Menggali Karakter Dalam Kemandirian, GAMARAKA Gelar Kegiatan PERTIKA 2023

Perkemahan Bakti Pramuka atau yang biasa dikenal dengan sebutan PERTIKA, telah sukses dilaksanakan di Wisata Agro Selopajang Timur, Kabupaten Batang pada tanggal 27 sampai dengan 29 Agustus 2023. Acara ini bertujuan untuk membentuk karakter yang mandiri, berpikir kritis, kreatif, dan meningkatkan kualitas antar pramuka penegak gugus depan 01.001 dan 01.002 SMA N 1 Pekalongan.


Ketua Acara PERTIKA 2023, Narinda Ardhana Pranasatria, bersama dengan peserta Carissa Rahmania Irkham dan Abdul Aziz, berbagi pengalaman mereka selama acara tersebut. 


Sebelum kegiatan ini digelar, sejumlah persiapan telah dilakukan, termasuk rapat koordinasi panitia hingga rapat koordinasi dengan pembina. Selain itu, para peserta PERTIKA juga melakukan persiapan untuk mengikuti kegiatan ini. Mulai dari persiapan untuk penugasan sangga maupun penugasan pribadi.


Kegiatan PERTIKA 2023 menyajikan sejumlah kegiatan menarik, yaitu Upacara Pembukaan yang dilakukan pada hari pertama di Selopajang, pemberian materi kompas oleh Kak Bambang Yulianto, lomba pionering, dan Master Chef Gamaraka (MCG). Tak hanya itu, salah satu ajang bergengsi dalam kegiatan PERTIKA adalah pemilihan Duta Gamaraka (DuGam). Duta gamaraka dipilih berdasarkan prestasi dan pengetahuan kepramukaannya. 




Selanjutnya, malam puncak kegiatan PERTIKA 2023 diisi dengan upacara api unggun yang menjadi simbol kepramukaan serta penampilan Gamaraka Got Talent (GGT) yang menampilkan seluruh talenta yang dimiliki oleh peserta PERTIKA 2023.


Momen GOA (Gamaraka on Adventure) menjadi salah satu momen paling menyenangkan dan berkesan bagi peserta. Seluruh peserta merasa antusias selama pelaksanaan kegiatan ini. Selain dapat mengukir pengalaman yang menyenangkan, PERTIKA 2023 juga dapat meningkatkan kreativitas serta dan meningkatkan jiwa kepemimpinan bagi peserta. Kegiatan ini juga membantu mereka meningkatkan rasa percaya diri dan pengetahuan tentang kepramukaan.


Sebagai akhir kata, Ketua Acara PERTIKA 2023 juga berpesan agar para peserta dapat mengimplementasikan pengetahuan dan keterampilan yang peserta dapatkan selama mengikuti rangkaian kegiatan PERTIKA 2023.


[Reporter : Jurnalistik '26] 


Post a Comment

Previous Post Next Post
iklan-728
iklan-728