Yang Harus Dibawa Sebelum Kelas XI ke Bali

Abadikan dirimu sebanyak mungkin

Tanggal 30 Maret 2020 nanti kelas XI akan mendapatkan kesempatan untuk studi wisata ke pulau Dewata Bali, tapi bau-baunya sih kelas XI sudah pada bau gosong panas sinar matahari patai Kuta, hehehe. Mungkin sebagian besar dari kalian sudah pernag ke Bali beberapa kali, atau ada yang hampir setiap tahun liburan ke sana, atau bahkan setiap ada liburan semester kalian ke sana mengunjungi kerabat atau keluarga yang tinggal di pulau seribu pura itu. Bagi yang sudah sering ke Bali atau minimal sudah pernah ke Bali pasti sudah tau kondisi disana seperti apa, barang apa saja yang perlu dibawa selama berlibur kesana, dan harus ngapain aja selama disana biar dapat foto-foto yang instagramable untuk dipameri  ke netijen yang maha kuasah. 



Nah, sambil kalian (kelas XI) packing padahal berangkatnya masih lama, kali ini tim majalah Cimed mau berbagai tips dan trik buat kelas XI yang akan ke Bali biar disana bisa enjoy dan dapat foto-foto bagus untuk dikenang.

Pertama kira-kira barang apa saja yang perlu dibawa saat kalian mau pergi berlibur ke Bali? Nah ini adalah beberapa barang atau keperluang yang sekiranya perlu dibawa sebelum kalian berangkat liburan ke Bali. 
Bawa masker


Bawa Masker. Iya bawa masker, masker buat nutupin mulut dan hidung ya, bukan masker wajah biar wajah kalian tidak gosong karena kelamaan di luar ruangan selama di Bali nanti. Selain untuk melindungi diri kamu dari virus yang sekarang lagi rame, masker juga berfungsi untuk menutup mulut kamu saat kamu tiduran di dalam bus, kamu gak mau kan saat lagi tiduran terus mulut kamu menganga (membuka lebar) lalu tiba2 ada cicak atau kacang yang masuk mulut kamu. Untung kalo cicak ato kacang, lah kalau temen kamu yang usil bisa aja kamu bakal jadi bahan uji coba belajar fotografinya mereka dengan mengabadikan aib kalian di dalam kamera lalu di upload di instagram atau hanya sekedar disimpan untuk kenang-kenangan setelah nanti pulang dari Bali.

Kalau kalian takut atau terlalu kwatir soal virus korola, mending selama di Bali jangan terlalu berinteraksi dengan orang yang tidak dikenal. Tapi kalau gak ada masalah ya silahkan gunakan waktu kalian untuk menikmati wisata di Bali. Tapi inget, jangan terlalu kwatir, tapi harus tetap jaga kesehatan dan jaga diri selama di Bali.

Bawa barang secukupnya
Bawa pakaian secukupnya saja, iya secukupnya saja, kalian pasti bisa mengira-ngira berapa helai pakaian yang cukup untuk kalian bawa dan pakai selama liburan di Bali, karena nanti pasti di toko oleh-oleh seperti Joger ataupun Krisna kalian kemungkinan juga bakal beli beberapa helai entah itu kaos ataupu  baju adat sana sebagai kenang-kenangan. Dengan membawa pakaian secukupnyan ruang di dalam tas ataupun koper kalian bisa dimanfaatkan untuk wadah oleh-oleh ataupun souvenir yang akan kalian berikan kepada saudara, tetangga, temen atapun ke kita (redaksi majalah Cimed). Kalau tas ataupun koper kalian bisa muat diisi tambahan oleh-oleh atau souvenir itu maka kalian juga jadi tidak ribet untuk menempatkan barang-barag kalian selama di bus, dan pastinya waktu di bawa turun dari bus jadi semakin mudah plus gak kelihatan kayak habis mborong oleh-oleh untuk warga sekampung.

Pakai sandal adalah anjuran kita untuk kelas XI yang akan ke bali, yah meskipun nanti kalia akan kunjungan ke universitas dan tentunya harus memakai sepatu, namun kalian bisa mebawa sandal untuk dikenakan selama di bus dan saat kalian bermain basah-basahan di pinggir pantai. Selain itu, ini jaga masih musim penghujan, belum lagi nanti kalian harus ke kamar kecil waktu istirahat selama perjalana karena biasanya bus yang digunakan memang tidak terdapat toiletnya. Kalau menurut pengalaman pribadi penulis sih sandal jepit lebih asik dipakai selama naik bus dari pada jenis sandal yang lain, tapi pasti kalian gak mau pas turu  dari bus untuk jalan-jalan di tempat wisata memakai sandal jepitkan? Jadi bisa dipertimbangkan sandal yang nyaman dipakai lama untuk jalan-jalan menikmati wisata di pulau Dewata. 


Pakai sandal lebih nyaman

Bawa charger HP sendiri, jangan minjem punya orang lain karena belum tentu charger HP mereka punya tipe daya yang sama seperti punya kita, misal punya kamu sudah mampu mengisi daya dengan quick charge, belum tentu punya temen kamu juga seperti itu, oleh sebab itu bawa punya sendiri lebih asik dan nyaman ketimbang minjem.
Bawa charger hp sendiri dong
Janganlah engkau jadi orang yang suka meminjam punya orang lain selama kamu sendiri memilikinya.



Tas kecil yang bisa dibawa kemana-mana selama berlibur di Bali itu berguna banget untuk menyimpan HP, dompet, kamera, obat atau barang lain yang sekiranya akan sering dibawa ketika kalian mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada di bali. Secara tas pakaian/koper kalian sudah pasti ditinggal di bus ataupun di penginapan selama kalian jalan-jalan di Bali atau sekedar turun untuk makan saat perjalanan berangkat/pulangnya. Nah tas kecil ini membantu banget untuk menyimpan barang-barang yang paling sering kalian gunakan selama di perjalanan ataupun tempat wisata, karena kalian pasti gak mau kan membawa-bawa tas besar selama singgah di tempat wisata, itu gak nyaman dan berat guys. 

Bawa tas kecil
Bawa sajadah atau alas sholat sendiri, kalau ada yang tipis saja biar tidak membuat sesak tas kalian. Sajadah ini akan beramnfaat banget ketima kalian mengunjungi beberapa tempat wisata yang ternyata disana hanya menyediakan tempat sholat kecil dan alasnya juga hanya muat beberapa orang saja sedangkan kalian harus sholat juga selama berwisata di Bali, inget guys sholat itu kewajiban jadi tidak boleh ditinggalkan kecuali cewek yang berhalangan. Salah satu tempat yang biasanya dikunjungi oleh kartinians selama di Bali namun menyediakan tempat sholat yang kecil adalah di pantai Pandawa yang tempat sholatnya kecil dan harus ngantri, nah kalau kamu bawa sajadah atau alas sholat sendiri kamu bisa ngikut jama'ah di belakang tanpa harus takut tempat yang buat sujud kotor, pakai koran atau kain yang cukup lebar juga boleh buat alas sholatnya.


 
Suasana nganti sholat dan wudhu di tempat sholat pantai Pandawa
Oh iya, pastikan sholat kalian dijamak guys biar lebih mudah, karena kalian masih dalam kegiatan safar atau perjalanan, maka kalian punya hak untuk menjamak sholat-sholat tertentu menjadi satu waktu, so mumpung dikasih kesempatan makanya digunakan guys, kapan lagi dikasih keringanan sholat dengan menjamak menjadi satu waktu. 

Belajar fotografi
Pastikan baterai kamera atau HP kalian yang akan digunakan untuk foto-foto sudah terisi penuh, selama perjalan sebelum sampai ke tempat lokasi wisata kalian bisa mengecas baterai kamera atau HP kalian terlebih dahulu agar nantinya ketika kalian sampai di lokasi tempat wisata kalian bisa mengambil foto sebanyak yang kalian mau tanpa takut kehabisa baterai. Selain itu pastikan juga memori kamera atau HP kalian masih banyak untuk menyimpan foto-foto baru selama di Bali, bila perlu sebelum ke Bali pindahin dulu semua file dari memori kamera atau HP kalian agar ketika kalian di Bali bisa foto-foto tanpa takut memorinya penuh.

Selain itu kalian juga bisa lebih dahulu latihan fotografi sebelum berangkat ke Bali agar nantinya ketika kalian berada di tempat-tempat wisata di pulau Dewata sudah punya konsep mau memfoto seperti apa. Kalian bisa searching di internet beberapa teknik fotografi dan contoh-contoh foto yang juga banyak diambil di lokasi wisata pulau Dewata.  Karena pastinya kalian tidak mau kan selama di Bali tidak mendapatkan foto-foto yang bagus dan instagramable untuk diupload di sosial media berbagai foto yang paling hits di kalangan kalian agar nantinya feed instagram kalian isinya foto-foto keren yang kalian ambil sendiri. Perlu diperhatikan juga adalah, ketika kalian yang ngefoto, maka bisa jadi kalian tidak ada di dalam foto itu, itulah resiko ketika kalian menjadi fotografer, meskipun fotomu bagus-bagus dan instagramable tapi kamu akan sangat jarang sekalin berada di dalam foto kalian sendiri. Tapi kepuasan sendiri kalau hasil foto yang kita dapatkan bagus-bagus dan disukai banyak orang, itulah fotografer.

Bagi kalian yang kadang mabok perjalan karena naik bus, lebih baik persiapan sebelum berangkat kalian bisa minum obat anti mabok perjalanan. Atau bisa juga kalian minta duduk di posisi yang sekiranya bisa mengantisipasi mabok perjalanan seperti duduk di depan belakang supir adalah opsi yang paling mudah selain minum obat anti mabok perjalanan. Nah, selain itu biasanya di bus juga ada fasilitas P3K yang disediakan oleh biro perjalan, nah kalian bisa meminta obat anti mabok perjalanan kepada tour guide di dalam bus kalian masing-masing.

Pastikan juga saat makan jangan sampe kekenyangan, karena itu juga bisa jadi pemicu kalian mabok perjalan saat naik bus.

Sedangkan bagi kalian yang memiliki penyakit pribadi, kalian disarankan untuk membawa obat yang sudah biasa kalian konsumsi agar nantinya bisa lebih mudah bila diperlukan selama perjalanan. Kalian juga harus bilang ke temen duduk selama perjalanan kalau kalian punya penyakit tertentu agar nantiya dia gak kaget kalau penyakit kalian kambu selama perjalan wisata. Tapi harapanya sih semoga saja yang memiliki penyakit tidak kambuh selama perjalanan wisata sehingga kalian bisa menikmati perjalan wisata dengan enjoy.


Bawa kacamata ultraviolet yang bisa kalian kenakan ketika kalian berada di pantai yang sangat panas, hal ini tentu saja untuk melindungi mata kalian dari paparan lansung sinar matahari yang sangat terik saat kalian berada di lokasi wisata. Beberapa tempat wisata akan kalian kunjungi saat matahari bersinar sangat terik, seperti di pantai Pandawa itupun kalau nanti kalian akan kesana. Bagi yang takut kulitnya hitam bawa juga tabir surya agar kulit kalian tidak gosong karena tersengat panasnya sinar matahari yang akan membuat kuliat kalian tambah eksotis saat pulang dari perjalan wisata.

Pakai kacamata hitam (sun glass)


Bawa flashdisk berisi musik atau film yang bisa kalian putar saat di dalam bus, karena biasanya di dalam bus ada fasilitas untuk menonton film ataupun karaoke, jadi kalian bisa membawa sendiri musik favorita kalian agar bisa diputar di dalam bus. Namun yang perlu diketahui adalah, apakah bus yang akan kalian naiki nanti bisa memutar video berformat MP4 atau format yang lainya ? karena beberapa bus yang sudah difasilitasi dengan pemutar video namun tidak bisa untuk memutar file jenis MP4, oleh sebab itu kalian harus mengconvert file MP4 kalian ke dalam format yang sesuai dengan format pemutar video yang ada di dalam bus, namun sayangnya kita gak tau file jenis apa yang bisa diputar di alat pemutar video di bus itu, inilah hal yang menyebalkan ketika kita sudah menyediakan stok film untuk perjalan berangkat hingga pulang namun tidak bisa dinikmati di dalam bus selama perjalanan. Untuk mengakali ini kalian bisa mebawa film dalam format DVD, karena biasanya alat pemutar video di dalam bus lebih suport ke format DVD dari pada file-file yang masuk ke dalam flashdisk seperti MP4.

Di dalam bus
Nah, yang terakhir nih dari kita adalah, bawa cemilan selama perjalan di dalam bus. Kalau ini sih kayaknya sudah bisa dipastikan pada bawa cemilan masing-masing. Cemilan ini juga nanti bisa kalian bagi ke temen satu bus, agar di dalam bus tidak cuma ngemil sendiri dan gemuk sendiri, hehehe.



Gimana sudah mulai packing untuk wisata ke bali? sudah punya rencana mau menghasilkan foto bagus seperti apa dengan geng kalian. atau sudah membuat daftar list oleh-oleh yang akan dibeli untuk siapa saja, yang pasti jangan lupa oleh-oleh untuk redaksi majalah Cimed ya, hehehe. 

Selamat packing dan selamat berlibur di pulau Dewata untuk kelas XI.


More tips silahkan baca komen dibawah


3 Comments

  1. Satu lagi, jangan bawa kamera kalian waktu dekat2 pantai, karena air pantai sangat lah korosif, bisa bikin kamera kalian cepat rusak, keep safe for ur camera

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan sampe kena air, ato jatoh ke air hahahaha

      Delete
  2. Yang gak kalah penting juga buat kelas XI yang akan ke Bali adalah "your property is your responsibility" atau kalau dalam bahasa kalian adalah "barangmu tanggungjawabmu" yah meskipun nanti kalian bisa nitip ke temen kalian, tapi tetep itu adalah barangmu sendiri so be responsible to your own things, karena orang lain juga akan lebih memikirkan barang2 bawaan mereka sendiri, so jangan ngerepoti yang lain deh, mau liburan kok mbikin repot temen sendiri 🤣🤣🤣

    ReplyDelete

Post a Comment

Previous Post Next Post
iklan-728
iklan-728