SMA Berikan Suasana Baru? Berikut Adaptasi yang Harus Dilakukan oleh Siswa Baru


Hai New Kartinians!!! Welcome to SMANSA!!

First of all, selamat bagi kalian yang telah secara resmi menjadi siswa baru di SMANSA. Oke, kalian tahu nggak sih, kalau sistem pembelajaran di SMANSA pada tahun ini akan diubah? Nah, pasti sebagian dari kalian menganggap, bahwa sistem pembelajaran tersebut tergolong rumit, bukan?

Dengan sistem pembelajaran yang baru, kalian tentu harus bisa beradaptasi dengan sistem tersebut. Well, kalian pasti tahu, bahwa SMANSA bukan sebagai  ajang  untuk mencari sensasi. Jadi anak SMANSA itu ternyata nggak segampang yang kalian pikirkan, lho!

Berikut poin – poin adaptasi yang harus dilakukan untuk siswa bar
  • Kenali sistem pembelajarannya. Hal yang sering dikhawatirkan oleh sebagian siswa baru adalah sistem pembelajaran dalam sekolahnya. Sebab, seringnya sistem pembelajaran akan bersinggungan dengan kebiasaan kamu dalam proses belajar baik di rumah, maupun di sekolah.
  • Kenali peraturan sekolah. Agar kamu tidak salah bertindak dalam sekolah, kamu perlu mengetahui peraturan apa saja yang ada di dalam sekolah kamu. Sebab, sekecil apapun kamu melakukan kesalahan dalam sekolah barumu, maka secara tidak langsung teman - temanmu akan memberimu satu stigma yang melekat dalam dirimu.
  • Kenali karakter guru dan senior. Well, poin ini akan sangat penting untuk kalian lakukan. First of all, tidak semua guru akan mengajar di kelasmu. Tetapi, tidak menutup kemungkinan, bahwa kamu tidak akan berkomunikasi dengan mereka. Oleh karena itu, jika kamu tidak mengenali karakter guru, maka kamu akan kesulitan untuk menjalin komunikasi yang baik.
Sama halnya dengan mengenali karakter senior. Kalau di SMP, senior kamu begitu welcome sama kamu, belum tentu di SMA juga demikian. Karakter senior yang bervariasi, sangat menjadikan kamu cenderung berhati – hati dalam berkomunikasi. Ada satu nota bene yang harus kalian pegang teguh apabila sedang menjadi siswa baru, yaitu jangan pernah kamu menyamakan karakter senior yang satu dengan lainnya. 


Please, nggak semua senior itu jahat dek, kita juga manusia, kita juga makan nasi. Kalau kalian mikir senior itu jahat, pasti kalian kebanyakan baca novel yang pemerannya badboy, hehee..
  • Pilih ekstrakurikuler yang sesuai dengan bakat dan tujuanmu
    Ngapain pilih ekstrakurikuler yang nggak sesuai dengan passionmu? Mau cari sensai? Atau mau cari tambatan hati?  wkwkwkk..
    Kesalahan yang sering dilakukan oleh siswa baru adalah mereka cenderung mengikuti ekstrakurikuler sebanyak mungkin. Padahal, hal tersebut akan menjadikan schedule kamu padat, sehingga kamu tidak memiliki banyak waktu untuk beristirahat. So, kamu perlu memilih ekstrakurikuler yang sesuai dengan bakat dan minatmu, serta mulailah memiliki pikiran; hal apa saja yang akan saya berikan untuk sekolah saya tercinta.
  • Membuat “to do list” setiap hari

Full day school menuntut kita untuk menghabiskan banyak waktu di sekolah. Maka, kamu harus membuat “to do list” untuk setiap harinya. Tips ini sangat disarankan bagi kamu yang memiliki kondisi emosional yang kurang stabil, karena dapat mengurangi kecenderungan stres akibat terlalu banyak tugas yang harus dikerjakan.
  • Jangan biarkan dirimu terbebani tugas – tugas yang tidak penting

Point satu ini sangat penting untuk kamu yang akhirnya memilih untuk mengikuti ekstrakurikuler yang terlalu banyak. As always, setiap ekskul akan menuntut anggotanya untuk menyukseskan program kerjanya. So, selalu ada tugas yang harus kamu pikul dan pikirkan setiap harinya. Tugas – tugas yang tidak penting bisa kamu skip sementara waktu. Kamu bisa meminta toleransi waktu pada pembina atau senior, dan melanjutkannya setelah tugas utamamu selesai.
  • Belajarlah mengenalkan diri Anda dengan baik pada orang lainSetelah menjadi siswa sah dalam SMA. Kamu pasti akan bergabung dalam suatu ekskul atau organisasi. Maka, keterampilan berbicaramu perlu ditingkatkan agar menjadi pribadi yang komunikatif. Perkenalkan diri anda dengan baik pada orang lain, maka anda akan mendapatkan respons yang baik pula dari orang lain. 
Nah, mungkin kalian bisa menggunakan tujuh cara adaptasi bagi siswa baru sebagai modal kalian. Tetap semangat menjalani aktivitas. Jangan lupa tersenyum dan berdoa sebelum mengawali hari kalian. See you!!


1 Comments

Post a Comment

Previous Post Next Post
iklan-728
iklan-728