MPLS dan KOD 2023: Siapkan Dirimu Tuk Jadi Kartinians Sejati!

 Halo Kartinians! 


Tahun Ajaran baru telah tiba. Sudah saatnya kita memasuki masa pengenalan lingkungan sekolah atau yang biasa disingkat sebagai MPLS adalah kegiatan pertama masuk sekolah untuk perkenalan program, sarana dan prasarana di sekolah, cara belajar, juga penanaman konsep pengenalan diri, serta pembinaan awal kultur sekolah. MPLS yang diadakan di SMAN 1 Pekalongan digelar selama 3 hari dari tanggal 17-20 Juli 2023 yang dimana hari Jumat tanggal 14 Juli 2023 siswa siswi harus menjalani Pra MPLS terlebih dahulu. Dengan diadakannya MPLS bertujuan untuk mengenalkan kepada peserta didik baru, mulai dari lingkungan, adat dan budaya, visi dan misi, metode pembelajaran, kurikulum, kebijakan sekolah, memberikan pengetahuan baru yang berkaitan dengan sekolah yang tahun ini berfokus pada sekolah adiwiyata dan sekolah ramah anak. 


Pada kegiatan MPLS rangkaian kegiatannya sangat beragam, diawali dengan Upacara Pembukaan pada d-1 MPLS dan berdoa bersama serta menyanyikan lagu Indonesia Raya pada d-2 dan d-3, dilanjutkan menyanyikan lagu adat dan yel-yel angkatan bersama-sama di lapangan, kemudian juga terdapat penyampaian materi baik dari narasumber internal yakni Bapak/Ibu Guru dengan tema Kebijakan Sekolah, Kurikulum Merdeka, Tata Tertib, dan Studi Lanjut, memperkenalkan Bapak/ Ibu Guru guna untuk pembuatan Album Guru, serta tidak kalah penting kegiatan pembuatan Future Board dengan tema: What's your goal in SMANSA, dan kegiatan Pentas Seni dari peserta didik baru untuk menunjukkan kreativitas mereka. 


Adapun harapan diselenggarakan kegiatan MPLS "Harapan untuk KIS 26 yang paling utama yaitu semoga apa yang sudah disampaikan baik ketika Pra-MPLS maupun MPLS dapat dijadikan pelajaran untuk terus diimplementasikan dalam kegiatan sehari-hari. Kesuksesan MPLS 2023 hanya dapat diwujudkan dengan KIS 26 yang berkarakter" Kata Nafilah selaku ketua panitia MPLS 2023.



Acara MPLS sendiri ditutup dengan KOD atau yang juga disebut Kartini Organization Day. KOD 2023 adalah acara bergengsi yang diselenggarakan oleh organisasi Majelis Perwakilan Kelas SMA N 1 Pekalongan untuk mempromosikan beragam ekstrakurikuler dan organisasi yang terdapat di SMANSA. 

Tujuan dari KOD sendiri adalah agar para peserta didik baru dapat menemukan organisasi atau ekstrakurikuler yang tepat untuk berkembang sesuai dengan minat dan bakat mereka masing-masing. Acara ini telah dinantikan dengan penuh antusiasme, terutama karena ini merupakan kali pertama KOD dilaksanakan secara offline setelah tiga tahun lamanya.


Pada tahun ini, terdapat total 19 organisasi dan organisasi ekstrakurikuler yang berpartisipasi dalam KOD 2023. Di antaranya, terdapat MPK, OSIS, PASSUSBRA, GAMARAKA, RaMA, Wanalana, KIR, English Club, Computing Club, Jurnalistik, Smansazone, MICS, Shinobu, Beta Dance, Basket, Volly, Badminton, dan Taekwondo yang berupa Show off dan Stand Bazzar


Berkat persetujuan dari para pembina, kedua rencana ini berhasil terrealisasikan. Acara Show Off menampilkan penampilan yang mengesankan dari beberapa organisasi dan ekstrakurikuler seperti RaMA, PASSUSBRA, MICS, Beta Dance, English Club, KIR, Basket, dan PMR. Sementara itu, Stand Bazzar memungkinkan seluruh organisasi dan ekstrakurikuler untuk mempromosikan diri mereka dengan membuka stand bazaar semenarik mungkin.


Sebagai acara tahunan, KOD 2023 memberikan harapan dan inspirasi untuk tahun-tahun berikutnya. Para panitia KOD berharap bahwa KOD 2024 akan menjadi lebih baik lagi dengan menampilkan Show Off dari seluruh organisasi dan organisasi ekstrakurikuler, serta mungkin dapat menghadirkan inovasi-inovasi baru yang menarik.


Terakhir, kepada adik-adik siswa angkatan KIS 26, jangan ragu untuk memilih organisasi dan ekstrakurikuler yang tepat untuk kalian. SMANSA adalah tempat yang tepat untuk mengeksplorasi minat dan bakat, serta mencoba hal-hal baru. Jadilah bagian dari KOD dan temukan passionmu di sini!

Stand KOD Jurnalistik 2023


Sekian liputan mengenai acara MPLS dan Kartini Organization Day (KOD) 2023. Selamat atas keberhasilan putra putri Bapak Ibu yang telah menjadi bagian dari keluarga besar SMA Negeri 1 Pekalongan.

Untuk itu, ucapan selamat tak lupa kami ucapkan atas keberhasilan kalian yang telah menjadi bagian dari keluarga besar SMA Negeri 1 Pekalongan.


Viva SMANSA!

Post a Comment

Previous Post Next Post
iklan-728
iklan-728