Kegiatan Pungut Sampah Untuk Lingkungan Sekitar

 Dalam memeriahkan Program Adiwiyata, perwakilan organisasi dan ekstrakurikuler SMA Negeri 1 Pekalongan mengadakan Aksi Kegiatan Pungut Sampah yang dilaksanakan pada Jumat, 16 April 2021 dari pukul 16.00 WIB sampai selesai. Kegiatan ini dilaksanakan di Pantai Krematorium, Pekalongan. Partisipan dari kegiatan ini yaitu seluruh perwakilan organisasi dan ekstrakurikuler SMANSA yang ditentukan oleh pihak sekolah dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.


 

Syafira Ruwais, selaku salah satu partisipan kegiatan ini mengatakan bahwa tujuan utama diadakan Kegiatan Pungut Sampah adalah untuk menjaga dan melestarikan lingkungan serta mengajak semua yang terlibat untuk peduli dengan permasalahan sampah karena permasalahan sampah merupakan suatu permasalahan yang krusial saat ini. 

Mekanisme pelaksanaan kegiatan juga tidak terlalu sulit serta tidak menguras banyak tenaga. "Seperti biasa, kami memungut sampah yang berserakan di pantai lalu dikumpulkan menjadi satu dalam kantong. Untuk rangkaian kegiatanya yaitu hanya pungut sampah saja." Jelas Syafira mengenai mekanisme aksi pungut sampah.


 

Tata cara pengolahan sampah yang sudah dipungut dikelola sebaik mungkin. "Pilah terlebih dahulu antara sampah yang masih bisa dikelola dan yang tidak, untuk sampah yang masih bisa dikelola atau dimanfaatkan lagi kami serahkan kepada dinas terkait untuk didaur ulang, kemudian sebagian sampah yang tidak bisa dimanfaatkan lagi langsung dibuang ke TPS."

Sebagai salah satu partisipan dalam kegiatan tersebut, Syafira berharap agar kedepannya kegiatan seperti ini selalu berkesinambungan serta dapat menumbuhkan kesadaran bagi masyarakat terutama warga SMANSA tentang pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan. 



Aksi Pungut Sampah ini sangat bermanfaat untuk wilayah Pekalongan dan sekitarnya. Selain bisa mengurangi sampah di laut, kegiatan ini juga bisa menyelamatkan tumbuhan dan hewan laut serta mencegah terjadinya berbagai macam bencana laut. Kegiatan Aksi Pungut Sampah ini dapat menjadi kesempatan untuk menanamkan rasa peduli lingkungan terhadap alam sekitar dalam diri generasi muda Indonesia.

Post a comment

0 Comments

close