Penerapan Wirausaha Berorientasi Ganda: Meraih Keuntungan Finansial dan Dampak Positif Secara Sosial

Hallo rekan-rekan kelas 10! Bagaimana persiapan kalian untuk P5 kali ini?


Menjadi seorang wirausahawan bukanlah hal yang mudah. Perlu keterampilan   dan pengetahuan untuk mencapai tujuan bisnis yang optimal serta berkualitas. Sebelumnya, kalian harus tahu dulu apa itu kewirausahaan.

source : smainformatika.sch.id

Kewirausahaan adalah aktivitas atau proses yang melibatkan penciptaan, pengembangan, dan pengelolaan usaha atau bisnis dengan tujuan untuk menciptakan nilai, mengidentifikasi peluang, serta mengelola risiko untuk mencapai keberhasilan bisnis. 


Untuk menjadi seorang wirausahawan yang baik, kalian tak hanya harus berfokus pada keuntungan secara finansial, tapi juga dampak secara sosial. Maksudnya apa sih?


Jadi, tujuan utama dari bisnis berdampak sosial adalah menciptakan nilai positif secara sosial sekaligus mencapai pengembangan diri dari seorang wirausahawan. Kalian bisa menggabungkan minat, keterampilan, dan sumber daya yang kalian miliki, sembari berfokus pada tujuan finansial. 


Salah satu bisnis berdampak sosial yang pernah digarap oleh siswa-siswi SMA N 1 Pekalongan dalam kegiatan P5 2022 adalah PT Eleuther yang dikelola oleh siswa-siswi X Kartini 6. Bergerak dalam visi “Terwujudnya jiwa kewirausahaan yang sesuai dengan esensi profil pelajar Pancasila yang kreatif dan kolaboratif”, PT Eleuther berorientasi pada penyelenggaraan kegiatan webinar nasional. 


Produk pertamanya, webinar berjudul "Tips Trik Raih Beasiswa ke Luar Negeri," telah menjadi sumber informasi dan motivasi bagi peserta yang bercita-cita untuk melanjutkan pendidikan mereka di luar negeri. 


Dalam webinar ini, PT Eleuther menghadirkan enam pembicara berpengalaman yang merupakan peraih beasiswa dari dalam maupun luar negeri. Yang lebih mengagumkan, akses ke webinar ini terjangkau dengan biaya 5 ribu rupiah per peserta, dan setiap peserta menerima e-sertifikat sebagai bukti partisipasi mereka dalam acara tersebut. 


Di sisi lain, PT Eleuther tetap mementingkan keberhasilan finansialnya, loh! Dengan penanaman modal yang minim, webinar nasional dapat meraih banyak keuntuntungan dari kontribusi finansial pesertanya. Keren, ya!


Belajar dari PT Eleuther, kewirausahaan harus memiliki pengaruh positif bagi pengusaha maupun masyarakat. Bagi pengusaha, kewirausahaan memberikan pengalaman berharga dalam mengelola bisnis, mengasah keterampilan kepemimpinan, serta meningkatkan kreativitas dan inovasi. PT Eleuther memberikan kesempatan pada anggotanya untuk merancang, mengelola, dan mempromosikan webinar nasional, sehingga memberikan pengalaman praktis dalam berbisnis. Ini membantu mereka mengembangkan keterampilan berkomunikasi, manajemen waktu, dan kepemimpinan yang akan berguna dalam berbagai aspek kehidupan mereka kedepannya.


Sementara itu, dampak kewirausahaan pada masyarakat juga sangat penting. PT Eleuther menyediakan webinar berkualitas dengan harga terjangkau serta memberikan akses pendidikan dan informasi yang bernilai kepada masyarakat secara praktis dan efisien.


Kembali ke topik utama, menjadi pribadi yang peka terhadap peluang pasar adalah basic skill yang harus dimiliki oleh seorang wirausahawan. Funfact, kewirausahaan dapat dibagi menjadi dua berdasarkan tujuannya, loh! 


Pertama, kewirausahaan yang berfokus pada mencari peluang baru cenderung mengidentifikasi kebutuhan pasar yang belum terpenuhi. Disini, kalian dapat menciptakan produk atau layanan baru untuk memenuhi peluang-peluang dengan menciptakan inovasi yang unik dan belum pernah ada sebelumnya. Untuk menciptakan inovasi, kalian dapat menerapkan konsep “Amati, Tiru, Modifikasi” untuk mengembangkan ide atau produk yang sudah ada dengan ciri khas kalian sendiri.


Kedua, kewirausahaan yang berfokus untuk mengatasi tantangan yang sudah ada cenderung melihat masalah atau tantangan yang sudah ada di masyarakat atau pasar, dan mereka berupaya mencari solusi untuk masalah tersebut. 


Oh, ya! untuk mencapai keberhasilan dalam berwirausaha, kalian juga perlu menyiapkan Business plan yang yang mencakup tujuan, strategi pemasaran, struktur biaya, dan proyeksi pendapatan. Business plan diperlukan untuk membuat tujuan bisnis yang terstruktur serta memudahkan kalian untuk mematok harga yang sesuai dengan produk dagangan kalian. Jadi, jangan asal-asalan dalam membuat business plan loh, ya!


Dalam perjalanan menuju kewirausahaan yang sukses, jangan lupa untuk terus belajar dan berkembang. Jadilah peka terhadap peluang, berani mengambil risiko, dan kreatif dalam menciptakan solusi. Ingatlah bahwa setiap kegagalan adalah peluang untuk belajar dan bertumbuh kembang. Selamat berwirausaha, rekan-rekan kelas 10!

Post a Comment

Previous Post Next Post
iklan-728
iklan-728