Merah Membara, SMAN 1 Pekalongan Suarakan Gema Anti Narkoba

Pada 22 Februari 2023, seluruh siswa/siswi SMA Negeri 1 Pekalongan berkumpul di lapangan dengan menyuarakan Gema Anti Narkoba dalam rangka partisipasi para pelajar di Kota Pekalongan untuk memecahkan rekor MURI yang begitu pula dilakukan oleh beberapa sekolah di Indonesia lainnya, yang kemudian di unggah pada akun YouTube.


Bu Erna Yuliana, selaku Wakarus Kesiswaan, menyatakan bahwa tujuan kegiatan ini diadakan yaitu untuk mengajak para pelajar yang rentan terjerumus kedalam narkoba, untuk memerangi dan menghindari narkoba karena dampaknya dapat merusak generasi penerus bangsa.


Rangkaian acara dimulai pada hari Jum’at 17 Februari sebagai latihan untuk menghafalkan MARS BNN yang berisi gerakan pemberantasan narkoba. Rekaman video dilakukan pada hari Rabu 22 Februari 2023 dari pukul 14.45 sampai 15.30. Para siswa/siswi mengenakan seragam kotak-kotak dan almamater. Bu Erna Yuliana berharap, seluruh murid dapat meresapi setiap bait-bait yang tertuang dan menunjukkan kesadaran dampak dan cara pemberantasannya, karena di dalam narkoba terdapat zat adiktif yang menyebabkan kecanduan.


Efek narkoba dapat merusak kesehatan secara fisik dan kejiwaan. Narkoba diketahui bisa mengakibatkan kecanduan, gangguan serius, penyakit dan kematian. Pada anak remaja, menyalahgunakan narkoba dapat membuat mereka mengembangkan masalah kesehatan, seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan gangguan tidur. Narkoba juga bisa memengaruhi kecerdasan anak remaja. Sebab obat-obatan tersebut bisa merusak memori jangka panjang dan jangka pendek, sehingga akan mengalami masalah pembelajaran dan memori di kemudian hari.


Semua warga sekolah ikut berpartisipasi dalam pencegahan narkoba, begitupula masyarakat terkait dan peran orangtua yang ikut serta mendukung adanya gerakan ini, dengan mengawasi anaknya. Tidak ada kendala saat melakukan kegiatan, karena sebelumnya sudah mempersiapkan dengan baik.





Post a Comment

Previous Post Next Post
iklan-728
iklan-728