Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan kegiatan kokurikuler berbasis proyek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan .  Projek tersebut dilakukan dengan menanamkan karakter pada pribadi peserta didik berdasarkan Nilai-nilai Pancasila. P5 berupaya menjadikan peserta didik sebagai penerus bangsa yang unggul dan produktif, serta dapat turut berpartisipasi dalam pembangunan global yang berkesinambungan.

Sesuai Visi Pendidikan Indonesia yaitu  mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila, maka Profil Pelajar Pancasila mendukung visi tersebut dengan menjadikan Pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai nilai-nilai pancasila. Prinsip P5 adalah Holistik, Kontekstual, Berpusat pada peserta didik, eksploratif.



Sebagai sekolah penggerak yang menerapkan Kurikulum Merdeka, SMA Negeri 1 Pekalongan akan melaksanakan kegiatan P5 dengan mengambil 3 tema, yaitu Kewirausahaan, Gaya Hidup Berkelanjutan dan Kearifan Lokal.

Kegiatan P5 tahap 1 yang dilaksanakan dengan sistem  Blok dimulai tanggal 12 s.d 30 september 2022,  mengambil tema yang sama untuk semua siswa kelas X (Fase E) yaitu Kewirausahaan dengan tujuan “Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Gen Z”
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMA Negeri 1 Pekalongan diawali dengan Pembekalan P5  oleh  Tim KP SMA Negeri 1 Pekalongan. Kegiatan Pembekalan P5 diawali sambutan  Kepala SMA Negeri 1 Pekalongan Bapak Yulianto Nurul Furqon, M.Pd, dilanjutkan  penyampaian materi Pembekalan P5 oleh Tim Komite Pembelajaran tentang jurnal harian kegiatan selama 3 minggu ke depan, apa saja yang harus dilakukan selama kegiatan P5.

Pada hari pertama kegiatan yang harus dilakukan ke siswa diantaranya adalah :

    • Persiapan pengenalan projek
    • Pengenalan Projek
    • Pembagian Kelompok
    • Kesepakatan Kelas
    • Perkenalan Fasilitator
    • Menggali topic kewirausahaan
    • Menggali tentang impian, tantangan, harapan, dan kekhawatiran dalam projek
    • Pembagian tugas kelompok
    • Membuat identitas name tag yang dipakai siswa selama P5
    • Membuat yel-yel kelompok P5

Semua kegiatan di hari pertama dilaksanakan dengan baik oleh siswa didampingi fasilitator  dan dilaksanakan di lingkungan sekolah, baik di dalam kelas, perpustakaan, gazebo dan taman sekolah.

Semoga kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar PAncasila akan berjalan sesuai harapan kita semua, dan mencapai tujuan  yang diharapkan dari P5 adalah dapat mencetak lulusan di setiap jenjang pendidikan yang kompeten, berkarakter dan berperilaku sesuai nilai-nilai pancasila.

Post a Comment

Previous Post Next Post
iklan-728
iklan-728