke guru kalian masing-masing apakah kalian termasuk siswa-siwa yang punya prestasi khusus yang harus kalian selesaikan sebelum pembagian rapot nanti. 

Nah itu aja sih sedikit tips dari kita untuk kalian yang sebentar lagi akan belajar bahasa Inggris di kampung Inggris Pare, Kediri. Good luck and have a great experience there.

Post a Comment

Previous Post Next Post
iklan-728
iklan-728