Cara untuk tetap tenang ditengah dunia yang sibuk

Kalian pernah ga, saking sibuk dan padatnya jadwal kalian, kalian jadi sangat terburu-buru, gampang lelah, bahkan stress karena memikirkan banyak sekali hal yang harus kalian selesaikan? Pasti Sebagian besar dari kalian sering merasakan hal ini. Maka, buku The Things You Can See Only When You Slow Down akan sangat cocok untuk kalian.

Buku The Things You Can See Only When You Slow Down ini ditulis oleh Haemin Sunim, seorang biksu Buddha asal Korea Selatan yang mengajar meditasi zen. Buku ini diterbitkan tahun 2012 dan menjadi buku best-seller selama 41 minggu, terjual mencapai lebih dari tiga juta eksemplar di Korea, bahkan meraih berbagai penghargaan sebagai buku terbaik sepanjang tahun. Buku ini juga direkomendasikan oleh salah satu member Seventeen, The8.






Buku ini berisi ajakan untuk tetap tenang ditengah dunia yang super cepat dan sibuk ini. Banyak hal-hal kecil yang indah yang kita hanya bisa menyadari atau melihatnya saat kita melambat, saat kita tetap tenang. Terkadang sesuatu yang terlalu ekspres membuat kita lupa akan makna sesungguhnya.

"Apabila kita tahu cara untuk merasa cukup, kita akan mengurangi kerja keras kita dan menyambut kedamaian. Apabila kita tahu cara untuk merasa cukup, kita bisa menikmati waktu bersama orang terkasih di sisi kita. Apabila kita tahu cara untuk merasa cukup, kita bisa berdamai dengan masa lalu dan membuang beban hidup kita." (The Things You Can See Only When You Slow Down, hlm. 17)

 

Buku The Things You Can See Only When You Slow Down dibagi menjadi delapan sub-bab. Dibuka dengan sub-bab “Rest”, kemudian “Mindfulness”, “Passion”, “Relationships”, “Love”, “Life”, “The Future”, dan terakhir “Spirituality”. 8 sub-bab tersebut memuat refleksi terhadap bidang kehidupan yang kita lalui sehari-hari. Tentang kita sendiri, pekerjaan, teman, cinta, masa depan, sampai spiritual.

Gaya bahasa yang digunakan pada buku ini adalah gaya bahasa sederhana yang mudah dimengerti, ditambah dengan ilustrasi yang mendukung. Oleh karena itu, buku ini cocok untuk dibaca oleh kalangan remaja hingga dewasa.

Tidak seperti buku untuk self-help dan development lainnya, Haemin Sunim tidak memberikan tips dan instruksi secara tersurat, tetapi melalui gagasan dan rangkaian kalimat yang dapat kita renungkan dan temukan sendiri jawabannya

 

“Mereka yang bekerja dengan cara yang menyenangkan dan santai cenderung bekerja secara efisien dan kreatif. Mereka yang bekerja tanpa henti, hanya didorong oleh stres, bekerja tanpa kegembiraan.” (The Things You Can See Only When You Slow Down)

 

Akan banyak sekali kalimat yang relate dengan kita dijaman sekarang ini. Seringkali kita bekerja dengan paksaan. Padahal bekerja terus-terusan dan tertekan membuat kita tidak enjoy dan tidak bahagia saat menjalaninya. Mungkin kita sering berpikir, “Kapan ya kerjaanku selesai?” “Ini kenapa kerjaanku baru selesai ada lagi, selesai satu muncul seribu.”. Kerja atau tugas memang tidak akan pernah habis. Yang seharusnya kita lakukan adalah tetap tenang dan mengerjakan satu persatu dengan ikhlas dan bahagia, fokus pada 1 titik yang sedang kita kerjakan serta jangan lupa untuk beristirahat.

Untuk kalian yang sedang merasa sedih, cepat lelah, stress karena tugas, tertekan, terpuruk, atau bingung, buku The Things You Can See Only When You Slow Down bisa jadi solusinya. Ibarat mengobrol dengan psikolog, buku ini bisa membuat pikiran kalian tercerahkan atau bahkan menemukan prinsip hidup baru yang akan menuntun kalian ke hidup yang lebih baik


Post a Comment

Previous Post Next Post
Whats-App-Image-2021-12-09-at-2-11-16-PM
Whats-App-Image-2021-12-09-at-2-11-16-PM-1 ssssffsfsfs